AC Mobil Keluar Asap

Mengapa AC Mobil Keluar Asap?

Tak dapat dipungkiri, kini AC merupakan salah satu komponen pendukung yang sangat penting dalam sebuah mobil. Ibarat kompor tanpa gas, begitulah kira-kira. Sekarang coba amati, siapa yang mau membeli mobil tanpa AC?

Baca juga : Apa Penyebab AC Mobil Berisik?

Semurah-murahnya harga suatu mobil, kehadiran AC hampir sudah tak mampu dipisahkan lagi. Sebegitu pentingnya hingga masalah yang menyangkut AC bisa membuat seseorang resah. Apalagi bila AC mobil keluar asap. Hal ini seringkali mengejutkan para pemilik mobil, terutama mereka yang tak begitu mengerti tentang mobil. Sebenarnya mengapa AC mobil keluar asap?

Hal yang seringkali ditakuti oleh para pemilik mobil adalah terjadinya korsleting listrik. Kebanyakan pengendara mobil mungkin bertanya-tanya apakah AC mobil rusak bisa menyebabkan kebakaran. Namun, sebenarnya disaat kondisi AC mobil keluar asap bisa saja bukan dikarenakan korsleting listrik, melainkan juga bisa karena adanya masalah lain.

Baca juga : Bagaimana Cara Mencegah AC Mobil Panas?

Mengapa AC mobil keluar asap? Berikut ini adalah beberapa penyebab keluarnya asap pada AC mobil yang bisa membantu menjawab pertanyaan tersebut.

  1. Evaporator yang kotor

Kondisi evaporator yang tidak bersih (kotor) dapat juga menyebabkan thermostart membaca tidak sempurna, efeknya akan membuat kompresor tidak cut/off sehingga bisa menyebabkan beku, dan ketika di hembus oleh angin blower terkadang dapat mengeluarkan asap kabut. Kondisi evaporator yang kotor mengakibatkan saluran untuk keluar udara dingin debu dan kotoran menjadi tersumbat. Jika saluran tersebut tersumbat, maka mengakibatkan timbulnya gumpalan es yang dapat memicu keluarnya asap dari AC mobil.

  1. Adanya kebocoran Freon

Asap yang keluar dari AC mobil juga bisa terjadi karena adanya kebocoran freon. Freon merupakan komponen pendingin udara dalam AC mobil. Pengecekan kondisi freon secara berkala bisa menghindari terjadinya kebocoran freon. Pastikan pula freon mobil tidak habis ketika berkendara. Karena bagaimana pun juga, AC mobil yang panas atau hanya keluar angin yang tidak dingin, tentu akan membuat berkendara jadi tidak nyaman dan tidak menyenangkan.

  1. Adanya arus pendek

Inilah dia penyebab yang paling sering dikhawatirkan dari AC mobil yang mengeluarkan asap. Arus pendek jika terjadi dalam jangka waktu lama atau dibiarkan terus-menerus bisa saja menimbulkan terjadinya kebakaran pada mobil. Tentu ini akan menimbulkan perasaan tidak aman ketika berkendara.

Maka dari itu, bila AC mobil mengeluarkan asap dalam jangka waktu panjang atau frekuensi yang sering, penyebab terjadinya arus pendek pada bagian bawah kabin perlu diwaspadai. Jika menemui kondisi seperti ini, maka langkah terbaik adalah segera mematikan mesin mobil dan segera mengecek apa yang terjadi pada komponen mobil.

  1. Gesekan pada Magnetic Clutch

Apabila magnetic clutch sudah mulai aus, maka akan terjadi gesekan pada pully dan piringan plat center piece, sehingga akan menyebabkan bunyi kasar dan dapat menimbulkan bunga api kecil pada gesekan tersebut.

  1. Bearing Pully Macet

Pully adalah bantalan tali kipas pada putaran antara mesin, altenator dan kompresor ac. Ketika bearing pada pully macet, ini akan membuat putaran pada tali kipas menjadi tidak sempurna sehingga karet pada tali kipas akan bergesekan terus menerus dengan pully dan hal ini juga bisa menimbulkan asap hingga bisa membuat tali kipas putus akibat gesekan tersebut apabila ini terjadi segera hubungi bengkel recommended yang telah anda percaya.

Nah, bagaimana?

Baca juga : Apa Saja Masalah AC Mobil dan Cara Memperbaiki

Jadi mulai sekarang kita tak perlu khawatir berlebihan ketika AC mobil kita mengeluarkan asap. Keluarnya asap dari AC mobil juga tidak selalu merupakan pertanda bahwa AC mobil bermasalah. Namun demikian, kita sebagai pemilik mobil juga mesti waspada terhadap segala kemungkinan. Jadi untuk memastikan kondisi AC mobil tetap prima lakukanlah pengecekan mobil secara berkala untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Tinggalkan komentar