Mudahnya Penggunaan Mesin Flushing Lax

Seiring berkembangnya teknologi, dewasa ini telah banyak lahir mesin-mesin yang dilengkapi dengan kemampuan teknologi terkomputerisasi. Salah satu di antaranya adalah mesin flushing Lax. Sebuah alat yang berfungsi sebagai perawat serta pembersih sistem Air Conditioner (AC) pada Mobil.

Namun sebelum lebih jauh membahas cara kerja mesin flushing Lax  dan cara menggunakan mesin flushing Lax. Mari Kita ketahui lebih dulu apa yang dimaksud dengan flushing. Apa pentingnya di dunia service AC Mobil.

Flushing adalah sebuah upaya untuk menghilangkan segala bentuk kontaminatif pada sistem AC mobil. Supaya kinerjanya sebagai mesin pendingin tetap berada pada kondisi terbaik. Dengan prosedur Flushing yang tepat dan mesin flushing yang mumpuni seperti mesin flushing Lax, semua partikel kecil yang menyebabkan terkontaminasinya fungsi Kompressor pada Mobil dapat tertangani.

Kenapa AC Mobil Harus Diflushing?

AC adalah salah satu faktor yang membuat sebuah Mobil terasa nyaman saat dikendarai. Pentingnya hal ini bisa dilihat dari maraknya bengkel AC Mobil yang menawarkan jasa Service AC Mobil di jalanan, baik di Kota besar maupun di Kota kecil.

Mengingat AC merupakan salah satu bagian penting dari Mobil, sudah barang tentu perawatannya harus dilakukan secara berkala. Jika tidak demikian, konsekuensi logis yang pasti diterima adalah tidak berjalannya fungsi AC sebagaimana mestinya, dan paling fatal adalah rusaknya mesin pendingin tersebut, yang mana jika harus diganti pasti akan menelan biaya yang sangat mahal.

Waktu Penggunaan Flushing AC Mobil

Sejatinya, compressor pada AC harus dilumasi setiap saat, sebab komponen tersebut merupakan bagian paling vital yang pergerakannya meliputi seluruh sistem AC. Itu artinya, compressor adalah komponen yang juga bertugas mengedarkan minyak ke seluruh komponen lain yang terlibat di mesin pendingin, seperti: Selang, Kondensor, Evaporator, Tabung, Dryer, dan Akumulator.

Seperti diketahui, minyak pada mesin pendingin berfungsi sebagai pelumas. Namun, selain hal itu, minyak juga memiliki peran sebagai penarik, pengumpul dan pelekat bermacam kontaminan dalam sistem AC. Jika kotoran mengkontaminasi sistem AC, maka semua komponen yang disebutkan di atas juga bakal terpengaruh. Itu berarti, melepaskan minyak bekas (Flushing) pada sistem AC, sama halnya dengan membersihkan kontaminan.

Kesimpulannya, flushing harus dilakukan setiap kali compressor AC diservice, atau jika terdapat sinyal kontaminasi pada sistem. Oleh sebab demikian, biasakanlah melakukan upaya pemeriksaan dan pembersihan pada tabung orifice, sebab dengan penyaring inlet pada tabung orifice selalu memberi kejelasan terkait kondisi sistem AC Mobil. Anda harus senantiasa mencari indikasi lain setiap kali menemukan debu atau kotoran pada tabung orifice.

Jika tak bisa melakukannya sendiri, maka bawalah Mobil ke Bengkel AC Mobil terdekat, yang sudah menggunakan fasilitas mesin flushing mumpuni, seperti mesin flushing Lax.

Nah, Guys, berikut penjelasan terkait cara kerja mesin flushing Lax  dan cara menggunakan mesin flushing Lax, sebagaimana telah disinggung di atas.

Cara Kerja dan Cara Menggunakan Mesin Flushing Lax

Dengan teknologi terkomputerisasi, cara kerja mesin flushing Lax berjalan dengan sangat sederhana, yakni hanya dengan menekan tombol, tidak harus melakukan bongkar-pasang komponen pada bagian sistem, yang mana hal tersebut sangatlah rentan akan potensi kerusakan-kerusakan lain yang bersifat sekunder.

Berikut kemampuan-kemampuan yang dimiliki mesin flushing Lax:

1.Flushing: Kemampuan ini meliputi pembersihan oli yang terdapat pada sistem AC dengan proses komputerisasi. Oli dibersihkan hingga 100 persen.

2.Recovery: Yakni kemampuan menarik refrigerant dari sistem AC Mobil, dan langsung ditampung di cylinder yang terdapat di mesin flushing Lax.

3.Vacum: Manfaat menggunakan mesin flushing AC Mobil dari Lax ini adalah kemampuannya dalam menyedot semua sumbatan yang ada pada sistem AC. Pompa vacum terdiri dari 2 buah, dan mampu menyedot hingga 100mmTorr.

4.Charging: Kemampuan mengisi refrigerant dan oil ini menggunakan sistem komputerisasi, sehingga tingkat keaurasiannya sangatlah tinggi. Setiap Oli yang masuk dihitung dengan sangat detail sesuai kebutuhan dan standard Pabrikan. Ini juga merupakan salah satu manfaat menggunakan mesin flushing AC Mobil dalam proses service, yang mana akan mencegah dari tidak maksimalnya kinerja sistem AC yang diakibatkan oleh lebih atau kurangnya pengisian refrigerant dan oli.

Keuntungan menggunakan mesin flushing AC Mobil yang paling kecil adalah terkait masalah efisiensi waktu. Jika proses service dilakukan secara manual. Sudah barang tentu akan menelan banyak waktu. Di samping ada kemungkinan resiko kerusakan lain yang disebabkan oleh hal-hal sekunder seperti zat-zat cair semisal bahan pembersih, thinner, bensin, dan lain sebagainya. Dengan mesin canggih tersebut, proses pengerjaan hanya akan berlangsung beberapa saat saja.

Melakukan service dengan mesin flushing Lax tidak hanya bermanfaat bagi para pengguna Mobil. Tetapi juga bagi mereka yang menyuguhkan jasa bengkel AC Mobil. Manfaat mesin flushing untuk Bengkel AC Mobil di antaranya: tidak perlu bongkar pasang karena proses pengerjaan hanya dengan cara menekan tombol, jasa service akan lebih memuaskan karena tingkat ke-akurasiannya yang tinggi dalam menakar kuantitas refrigerant oli, juga menghilangkan potensi terjadinya kerusakan lain yang disebabkan oleh hal-hal sekunder.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Previous Post Apa Manfaat dan Keuntungan Menggunakan Mesin Flushing AC Mobil Untuk Bengkel AC Mobil
Next Post Bengkel Jual Kompresor AC Mobil? Pengguna Mobil Perhatikan 7 Hal Ini

Tinggalkan Balasan