Mengenal Evaporator AC Mobil Lebih Jauh

Langkah-Langkah Membersihkan Evaporator AC Mobil

Di era sekarang mustahil rasanya jika mobil tidak dilengkapi dengan ac. Ya, ac mobil sangatlah dibutuhkan, terutama di negara-negara beriklim tropis, seperti Indonesia. beberapa wilayah di Indonesia terkenal cukup panas, sebut saja Jakarta, Surabaya, dan Semarang. Untuk itu, penjualan ac mobil semakin meningkat dewasa ini.

AC mobil memiliki banyak komponen di dalamnya. Salah satunya adalah evaporator. Bagian ini berfungsi untuk menghembuskan udara dingin ke bagian kabin. Sehingga kabin mobilmu akan terasa sejuk selama berada di perjalanan.

Evaporator berbentuk kotak dan memiliki bentuk ruangannya tidaklah lurus, melainkan liku-liku. Liku-liku inilah yang seringkali membuat kotoran pada evaporator nyangkut. Akibatnya, kotoran tersebut akan mengendap sehingga kinerja dari ac mobil tidak lagi maksimal. Akibatnya, suhu yang dihembuskan oleh evaporator menjadi tidak dingin.

Mengenal Evaporator AC Mobil Lebih Jauh

Pada umumnya, evaporator ac mobil terletak di bagian bawah dashboard mobil. Letaknya yang cukup rendah membuat evaporator seringkali terkena debu dan kotoran. Hal inilah yang membuat evaporator sangat rentan terhadap debu dan kotoran.

Untuk mengatasi masuknya debu dan kotoran ke bagian evaporator, banyak mobil yang sudah dilengkapi dengan filter AC. Namun, pemasangan filter AC juga terkadang tidaklah maksimal, mengingat partikel debu dan kotoran yang sangat kecil. Sehingga debu dan kotoran sangat mudah masuk ke bagian evaporator.

Sebagai pemilik mobil, Anda diwajibkan untuk membersihkan bagian evaporator secara rutin. Sehingga Anda dapat merasakan manfaatnya. Adapun kelebihan membersihkan evaporator ac mobil, antara lain:

  • Sirkulasi ac mobil menjadi lancar, sehingga suhu udara di dalam kabin tetap dingin
  • Evaporator menjadi awet dan tahan lama, begitu juga dengan komponen-komponen ac yang lainnya
  • Menghemat biaya karena evaporator tidak perlu diganti secara terus-menerus

Lalu, apa akibat jika evaporator ac mobil kotor?

  • Sirkulasi ac mobil tidak lancar, sehingga suhu udara di dalam kabin akan terasa panas
  • Evaporator ac mobil akan cepat rusak, begitu juga dengan komponen-komponen lainnya
  • Evaporator ac menjadi beku sehingga hembusan angin tidak dapat keluar karena tertahan oleh gumpalan es yang ada di bagian evaporator
  • Pipa ac mobil akan diselimuti oleh es, terutama pada saat tekanan suhunya rendah
  • Sensor temperatur suhu atau thermistor cooler ac menjadi tidak stabil. Dimana suhunya dapat berubah-ubah tidak jelas. Misalnya, ac yang telah diputar disuhu maksimum, hembusan anginnya rendah. Namun, tiba-tiba bisa menjadi dingin walaupun hanya sebentar
  • Panas yang berlebihan pada kompresor ac mobil karena beban kerjanya meningkat, dikarenakan evaporator tidak berfungsi secara maksimal

Langkah-Langkah Membersihkan Evaporator AC Mobil

Jika Anda tidak mau evaporator cepat rusak, maka bersihkan evaporator ac mobil secara berkala. Adapun langkah-langkah untuk membersihkannya, antara lain:

1. Matikan Mesin Mobil

Sebelum membersihkan bagian evaporator, pastikan mesin mobil Anda sudah mati. Karena Anda akan membongkar bagian mesin saat membersihkan evaporator. Siapkan semua peralatan pembersih yang dibutuhkan, seperti brush atau sikat gigi, dan lain-lain.

