AC Mobil Honda Mobilio Tidak Dingin? Ini Dia Cara Mengatasinya!

Apa Penyebab AC Mobil Honda Mobilio Tidak Dingin

Bagaimana Cara Mengatasi AC Mobil Honda Mobilio yang Tidak Dingin?

AC mobil tidak dingin? Menyebalkan sekali! Tidak dinginnya hembusan dari blower ac mobil menjadi masalah yang seringkali membuat pemilik monil mengeluh. Wajar saja ya, tanpa ac tersebut, suhu udara di sekitar kabin mobil terasa sangat panas. Apalagi kalau cuaca di siang bolong menyengat. Bisa-bisa kulit pun jadi hitam walaupun kita berada di dalam mobil.

Salah satu mobil yang juga mengalami masalah ac tidak dingin, yaitu Honda Mobilio. Mungkin Anda bertanya-tanya apa penyebabnya. Kalau Anda bisa lebih peka, masalahnya dapat ditemukan dengan sangat mudah.

Apa Penyebab AC Mobil Honda Mobilio Tidak Dingin?

1. Freon Mulai Berkurang

Masalah freon menjadi alasan pertama mengapa ac mobil tidak dingin. Pada dasarnya, freon ac tidak akan pernah berkurang atau bahkan habis dalam kondisi normal. Lain halnya kalau freon bocor, otomatis cairan yang ada di dalamnya akan berkurang sedikit demi sedikit.

Kalau terbukti freon mobil mengalami kebocoran, silahkan cari tahu bagian mananya yang bocor. Setelah itu, bawalah mobil Anda ke bengkel untuk segera diperbaiki.

2. Kondensor Terlalu Kotor

Kondensor berfungsi untuk mengipas bagian freon yang panas agar tidak overheating. Kondensor yang berfungsi dengan baik mampu mengirimkan udara dingin ke bagian freon. Udara dingin ini yang nantinya dihembuskan melalui blower ke bagian kabin, sehingga kabin mobil terasa sejuk.

Apabila suhu udara di dalam kabin terasa panas walaupun ac telah diputar mencapai suhu maksimal, Anda bisa memeriksa bagian kondensor. Bisa saja kondensor mobilmu terlalu kotor, sehingga sirkulasi udara yang akan dialirkan jadi terlambat. Maka dari itu, rajinlah untuk mengecek komponen pada ac mobil. Kalau ada komponen yang kotor, langsung dibersihkan.

3. Evaporator Tersumbat

Selain kondensor, evaporator juga menjadi komponen yang harus diperhatikan. Sama seperti kondensor, evaporator yang terlalu kotor juga tidak dapat berfungsi dengan baik. Sehingga hembusan udara akan terhambat. Jadi, tidak ada gunanya memutar ac ke suhu tertinggi sekalipun.

Apabila evaporator tersumbat, silahkan bersihkan bagian evaporator. Ambil kain halus atau brush untuk menyikat bagian evaporator yang kotor.

Bagaimana Cara MengatasiAC Mobil Honda Mobilio yang Tidak Dingin?

Setelah mengetahui penyebab filter ac Honda Mobilio tidak dingin, selanjutnya akan dibahas bagaimana cara mengatasi ac yang tidak dingin. Langsung saja cek poin-poinnya di bawah ini.

1. Memasang Filter AC atau Filter Kabin pada Rumah Blower

Seperti yang kita tahu, mobil yang diproduksi pada tahun 2005 ke bawah banyak yang belum dilengkapi dengan filter kabin. Kasus ini juga terjadi pada Honda Mobilio tahun 2005. Untuk mengatasi suhu yang tidak dingin tersebut, sebaiknya Anda memasang filter kabin secepat mungkin. Sehingga suhu di dalam kabin akan terasa sejuk dan dingin.

Jika Anda ingin memasang filter kabin sendiri, caranya cukup mudah, yaitu:

  • Buka plastik pembungkus tempat filter kabin ac
  • Pasang filter ac tersebut pada tempatnya dengan membuka dashboard mobil
  • Apabila filter ac terlalu panjang, silahkan potong bagian ujungnya sedikit saja
  • Selesai!

2. Memeriksa Kondisi Filter AC Mobil Honda Mobilio

Filter kabin berfungsi untuk menyaring setiap udara yang masuk ke bagian ac. Semua jenis udara akan masuk ke bagian filter, baik udara bersih maupun udara kotor dan berdebu sekalipun. Jika hembusan angin ac mobil tidak dingin, Anda bisa langsung memeriksa bagian filter kabin. Caranya cukup mudah, yaitu dengan membuka bagian dashboard. Apabila filter ac dalam kondisi kotor, silahkan dibersihkan. Setelah itu, pasang kembali seperti semula. Dan, sirkulasi udara yang dihembuskan ac mobil kembali normal.

3. Mengganti Filter Kabin AC

Setelah membersihkan bagian filter kabin dan ternyata udara tetap panas, itu tandanya filter ac sudah tidak berfungsi lagi. Artinya filter kabin lama harus segera diganti dengan filter kabin baru. Rusaknya bagian filter ac biasanya disebabkan karena pemakaian yang sudah terlalu lama. Jadi, wajar saja kalau minta diganti ya.

Untuk harga filter kabin sendiri sangatlah bervariasi. Kalau Anda kepingin ganti, silahkan hubungi Bengkel Rotary Bintaro yang menjual sparepart ac mobil terlengkap. Harganya dijamin sangat bersahabat di kantong Anda.

Itulah informasi seputar penyebab dan cara mengatasi ac Honda Mobilio yang tidak dingin. Kalau masalah yang sama terjadi, Anda sudah tahu bagaimana cara mengatasinya.

Semoga bermanfaat.

Senang bisa berbagi.

2 pemikiran pada “AC Mobil Honda Mobilio Tidak Dingin? Ini Dia Cara Mengatasinya!

  1. Saya baru beli mobilio tahun 2018 kondisi baru. Dipake 3x langsung nggak dingin ac nya pdhl sblmnya dingin. Di dalam mobil rasanya kayak kebakar. Filter ac juga sdh dipasang. Masak baru 2x pake langsung kotor filternya. Apa ya penyebabnya. Kecewa banget sama mobilio

    • mobil boleh di bawa langsung ke rotary bintaro, biar kita bisa cek detail
      atau bisa jadi bapak ada lupa untuk pencet tombol ac ya.

Tinggalkan komentar