Bagaimana Cara Mengecek Kondisi AC Mobil Sendiri?

Sistem peringatan dini pada AC mobil dapat kita perhatikan tanpa harus datang ke bengkel spesialis AC mobil. Selain menghemat waktu, kita juga dapat mengantisipasi biaya pengeluaran baru dari daftar uang bulanan. Lantas bagian apa saja yang harus kita cek pada saat AC mobil tiba-tiba saja mogok?

Kita bisa periksa sendiri kerusakannya AC mobil dengan penjelasan sederhana berikut ini.

Berikut ulasannya.

1.Periksa Kondisi Kompresor AC Mobil

Cek kondisi fisik dinding kompresor AC mobil,apakah kotor karena oli atau tidak. Ada dua kemungkinan apabila kondisi kotor terkena oli. Yaitu kebocoran pada kompresor atau dari bgian mesin yang lain. Sedangkan untuk pemeriksaan kerja kompressor ac dalam pompa refrigerant kita bisa melihat dengan menggunakan manometer gauge AC mobil.

2.Periksa Magnetic Clutch atau Kopling Magnetic

Komponen kompresor terdiri dari magnetic clutch & kopling magnetic. Kopling magnet pada kompresor AC mobil berfungsi menghubungkan putaran mesin melalui puli kompresor. Pemeriksaan untuk kopling magnet bisa terlihat secara fisik tanpa harus membuka blok mesin kompresor. Pehatikan gerakan centerpiece yang tertarik oleh magnet ketika AC hidup.

Apakah mengalami selip atau tidak?

Perhatikan juga bunyi saat bagian ini terhubung, Apakah terdengar keras atau lemah?

Jika saat terhubung terdengar bunyi yang keras gesekan antar besi menandakan telah terjadi keausan permukaan armatur assembly dengan permukaan puli. Atau terdapat jarak atau celah yang terlalu jauh. Dan akibat dari jarak yang terlalu jauh akan mengakibatkan kadang terhubung dan kadang tidak ,terutama jika suhu kompresor sudah panas, umumnya jika magnet sudah terkena daya panas kemampuan magnetik nya akan berkurang.

3.Cara memeriksa Kondesor AC

Periksalah bagian sirip sirip pada kondensor apakah terdapat basah oli yang menandakan kebocoran pada kondensor. Periksa juga apakah ada sirip yang tertekuk atau kotoran yang mengurangi pendinginan kondensor.

4.Periksa Selang Fleksibel dan Pipa Pipa

Cek pipa AC baik pipa fleksibel maupun pipa alumunium yang terdapat kemungkinan bocor atau kemungkinan gesekan dengan komponen yang lain yang menyebabkan kebocoran tak terduga. Indikasi pipa yang bocor adalah terdapat bagian pipa yang basah oleh oli pada bagian sambungan.

5.Cara Memeriksa Receiver Drier

Receiver Drier ini berfungsi layaknya filter yang menyaring kotoran agar tidak lolos ke katup ekspansi. AC mobil dengan tipe receiver drier terpisah dari kondensor dilengkapi dengan sight glass dan pressure switch. Periksa bagian In dan Out karena pada bagian ini sering terjadi kebocoran oli atau Freon karena seal yang mengeras menjadikan sambungan tidak kuat.

6.Cara Memeriksa Expansion Valve

Katup ekspansi yang dapat kita cek secara fisik dari bagian luar adalah expansion valve yang berbentuk kotak. Namun di beberapa case brand mobil lain expansion valve ini berada di luar evaporator. Untuk brand mobil Toyota pada umumnya expansion valve ini terletak dibagian luar yang dapat di bongkar pasang dengan mudah. Jika terdapat bekas oli AC pada expansion valve ini,menandakan adanya kebocoran pada seal sambungan pipa.

7.Cara Memeriksa Evaporator

Tolak ukur evaporator yang kotor terletak pada saat AC dinyalakan dengan tenaga maksimal tetapi hembusan angin yang dikeluarkan evaporator ini sangat kecil. Tidak ada salahnya membersihkan evaporator dari kotoran yang menyelip.

8.Cara Memeriksa Blower

Blower yang berisik mengindikasikan adanya kotoran yang masuk didalamnya. Pengecekannya cukup dengan mendengarkan bunyi dari blower tersebut. Selain kotoran yang masuk,kondisi blower yang aus juga akan mengakibatkan bunyi pada AC mobil kita.

9.Memeriksa Fan Condensor

Fan pada kondensor digunakan untuk membuang suhu panas yang ada pada kondensor. Jika kecepatan fan condensor ini menurun dapat dipastikan terjadi overheating pada kondensor.

10.Cara Memeriksa Drive Belt

Drive Belt berfungsi menggerakkan motor puli kompresor dengan puli cranksaft. Perhatikan kondisi drive belt tersebut. Apabila terdapat retak retak segera ganti. Hal ini guna menghindari drive belt yang putus ketika kondisi mobil sedang melaju. Dibeberapa case merek mobil drive belt AC mobil ini menyatu dengan putaran water pump dan alternator. Tidak hanya Ac mobil mati jika drive belt ini putus. Tetapi juga akan mengakibatkan mesin mobil kita overheating dan charging pada aki mobil tidak berjalan.

11.Memeriksa Kondisi Freon AC

Memeriksa kondisi Freon AC dapat kita lihat pada bagian sight glass yang terdapat pada receiver drier. Umumnya jika mesin mobil pada posisi idle akan terlihat gelembung warna putih dan berubah menjadi bening pada saat di gas. Ini menandakan kondisi Freon masih cukup banyak.

Demikian bagian bagian yang harus kita cek apabila AC mobil tiba-tiba mati. Selain bisa kita service AC mobil sendiri,kita juga bisa  menggunakan jasa service AC mobil panggilan seperti yang disediakan Rotary Bintaro. Rotary Bintaro memiliki fasilitas ruang tunggu yang nyaman,tenaga teknisi yang handal dan menggunakan teknologi terkini dalam treatment AC mobil anda.

Segera ke Bengkel Spesialis AC mobil Rotary Bintaro dan dapatkan promo menarik yang bisa anda dapatkan.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Previous Post Kebiasaan Buruk Ini Membuat Service AC Mobil Sia-Sia
Next Post Bagaimana Caranya Dapat Service AC Mobil Murah?

Tinggalkan Balasan