2 Hal yang Paling Sering Membuat AC Mobil Bermasalah - Rotary Bintaro - Bengkel AC Mobil & Supplier Spare Part AC Mobil

Hal Apa Saja yang Sering Membuat AC Mobil Bermasalah?

Bagaimana Cara Mengatasinya?

AC mobil lagi AC mobil lagi, rasanya bahasan tentang ac mobil tidak ada habis-habisnya. Wajar saja, ac mobil merupakan masalah krusial yang paling sering terjadi pada mobil. Makanya topik ini penting sekali untuk dibahas.

Saat sedang asyik-asyiknya berkendara, Anda pasti pernah mengalami saat dimana ac mobil tiba-tiba tidak dingin. Anda juga sering memutar-mutar ac hingga ke suhu tertinggi. Namun, apa daya, suhu udaranya tetap tidak dingin. Kalau sudah begini, jelas sudah kalau ac mobil sedang mengalami masalah.

Hal Apa Saja yang Sering Membuat AC Mobil Bermasalah?

1. Mematikan atau Menghidupkan AC Secara Mendadak

Sebagian dari Anda mungkin pernah atau bahkan sangat sering mematikan ac mobil secara mendadak ketika RPM tinggi. Tahukah Anda, hal inilah yang menjadi salah satu penyebab ac mobil tidak awet alias tidak tahan lama. Pada saat keadaan rpm tinggi, putaran kompresor juga sangat tinggi. Apabila ac mobil tiba-tiba dimatikan, kompresor mobil tiba-tiba akan menanggung beban yang cukup besar. Kondisi ini juga akan menyebabkan terjadinya gesekan yang cukup besar antara pully dan center piece kompresor.

Apabila Anda terus-menerus melakukan hal yang sama, jangan menyesal jika ac mobil akan cepat rusak. Terutama komponen yang memang sangat sensitif, yang terlanjur bocor, aus, atau rusak tentu perlu diganti dengan komponen yang baru. Lagi lagi Anda perlu mengeluarkan biaya yang lumayan untuk perbaikan.

2. Debu dan Kotoran yang Masuk ke Lubang Filter

Sadar atau tidak, Anda seringkali membuka kaca mobil secara tiba-tiba pada saat ac dihidupkan. Debu dan kotoran yang ada di luar sana tentu akan masuk ke dalam kabin dan terserap oleh filter kabin. Debu yang masuk tidak hanya menempel di bagian filter kabin saja. Namun, juga pada blower dan komponen lainnya sehingga sirkulasi udara pada ac mobil menjadi tidak lancar.

Selain itu, kebiasaan merokok di dalam mobil juga menjadi penyebab lainnya. Asap dari puntung rokok yang diserap oleh filter kabin nantinya akan lengket dan menjadi sangat sulit dibersihkan. Apalagi kalau asap yang menempel terlalu banyak. Kalau sudah begini, filter kabin perlu diganti dengan filter baru agar ac mobil kembali menghembuskan udara dingin.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Cara mengatasi masalah yang sering terjadi pada ac mobil sangatlah mudah. Anda hanya perlu menerapkan kebiasaan baik saat berkendara, misalnya jangan terlalu sering membuka kaca mobil dan merokok di dalam kabin. Mudah, kan? Selain itu, ini dia hal yang perlu Anda lakukan untuk mengatasinya.

1. Operasikan AC Saat Mobil Berhenti

Kebiasaan mematikan dan menghidupkan ac mobil secara mendadak sebaiknya dikurangi sedikit demi sedikit. Mulailah untuk menyalakan dan mematikan ac saat kondisi mobil sedang berhenti. Misalnya, saat Anda mengisi bensin atau saat beristirahat. Cara yang sederhana ini sangat membantu untuk membuat ac mobil Anda menjadi awet dan tahan lama.

Sebenarnya Anda tetap bisa menyalakan ac mobil saat mobil berjalan. Namun, usahakan untuk mengurangi rpm nya terlebih dulu. Nyalakan ac mobil saat rpm berada di bawah angka 2.000. Kalau angka rpmnya di atas 2.000, sebaiknya jangan menyalakan ac mobil ya.

2. Rajin Melakukan Servis

Seberapa sering Anda menservis mobil pribadi? Sekali sebulan, dua bulan, atau sekali enam bulan? Ketahuilah kalau servis mobil itu teramat penting. Selain mobil terlihat lebih ganteng, komponen-komponen di dalam mobil juga akan terawat, termasuk bagian ac mobil.

Servis yang disarankan yaitu sekali sebulan. Anda tidak perlu menunggu mobil dalam keadaan kotor total baru melakukan servis. Jika Anda merasa kalau mobil butuh diservis, segera bawa mobil ke bengkel langganan. Biaya untuk servisnya juga tidak terlalu mahal, karena setiap kali mobil diservis, Anda langsung mengetahui bagian mana yang perlu diperbaiki. Jadi, biaya yang dikeluarkan juga tidak membludak.

Kondisi di atas tentu berbanding terbalik jika mobil jarang diservis, dimana biaya untuk servisnya juga akan semakin mahal. Belum lagi kalau ac mobilnya banyak yang rusak. Bisa-bisa dompetmu akan jebol dalam sekejap.

Apabila Anda semua komponen mobil tetap terawat, terutama bagian ac-nya, kurangi kebiasaan yang dapat membuat ac mobil cepat rusak. Lakukan perawatan rutin untuk membantu menjaga kondisi ac mobil. Mudah, kan?

Semoga bermanfaat.

Senang bisa berbagi.

Tinggalkan Balasan