2. Mengetahui Letak Evaporator

Pada umumnya, evaporator terletak di bagian bawah atau belakang dashboard. Namun, letak evaporator ini menyesuaikan dengan tipe dan merek dari mobil Anda. Apabila Anda tidak dapat menemukan letak evaporator, sebaiknya baca buku panduan dengan teliti. Semua informasi terkait mesin mobil akan ditampilkan disana.

3. Buka Evaporator atau Filter AC

Selanjutnya, buka filter ac secara perlahan. Anda juga dapat menggunakan buku manual tadi sebagai panduan. Nah, apabila filter ac mobilmu telah kotor, sebaiknya ganti filter ac dengan filter yang baru. Agar kinerja ac juga lebih maksimal. Anda juga tidak perlu mengeluhkan udara panas selama mengendarai mobil.

Apabila kotoran yang menempel di bagian filter ac masih sedikit, gunakan brush atau sikat gigi untuk membersihkan bagian kotor tersebut. Lakukan secara perlahan-lahan agar tidak melukai komponen ac lainnya.

4. Botol atau Kaleng Spray

Kaleng spray merupakan peralatan yang perlu dipersiapkan sebelum proses pembersihan evaporator dilakukan. Kocok kaleng spray tersebut, lalu sisipkan kaleng spray mendekati blower ac mobil. Tujuannya agar semprotan spray mengenai sasaran, yaitu tepat ke bawah blower.

5. Membuka Ventilasi AC Serta Kaca Mobil

Setelah itu, bukalah venstilasi ac dan kaca mobil agar sirkulasi udara dari luar kabin masuk ke dalam mobil. Pastikan Anda melakukan hal ini di tempat yang tidak terlalu berdebu agar debu untuk menghindari banyaknya debu yang terhisap.

6. Hidupkan Mesin Mobil

Selanjutnya, hidupkan mesin mobil. Saat mesin dihidupkan, ac mobil juga akan menyala secara otomatis. Putar suhu ac mobil Anda ke suhu paling tinggi dan tiupan blower paling kencang. Tujuannya agar Anda dapat merasakan putaran blower apakah sudah maksimal atau belum. Jika hembusan anginnya masih pelan, maka periksa kembali bagian filter ac nya. Matikan kembali mesin mobil Anda, dan periksa bagian mana yang bermasalah.

7. Semprotkan Cairan Pembersih Secara Menyeluruh

Apabila tidak ada kendala, semprotkan cairan pembersih tepat ke bagian bawah blower. Semprotkan cairan ini sampai habis agar filter ac segera bersih. Cairan yang disemprotkan akan membentuk foam atau busa. Biarkan semua foam tersebut mengeluarkan air dari ventilator ac mobil.

8. Mendiamkan Mesin Mobil

Diamkan mesin mobil Anda saat foam mulai berkeluaran dari ventilator ac. Anda dapat mendiamkan mobil kurang lebih 10 – 15 menit. Pastikan tidak ada air yang tersisa di bagian ventilator.

9. Membersihkan Air dari Lubang Ventilator

Bersihkanlah air yang berkeluaran dari lubang ventilator. Anda dapat menyapu air tersebut ke selokan atau parit.

10. AC Kembali Dingin

Setelah membiarkan mobil selama 15 menitan, Anda dapat masuk ke bagian kabin. Rasakan apakah suhu udara sudah dingin atau tidak. Apabila Anda melakukan langkah 1 – 9 dengan benar, dapat dipastikan suhu udara ac kembali dingin seperti sedia kala.

Apabila Anda terlalu sibuk dan tidak sempat membersihkan evaporator ac sendiri, bawalah mobilmu ke bengkel langganan. Biaya untuk membersihkan evaporator ac mobil berkisar Rp 600.000 – Rp 800.000. Besarnya biaya yang dikeluarkan sebenarnya tergantung dari bengkel itu sendiri karena setiap bengkel mematok biaya perbaikan yang berbeda-beda.

AC mobil bermasalah? Perlu perbaikan? Atau ingin mengganti komponen AC mobil? Percayakan pada kami! Bengkel Rotary Bintaro siap melayani dan menangani semua keluhan Anda mengenai ac mobil. Harga setiap komponen dan biaya perbaikan yang ditawarkan juga cukup terjangkau.

Semoga bermanfaat.

Senang bisa berbagi.

Tinggalkan Balasan