Apa Saja Penyebab Kompresor AC Mobil Rusak?

Penyebab Kompresor AC Mobil Rusak

Kompresor AC mobil merupakan komponen yang sangat penting dan utama di dalam sistem AC mobil. Tugasnya untuk mensirkulasikan freon ke seluruh sistem AC, yaitu dengan cara menaikkan tekanan freon.

Kompresor digerakkan dengan tali kipas dari pulley engine. Pergerakan kompresor tersebut akan menggerakkan piston/vane. Lalu gerakan piston ini akan mengakibatkan tekanan bagi refrigrant yang berbentuk gas. Sehingga tekanan refrigrant akan meningkat dan suhunya juga meningkat.

Apa Saja Penyebab Kompresor AC Mobil Rusak

Sangat pentingnya peranan kompresor untuk pendinginan mobil membuat kita harus selalu service kompresor AC mobil. Service kompresor AC mobil sebaiknya dilakukan secara berkala di bengkel yang jual kompresor AC mobil. Supaya AC tetap mengeluarkan hawa dingin, sehingga membuat nyaman pemilik mobil.

Meskipun kadang kompresor AC mobil bisa saja mengalami kerusakan yang disebabkan oleh beberapa hal. Kerusakan pada komponen kompresor akan mengakibatkan temperatur AC mobil menjadi kurang dingin. Tentu sangat mengganggu kan? Apalagi saat kita lagi kena macet dan cuaca sedang panas-panasnya.

Nah, sebenarnya apa saja yang menjadi penyebab kompresor AC mobil menjadi rusak? Mari kita simak penjelasan di bawah ini.

Klik Disini : Untuk Melihat Semua Jenis Kompresor AC Mobil

Beberapa Penyebab Kompresor AC Mobil Rusak

1.Terputusnya Sekring

Sekring berfungsi untuk meneruskan atau mengalirkan arus listrik ke kompresor. Jika sekring putus, maka arus listrik yang mengalir ke kompresor juga akan terputus. Arus listrik yang terputus kemudian mengakibatkan freon yang menyembur ke sistem AC terhenti. Dan pada akhirnya AC tidak menghasilkan udara yang dingin.

2.Oli Kompresor Habis

Oli kompresor berfungsi untuk melumasi bantalan-bantalan komponen kompresor AC yang saling bergesekan. Jika oli kompresor sampai habis maka bisa membuat performa komponen-komponen AC mobil, khususnya kompresor menjadi terganggu. Sehingga membuat kompresor tidak dapat menghasilkan tekanan tinggi untuk menghembuskan udara dingin ke dalam kabin mobil.

Booking Service3.Komponen Seal Bocor

Pada kompresor AC mobil terdapat komponen yang bernama seal. Seal ini adalah pelapis yang berupa karet. Jika seal ini retak atau robek, maka akan menyebabkan kebocoran. Efeknya, tekanan pada kompresor untuk menyemburkan gas freon menuju ke sistem AC menjadi lemah dan AC menjadi kurang dingin.

4.Pulley dan Pressure Plate Mengalami Kerusakan

Pulley dan pressure plate sangat berpengaruh terhadap mekanisme kerja kompresor. Kedua berfungsi untuk memberikan tekanan pada kompresor untuk kemudian menekan gas freon agar terkonversi menjadi udara dingin.

Tapi, jika pulley dan pressure plate mengalami kerusakan atau aus, maka putaran mesin kompresor tidak akan maksimal. Yang mengakibatkan tekanan gas freon menjadi rendah. Selain itu, kerusakan keduanya juga menghasilkan bunyi berisik karena mengalami gesekan saat AC mobil dalam posisi hidup.

 

5.Fan atau Kipas AC Mati/Lemah

Kenapa fan AC yang dalam keadaan lemah atau mati bisa membuat kompresor rusak? Fan AC atau radiator yang lemah atau bahkan mati akan membuat tekanan pada freon berlebih atau istilahnya over heat. Tekanan berlebih gas freon inilah yang bisa mengakibatkan kompresor menjadi panas, sehingga rentan mengalami kebocoran, dan bunyi kasar atau ngorok.

6.Jumlah Gas Freon yang Terlalu Sedikit

Kapasitas freon dalam sistem AC bisa saja menjadi sedikit. Bisa disebabkan oleh kebocoran pada selang atau hal lainnya. Kekurangan jumlah freon yang terdapat dalam sistem akan mengakibatkan kerja kompresor menjadi lebih berat.

Kompresor AC harus bekerja lebih keras untuk memompa gas freon ke seluruh sistem AC mobil. Lama-kelamaan kondisi kompresor akan rusak karena dipaksa bekerja keras. Sebab itulah jumlah gas freon yang sedikit menjadi salah satu penyebab rusak kompresor.

7.Terlalu Banyak Freon

Setelah kita tahu kalau jumlah freon yang terlalu sedikit ternyata bisa membuat kompresor aus. Sama halnya dengan kelebihan freon pada sistem AC. Kelebihan freon juga bisa menyebabkan kompresor rusak.
Untuk menghindari pengisian freon yang terlalu banyak, sebaiknya cari bengkel spesialis AC mobil yang berpengalaman seperti Rotary Bintaro. Sebagai bengkel yang melayani service kompresor AC mobil dan jual kompresor AC mobil selama bertahun-tahun, sudah banyak konsumen yang merasa puas atas pelayanannya. Jadi, kejadian seperti pengisian freon yang melebihi kapasitas tidak akan terjadi di sini.

8.Terjadi Kebuntuan

Penyebab rusaknya kompresor AC mobil lainnya yaitu kebuntuan. Kebuntuan bisa terjadi pada sistem yang mengakibatkan aliran sirkulasi freon terhambat. Kasus seperti ini dapat membuat kompresor rusak karena terus-menerus dipaksa untuk memompa freon yang sirkulasinya terhambat karena mampet tadi.

9.Usia Pemakaian

Yang terakhir adalah usia pemakaian komponen-komponen AC seperti kondensor, evaporator, expansi valve, dryer, dan lain sebagainya. Sebaiknya kita harus mengetahui batas usia pemakaian komponen atau spare parts tersebut. Karena jika sudah melewati batas usia pemakaian maksimum dan masih dibiarkan terpasang, dikhawatirkan akan membuat kinerja keseluruhan sistem AC tidak optimal. Sehingga mengakibatkan komponen lainnya mengalami aus dan kerusakan.

Untuk menghindari atau minimal mencegah percepatan kerusakan kompresor AC mobil. Sebaiknya lakukan perawatan secara rutin ke bengkel yang memang benar-benar bagus pelayanannya. Dan salah satu bengkel yang menjadi rekomendasi teman-teman pecinta mobil adalah Rotary Bintaro. Karena pelayanan di sana memang sangat memuaskan setiap konsumennya.

Cara melakukan service AC mobil juga gampang, hanya dengan isi booking serviceTanpa perlu antri.

Booking Service

Rotary Bintaro Menyediakan Semua Jenis Kompresor AC Mobil, Untuk Konsultasi via WA 0817 8700 34 atau silahkan klik dibawah ini untuk langsung tersambung dengan Whats app kami.

 

Tinggalkan komentar