11 Alasan Kenapa AC Mobil Tidak Dingin - Rotary Bintaro - Bengkel AC Mobil & Supplier Spare Part AC Mobil

Apakah Cuma Kompresor Rusak yang Bikin AC Mobil Tidak Dingin?

Buat pemilik mobil AC yang tidak dingin adalah masalah besar. Karena itu kesehatan AC mobil perlu dijaga. Nah tidak berbeda jauh. Mesin AC mobil sama seperti mesin pada umumnya. Suatu saat AC mobil pun bakal mengalami masalah. Bisa karena kondisi komponen yang sudah mulai melemah. Bisa juga karena kurang perawatan. Alhasil, AC mobil tidak dingin ketika digunakan. Padahal kita tengah butuh AC mobil untuk mengarungi lalu lintas di siang hari yang terik.

11 Alasan Kenapa AC Mobil Tidak Dingin

Lalu apa saja 11 alasan kenapa AC mobil tidak dingin itu?

1.Tidak ada freon

Freon merupakan bahan utama yang membuat AC mobil menjadi dingin melalui proses sirkulasi. Ketika freon di dalam sistem AC mobil berkurang atau malah habis dapat dipastikan yang terasa di dalam kabin hanyalah hawa panas. Freon bisa habis atau berkurang karena ada kebocoran dalam sistem AC mobil, karena Freon itu pada dasarnya tdk akan berkurang / habis jika tdk ada kebocoran, karena cara kerja freon itu hanya bersirkulasi, jadi kalau terdeteksi freon kurang maka yg hrs dilakukan check kebocorannya dulu, lalu perbaiki / ganti setelah itu baru di isi kembali freonnya..

2.Kondensor yang kotor

Sebagai komponen yang bertugas menurunkan suhu gas bertekanan tinggi dari Kompresor, maka Kondensor haruslah dalam kondisi bersih. Kotoran yang menempel pada badan Kondensor akan membuat kinerjanya tidak maksimal. Hasilnya tentu saja AC mobil tidak dingin seperti biasanya.

3.Motor Extra fan rusak

Posisi extra fan yang berada di depan Kondensor sangat membantu dalam proses kondensasi dan menurunkan suhu freon. Alhasil ketika extrafan bermasalah, bisa karena mati atau lemah, maka proses pendinginan pun tidak bisa maksimal. AC mobil tidak bisa menghasilkan suhu dingin secara stabil.

4.Fanbelt putus

Fanbelt berfungsi menyalurkan putaran mesin kepada Kompresor. Ketika fanbelt putus otomatis Kompresor pun tidak bisa bekerja seperti biasanya. tidak ada sirkulasi freon di dalam sistem AC mobil. Di dalam kabin yang terasa hanya angin dari tiupan blower saja.

5.Kompresor jebol

Di dalam Kompresor terdapat sejumlah komponen kecil yang menjalankan proses kompresi freon dari Evaporator menuju Kondensor. Ketika jeroan Kompresor ada yang bermasalah, kerjanya pun tidak akan maksimal. Proses sirkulasi freon otomatis menjadi terhambat. Ditandai dengan suhu AC mobil yang tidak stabil.

6.Oli Kompresor berlebihan

Ketika Kompresor diisi oli lebih dari takaran maka otomatis ruang untuk freon di dalamnya akan berkurang. Sehingga proses pendinginan yang dilakukan freon pun bakal berbeda karena volumenya kurang dari seharusnya.

7.Tekanan terlalu tinggi

Efek lain dari Kompresor yang kelebihan oli adalah akan membuat tekanan pada Kompresor menjadi lebih tinggi. Kondensor pun tidak mampu menurunkan suhu freon karena tekanan yang terlalu tinggi yang dihasilkan Kompresor. Ujungnya sudah pasti suhu di dalam kabin sulit terasa dingin.

8.Magnetic Clutch rusak

Magnetic Clutch menjadi komponen utama yang membuat sebuah Kompresor bisa bekerja dengan baik. Ketika ada kerusakan pada Magnetic Clutch. Kompresor pun tidak bisa berputar dan bekerja untuk melakukan proses kompresi freon. Tanpa ada kompresi yang dihasilkan Kompresor tidak akan ada hawa dingin di dalam kabin.

9.Evaporator kotor

Seperti halnya Kondensor, Evaporator pun rentan dari kotoran dan debu yang menempel. Kotoran ini akan membuat hawa dingin yang ada di dalam Evaporator menjadi gamaksimal dirasakan di dalam kabin. Meski tiupan blower sudah maksimal, jika Evaporator penuh dengan kotoran maka AC mobil tidak akan terasa dingin secara max karena hembusan angin terasa sangat pelan.

10.Thermostat / thermistor bermasalah

Alat kecil yang merupakan bagian dari Evaporator ini bertugas untuk mengukur suhu untuk menentukan waktu cut off dari Kompresor. Ketika thermostat kesulitan membaca suhu maka Kompresor pun tidak tau kapan harus mulai mensirkulasikan freon kapan harus berhenti. karena tidak ada sinyal dari thermostat, Kompresor pun masih diam ketika sebenarnya suhu sudah mulai panas.

11.Drive Belt / Fan Belt Putus

Bagian yang satu ini berfungsi untuk menyalurkan putaran mesin terhadap putaran dari kompresor AC Mobil. Jadi kalau sampai tidak berfungsi dengan baik. Apalagi sampe putus maka jelas AC mobil tidak akan dingin.

Mobil mengalami 11 alasan kenapa AC mobil tidak dingin di atas?

Jangan ragu untuk segera melakukan pengecekan lebih mendetail di bengkel AC mobil Rotary Bintaro terdekat. Saat ini bengkel AC mobil Rotary Bintaro sudah punya dua cabang loh, yaitu:

1.Rotary Bintaro Tanah Kusir Jl RC Veteran No.1A, Bintaro Raya, Tanah Kusir, Jakarta Selatan

2.Rotary Bintaro Ciledug Jl. Ciledug Raya No.7a-7b, Petukangan Utara, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan

Bahasan kali ini ada manfaatnya dong?

Anda jadi tahu alasan AC mobil yang tiba-tiba tidak terasa dingin. Pemilik mobil sebarkan tulisan  ini melalui sosmed Anda ya. Terutama yang tergabung dengan komunitas mobil. Mari saling bantu memberikan informasi yang bermanfaat.

Nah kalau ada yang kurang jelas. Silakan tinggalkan komentar di bawah ya.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Tinggalkan Balasan