Kebiasaan buruk yang bikin AC rusak pada mobil jarang diketahui oleh sebagian besar masyarakat saat ini. Ini dikarenakan mereka hanya mengandalkan pada bengkel ketika terjadi tanda-tanda AC rusak atau ketika sudah ada bagian AC mobil yang rusak. Padahal dengan mengevaluasi diri terlebih dulu dari kebiasaan menggunakan AC hingga mengetahui gejala-gejala yang menandakan AC rusak, seperti AC mati dan AC bau, akan dapat mengantisipasi kerusakan AC yang lebih fatal.

7 Kebiasaan Buruk yang bikin AC Mobil Rusak

Gaya hidup memang identik dengan kebiasaan buruk dan baik seseorang dalam menjalani kehidupan hingga menggunakan barang. Oleh karena itu perlu diketahui kebiasaan-kebiasaan buruk apa saja yang dapat membuat kerusakan pada AC mobil anda, yang antara lain disebabkan oleh tujuh hal di bawah ini:

1.Mematikan AC dengan cara mematikan mesin mobil

Terlihat lebih praktis memang ketika sudah sampai tujuan, anda cukup mematikan mesin mobil, maka AC pun akan ikut berhenti bekerja. Namun jika kebiasaan tersebut terus dilakukan akan mengakibatkan kerusakan atau berkurang nya usia pada aki mobil anda, karena ketika mesin hidup dengan posisi ac on maka listrik yang di perlukan lebih besar dan membuat aki menjadi drop dalam jangka waktu panjang.

2.Merokok di mobil

Kebiasaan merokok di dalam kendaraan yang sedang menyala AC nya pun berpotensi merusak kinerja AC dalam jangka pendek. Ini dikarenakan filter di dalam kabin akan kotor dan bau sehingga akan membuat fungsi AC mobil tidak berfungsi optimal.

3.Meninggalkan kotoran di kabin mobil

Bagi yang terbiasa mengkonsumsi camilan di dalam mobil akan cenderung meninggalkan bekas sampah baik langsung maupun tidak langsung. Bekas kotoran ini jika dibiarkan akan terbawa keluar masuk filter AC mobil yang dampaknya akan merusak bagian filter tersebut. Jadi biasakan selalu bersih walaupun sudah ada tempat sampah, selalu kosongkan dan jangan biarkan tempat sampah penuh dengan kotoran.

4.Tidak rutin dalam melakukan perawatan AC mobil

Sering digunakannya kendaraan terkadang membuat pemiliknya tidak rutin melakukan perawatan. Oleh karenanya disiplin merupakan kunci agar AC mobil tetap terawat dan agar kejadian AC rusak dapat diminimalisasi.

5.Suhu berubah tiba-tiba

Umumnya bila parkir mobil dalam cuaca panas akan menyebabkan suhu ruangan di dalam mobil pun panas. Walaupun menyalakan AC mobil merupakan solusi, akan tetapi akan berdampak pada kinerja AC rusak karena suhu yang berubah tiba-tiba.

6.Jendela terbuka saat AC mobil bekerja

Hal ini terjadi diakibatkan kinerja kompresor yang akan bekerja ekstra untuk menjaga suhu di dalam kabin tetap ideal.

7.Tidak peduli dengan gejalanya

Menjelang AC mobil rusak terdapat gejalanya yang terkadang diacuhkan, misalnya seperti tidak dinginnya AC, bunyi, hingga terdapat tetesan air AC dalam kabin. Apabila tidak di perdulikan maka akan menyebabkan ac rusak semakin parah.

Dengan mengetahui kebiasaan-kebiasaan tersebut pemilik mobil dapat mengetahui kebiasaannya yang harus diubah untuk dapat menjaga kondisi AC mobil tetap prima dan tidak mudah rusak.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Previous Post Bagaimana Mengatasi Magnetic Clutch Bermasalah?
Next Post AC Bau Pada Mobil dan Penyebabnya

1 Comments

  1. raya - 2016-11-22 23:41 Quote

    Makasih

Tinggalkan Balasan