Apa Saja yang Harus Dilakukan Biar Spare Parts AC Mobil Awet dan Tahan Lama? - Rotary Bintaro - Bengkel AC Mobil & Supplier Spare Part AC Mobil

Jangan Paksa AC Mobil Untuk Bekerja Terus Menerus Tanpa Henti
Pembersihan dan Perawatan Rutin Bisa Membuat Spare Parts AC Lebih Awet

Semua orang pasti ingin AC mobilnya awet dan tahan lama. Tentu hal ini tidak bisa datang begitu saja. Harus ada usaha dan upaya untuk membuat AC Mobil awet dan tahan lama. Usaha yang seperti apa yang harus dilakukan agar spare parts AC mobil awet dan tahan lama? Simak aja penjelasan berikut ini.

1.Jaga kebersihan kabin

Kabin yang bersih tidak hanya nyaman dan menyehatkan bagi penumpang, tapi juga bagus bagi AC mobil. Ketika karpet, dahsboard, dan kursi selalu dijaga kebersihannya maka filter AC pun tidak perlu bekerja keras. Karena tidak banyak debu dan kotoran yang harus ditahan oleh filter AC. Dengan demikian, filter AC pun bakal lebih awet.

Lain halnya jika kabin jarang dibersihkan. Filter AC bakal bekerja keras untuk menahan kotoran tidak masuk ke dalam sistem sirkulasi AC mobil. Lama kelamaan spare parts AC mobil ini pun bakal segera minta diganti.

2.Jangan nyalakan AC mobil terus menerus

Saat Anda melakukan perjalanan jauh sampai ke luar kota ada baiknya AC mobil tidak dinyalakan terus menerus. Beri kesempatan AC untuk beristirahat. Sekurang-kurangnya adalah sekitar 5 menit setelah menempuh perjalanan beberapa jam. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari terjadinya pembekuan pada saluran AC mobil. Karena ketika menghidupkan AC mobil terus menerus hawa dingin yang bersirkulasi bisa membeku jika terlalu lama tidak diistirahatkan.

3.Tidak merokok di dalam mobil

Merokok tidak baik untuk kesehatan dan AC mobil. Pasalnya asap rokok hanya akan mengotori evaporator. Ketika kondisi seperti ini terus berjalan maka evaporator akan dilapisi nikotin yang lengket dan berlendir. Kotoran dari nikotin rokok tersebut akan menghasilkan bau tidak sedap di dalam kabin. Selain itu, proses pembersihannya pun tidak mudah. Butuh waktu lama untuk membersihkan evaporator yang kotor karena nikotin.

4.Pilih tempat parkir yang teduh

Ketika panas matahari tengah terik-teriknya, manusia pasti cenderung akan mencari tempat yang lebih teduh. Begitu pula dengan mobil. Memarkir mobil di tempat yang langsung terkena sinar matahari dalam waktu lama akan membuat kabin menjadi panas. Suhu panas di dalam kabin ini butuh waktu lama untuk didinginkan.

Kalau Anda memaksa AC mobil menyala untuk mendinginkan kabin maka seluruh spare parts AC mobil akan mendapat beban yang besar. Beban inilah kalau dibiarkan berlarut akan menggerogoti umur AC mobil itu sendiri.

5.Jangan letakan pengharum di lubang AC

Pengharum mobil sudah menjadi hal wajib bagi para pemilik kendaraan. Namun, banyak yang salah kaprah meletakkannya di lubang AC. Tujuannya adalah agar wangi pengharum tersebut bisa cepat tersebar ke seluruh kabin mobil. Tapi sebenarnya kebiasaan ini justru membawa akibat buruk bagi spare parts AC mobil.

Pertama, kisi-kisi bisa saja patah saat pengharum dipasang atau dilepas. Kedua, bahan kimia yang ada di dalam pengharum tersebut mengandung minyak yang akan masuk pada evaporator. Lama-lama akan mengendap dan menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri dan jamur. Selain itu, pengharum mobil yang memiliki kandungan  alkohol tinggi malah akan membuat AC mobil berbau asam.

6.Rutin membersihkan kondensor

Biasakan setiap kali mencuci mobil untuk mengecek kondisi kondensor. Jika memang terlihat sudah kotor maka langsung saja semprotkan air ke permukaan kondensor. Jika kotoran dibiarkan menempel terus pada kondensor akan berakibat buruk pada spare parts AC mobil ini. Kotoran akan mengakibatkan korosi yang lama kelamaan bisa membuat kondensor menjadi keropos dan akhirnya bocor.

7.Tidak lupa service rutin

Tidak lupa dengan jadwal service AC mobil adalah salah satu hal yang bisa membuat spare parts AC mobil awet dan tahan lama. Pada proses service rutin ini semua spare parts AC mobil akan diperiksa dan dirawat. Hingga dipastikan tidak ada satu pun komponen yang bermasalah. Ujungnya Anda pun bakal merasa lebih nyaman dengan kondisi AC mobil yang selalu dingin dalam  kondisi apa pun.

Nah, jika ingin melakukan service AC mobil di bengkel yang direkomendasikan oleh media maupun komunitas, mampir saja ke Rotary Bintaro Bengkel AC mobil Bintaro atau Rotary Bintaro Bengkel AC mobil Ciledug atau Rotary Bintaro Bengkel AC mobil Kedoya. Ketiganya adalah cabang dari bengkel AC mobil Rotary Bintaro. Selain melakukan service AC mobil, Rotary Bintaro juga jual spare parts AC mobil murah. Kalau sekadar tanya-tanya soal harga spare parts AC mobil murah juga tetap dilayani.

Pembahasan soal hal-hal yang harus dilakukan agar spare parts AC mobil awet dan tahan lama ini tentu bermanfaat bagi kita semua. Untuk itu jangan ragu menyebarkan manfaat ini kepada sahabat dan teman terdekat Anda.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Previous Post Perhatian!!! Pengguna Mobil Harus Tahu 24 Harga Jual Spare Parts AC Mobil Murah dan Cara Merawatnya
Next Post PATAS AC Mobil (PAket komuniTAS Service AC Mobil) Daihatsu Xenia Indonesia Club (DXIC)

Tinggalkan Balasan