Bagaimana Cara Meningkatkan Pelayanan Service AC Mobil?

Kenapa Pelayanan Harus Diperhatikan di Bengkel Service AC Mobil?

Dimana-mana sekarang kita bisa temukan pelayanan yang ramah, cepat, dan mudah. Mulai pelayanan bank, restoran, rumah sakit, dan tempat-tempat umum lainnya. Nah, mereka semua samakan pelayanan karena itu penting untuk meningkatkan pelayanan service AC mobil.

Nah, tidak ada bedanya dengan pelayanan di bengkel AC Mobil. Untuk itulah pelayanan ini harus diterapkan di bengkel AC Mobil. Tapi selain itu jangan sampai melupakan pelayanan perawatan dan perbaikan AC Mobil oleh teknisi.

Sama dengan bagian lainnya pada mobil, AC Mobil juga merupakan salah satu bagian penting yang harus selalu dirawat. AC Mobil merupakan salah satu bagian interior mobil yang membutuhkan perawatan supaya kinerjanya optimal. Tentu kalau AC mobil bisa bekerja sebagaimana mestinya, ruangan bagian dalam atau interior mobil akan merasa nyaman. Sehingga akan membuat pemilik menjadi sehat dan bisa menikmati udara yang dingin.

Ciri-ciri AC mobil yang normal salah satunya adalah AC Mobil mengeluarkan udara dingin. Sebaliknya AC mobil yang mengeluarkan udara yang tidak dingin seperti biasanya, bisa dikatakan AC tersebut mengalami kerusakan. AC Mobil rusak disebabkan karena adanya komponen-komponen pada AC yang mengalami aus atau kerusakan. Komponen-komponen tersebut seperti kondensor, kompresor, evaporator, dryer filter, expansi valve, filter kabin, dan lain sebagainya.

AC mobil yang rusak tidak hanya berpengaruh buruk bagi pemilik mobil dan penumpangnya. Tetapi juga berdampak buruk bagi lingkungan, kok bisa?

Memang benar demikian adanya.

Alasannya, AC mobil yang rusak memaksa mesin mobil untuk bekerja lebih keras. Ini akan mengakibatkan konsumsi bahan bakar juga akan lebih besar. Jelas hal tersebut sangat tidak ramah lingkungan.

Untuk itulah, mengapa AC mobil kita harus selalu rutin diservice. Supaya kondisi AC mobil selalu terawat. Sehingga pengendara mobil bisa menghirup udara sehat dari AC mobil. Karena jika kita berada di dalam mobil yang ruangannya tertutup tanpa ada udara segar akan menyebabkan kesehatan kita sebagai pengendara mobil akan terganggu.

Selain itu, AC mobil yang dalam keadaan terawat bisa menekan jumlah emisi gas buang dan konsumsi bahan bakar. Itulah kenapa AC mobil yang terawat dan rutin diservice dikatakan lebih “enviromental friendly” atau istilahnya bersahabat dengan lingkungan.

Lalu, bagaimana melakukan perawatan AC mobil yang benar itu?

Tidak bisa dipungkiri kalau pelayanan service AC mobil sebaiknya dilakukan secara berkala atau rutin, ketentuannya yaitu sebagai berikut:

  1. Perawatan berkala yaitu setiap 3 sampai 6 bulan sekali atau setelah menempuh jarak per 10.000 km. Perawatan berkala ini adalah untuk mengganti filter kabin. Filter kabin difungsikan untuk menyaring debu atau kotoran yang biasanya terdapat di dalam kabin supaya tidak ikut masuk ke dalam evaporator.
  2. Perawatan ringan yang dilakukan sekali dalam setahun. Dalam perawatan atau service ringan pada AC mobil ini meliputi perawatan kondensor, blower dan penggantian pada komponen dryer filter.
  3. Perawatan skala besar pada mesin AC mobil yang dilakukan sekali dalam 2 tahun. Perawatan ini terdiri dari perawatan evaporator, kondensor, blower, penggantian dryer filter, pengantian filter kabin, pengerjaan vaccun dan oli kompresor dan pengisian kembali freon.

Bengkel AC Mobil Rotary Bintaro Buka Kantor Cabang di Ciledug

Kita Rotary Bintaro sebagai bengkel spesialis service AC mobil yang sudah dikenal oleh para pengguna mobil khususnya di wilayah Ibukota Jakarta. Kita juga sudah sering diliput oleh berbagai media cetak dan beberapa TV nasional.

Kita sudah beroperasi melayani para pelanggan sejak awal tahun berdiri awal tahun 2000. Kita berkantor pusat di Jalan RC Veteran No.1A Bintaro Raya, Tanah Kusir, Jakarta Selatan.

