Produsen kendaraan bermotor, Astra Daihatsu Motor ini kayaknya memang jeli melihat pasaran kendaraan pribadi di Indonesia. Bagaimana tidak, produsen dalam negeri ini mengeluarkan dua jenis mobil yang memiliki kompetisi begitu sengit.

Iya, dua mobil ini adalah Toyota calya dan Daihatsu sigra. Keduanya ini pasti bikin kita jadi pengen tuh beli. Tampilan desainnya yang oke punya, membuat setiap mata yang memandang akan tergoda tuh.

Baca Dulu Perbandingan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra, Sebelum Membeli

Perbandingan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra

Apalagi nih, dua kendaraan ini masuk dalam kategori LCGC 7. Pastinya kalau masalah harga, kita akan dibikin mupeng deh. Mobil yang punya kapasitas penumpang sampai 7 orang ini punya banyak fitur juga. Tidak cuma itu, tampilannya itu lho stylish banget. Jadi pengen kan?

Nah, buat yang lagi nyari tahu soal ini mobil karena berencana beli. Ini nih beberapa perbedaan yang harus kita tahu dari keduanya ya.

baca-dulu-perbandingan-toyota-calya-dan-daihatsu-sigra-sebelum-membeli-2

1.Perbedaan Eksterior

Nah, kalau sudah bicara selera pastinya kita punya selera yang beda ya. Belum tentu tuh orang lain akan memilih hal yang sama dengan kita ya. Itu udah jadi ilmu pasti ya.

Lepas dari itu ya, kita akan bedah perbedaan eksterior alias tampilan bagian luar Toyota calya dan Daihatsu sigra. Perbedaan itu meliputi bagian emblem, lampu kabutnya alias foglamp, bumper grill, dan grillnya.

Pada bagian grill Toyota calya sih tak ada yang berbeda dari sebelumnya. Bahkan dibuat perpaduan antara grill veloz dengan foglight agya pendahulunya lho. Kalau Daihatsu sigra sendiri kasih tampilan grill yang benar-benar beda.

Nah, sekarang bagian emblem logonya, kedua mobil ini punya ciri khas. Kalau untuk calya sendiri logo gak ada perubahan dari sebelumnya. Masih burung garuda sama kayak milik agya. Sedangkan logo buat si Daihatsu sigra ini punya logo baru berupa huruf S dengan bentuk full lingkaran.

Kesan mewah lebih tampak dari Daihatsu sigra ya. mengapa? Soalnya pada mobil ini dihiasi dengan list chrom. Sedangkan pada calya sama sekali tak diberikan aksen list chrom ini lho. Dari berbagai ulasan eksterior tersebut sih, memang tampak ya kelebihan Daihatsu sigra ketmbang calya dari segi tampilan.

baca-dulu-perbandingan-toyota-calya-dan-daihatsu-sigra-sebelum-membeli7

2.Perbedaan Interior

Ada yang menarik lho dari kedua mobil ini dari sisi inetriornya. Dari tampilan jok calya lebih menarik dan bagus dengan balutan warna coklat. Tersedia 3 head rest juga lho. Sedangkan pada interior Daihatsu sigra hanya dibalut dengan warna hitam polos dan cuma miliki 2 head rest.

baca-dulu-perbandingan-toyota-calya-dan-daihatsu-sigra-sebelum-membeli-6

3.Perbedaan Fitur Dan Varian

Kalau untuk pilihan varian, Daihatsu sigra ini dibuat dengan dengan banyak pilihan. Dari yang terendah yaitu type D dan M yang menggunakan transmisi manual. Kalau type lain yaitu X dan R sudah dibuat dengan transmisi otomatis alias matik lho. Kalau Toyota calya cuma punya 2 type E dan G saja dengan transmisi manual dan otomatis.

Nah, dari keduanya memang dibuat untuk menyasar pasar yang berbeda ya. Toyota calya menyasar masyarakat menengah yang mau sedikit membayar mahal dengan tampilan yang lebih unggul dari kompetitor di kelasnya. Kalau sigra memang dibuat menyasar pasar mengengah ke bawah lho. Ya pantaslah kalau harganya Daihatsu sigra lebih murah pada varian tertentu seperti D dan M.

Untuk tenaga, keduanya menggunkan mesin dengan kemampuan yang sama kecuali pada dua type Toyota calya D dan M ya. Pada type D dan M ini ditenagai sama mesin 998cc, 3 silinder. Tenaga maksimalnya capai angka 67PS pada 6000rpm, torsinya 89nm pada 4400rpm.

Sedangkan untuk type lain dari Daihatsu sigra dan semua type Toyota calya ditenagai sama mesin 1197cc, 4 silinder, dengan VVTi, berkapasitas tenaga hingga 88PS dan torsi 108nm.

baca-dulu-perbandingan-toyota-calya-dan-daihatsu-sigra-sebelum-membeli-3

4.Perbedaan Fitur Keselamatan

Masalah fitur keselamatan, yang lebih unggul adalah Toyota calya ya. Mengapa? Pada semua type di Toyota calya sudah lengkap dengan fitur keselamatan. Sedangkan pada Daihatsu sigra ada yang tidak dilengkapi fitur keselamatan. Nah, ini nih yang bikin beberapa varian Daihatsu sigra memiliki harga yang lebih terjangkau buat kita. Mau?

Apa saja sih fitur keamanan yang ada dari kedua mobil ini? Kedua merk LCGC ini dilengkapi dual SRS airbags, rem ABS, site beam impact, dan sensor parkir. Nah, ini fitur pasti bikin kita nyaman tuh saat parkir.

Gak cuma itu saja ya, ada juga lho fitur safety yang diperuntukkan anak-anak. Apa itu? Ada sabuk pengaman ototmatis (retractable), child doorlocking yang berfungsi mengamankan pintu biar gak dibuka dengan mudah sama anak-anak.

baca-dulu-perbandingan-toyota-calya-dan-daihatsu-sigra-sebelum-membeli-5

5.Perbedaan Harga

Kalau soal harga, kedua mobil ini jelaslah terlihat perbandingan harga yang ampak. Harga calya sudah pasti di atas Daihatsu sigra. Seperti kita tahu nih, nama Toyota sudah menggema di masyarakat Indonesia. Jadi sulit juga menggeser pesona Toyota calya meski tampilan sigra lebih menarik.

Harga terendah dari varian sigra hanya dibandrol pada angka 100jutaan lho. Pas banget tuh buat masyarakat menengah ke bawah yang ngebet punya mobil pribadi. Untuk varian-varian di atasnya hanya diberi selisih sekitar 2jutaan.

baca-dulu-perbandingan-toyota-calya-dan-daihatsu-sigra-sebelum-membeli

Nah buat si Toyota calya sudah pasti punya bandrol harga yang pastinya sejajar dengan varian tertinggi dari Daihatsu sigra. Buat kita yang lagi ingin mobil baru dengan tampilan lebih menawan dan terjangkau rekom banget deh pilih Daihatsu sigra. Kalau yang pengen lebih lengkap fitur dan prestise yang tinggi, ya Toyota calya pilihannya.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Previous Post Apa Perbedaan Spesifikasi dari Honda HRV dan BRV?
Next Post Ulasan, Spesifikasi, Harga, dan Kelebihan All New Honda BR-V

Tinggalkan Balasan