Nah dengan semua kenyataan diatas, banyaknya permasalahan mobil dan kemampuan  kita dalam pelayanan perawatan dan service AC Mobil. Kita ingin semua mobil mendapatkan pelayanan perawatan dan perbaikan AC mobil yang terbaik.

Kini Rotary Bintaro sudah mempunyai satu kantor cabang bengkel AC mobil. Kantor cabang Rotary Bintaro ini terletak di Jalan Ciledug Raya No.7a-7b, Petukangan Utara, Jakarta Selatan. Rotary Bintaro Cabang Ciledug didirikan pada tanggal 23 November 2015.

Selain alasan diatas ada beberapa hal lain yang mendorong kenapa kita membuka kantor cabang bengkel AC mobil. Pertama pelanggan yang semakin banyak jumlahnya. Kedua semakin beragamnya kebutuhan para pelanggan. Supaya Rotary Bintaro tetap bisa melayani pelanggannya dengan baik, maka pada akhir tahun 2015 Rotary Bintaro Cabang Ciledug adalah jalan keluarnya.

Ketika sebuah bengkel AC mobil memutuskan untuk membuka kantor cabang baru. Itu berarti bahwa kita sangat peduli terhadap kebutuhan pelanggan. Kepercayaan pelanggan harus selalu dipegang dengan memberi pelayanan yang memuaskan.

Fasilitas-fasilitas di Kantor Cabang Bengkel AC Mobil Rotary Bintaro Cab. Ciledug

Berbagai fasilitas yang kita sediakan di Rotary Bintaro Cab. Ciledug tidak jauh berbeda dengan kantor pusat. Kita sama ingin memberikan perawatan dan perbaikan rutin pada AC mobil. Karena dengan perawatan yang rutin AC mobil akan bekerja maksimal setiap saat ketika kita sedang mengendarai mobil. Dan tentu keadaan di dalam kabin akan terasa nyaman dan sejuk.

Selain memberikan fasilitas tersebut. Di kantor cabang kita Rotary Bintaro di Ciledug ini juga menyediakan spare part AC mobil. Ada berbagai macam merk spare part yang tersedia di kantor cabang bengkel AC mobil tersebut. Dengan lengkapnya spare part AC mobil, pelanggan tidak perlu khawatir lagi jika ingin membeli spare part baru untuk komponen AC mobil.

Selanjutnya untuk memuaskan para pelanggan kita, Rotary Bintaro Cabang Ciledug juga menyediakan fasilitas seperti ruang tunggu yang sangat nyaman. Satu lagi fasilitas yang membedakan Rotary Bintaro Cab. Ciledug dengan bengkel AC mobil lainnya. Yaitu, adanya semacam display atau pajangan rangkaian AC mobil.

Display atau pajangan tersebut dimaksudkan untuk memberi pemahaman kepada masyarakat tentang bagaimana cara kerja sebuah sistem AC mobil. Sambil menunggu AC mobilnya diservice, pelanggan bisa melihat lebih dekat beberapa komponen AC mobil. Seperti contohnya, kompresor, receiver dryer, kondensor, evaporator dan expansi valve.

Bagaimana Cara Meningkatkan Pelayanan Service AC Mobil 5

Kelebihan Jasa Service AC Mobil di Bengkel

Ada banyak kelebihan yang bisa didapatkan jika pelanggan kita service AC mobil di Rotary Bintaro Cabang Ciledug.

Apa saja kelebihan-kelebihannya?

1.Komponen AC Mobil yang Lengkap

Tidak semua bengkel spesialis perawatan AC mobil khususnya yang berada di Jabodetabek yang mempunyai stok lengkap spare part AC mobil. Inilah salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Rotary Bintaro cabang Ciledug. Ada banyak jenis spare part AC mobil seperti, kompresor, kondensor, expansi valve, dryer, dan filter kabin yang tersedia di sini.

Jadi anda tidak perlu khawatir jika suatu saat ada komponen pada AC mobil yang harus diganti dengan yang baru. Cukup bawa mobil anda ke Rotary Bintaro cabang Ciledug, nanti akan ada mekanik yang akan mengganti komponen yang rusak dengan yang baru.

2.Peralatan Mesin yang Canggih

Di bengkel spesialis AC mobil ini kita juga sudah menggunakan alat-alat mesin yang canggih dan modern untuk menunjang pekerjaannya. Dengan menggunakan alat-alat yang canggih pekerjaan akan menjadi cepat selesai dan hasilnya pun memuaskan.

Sebagai contoh, di bengkel Rotary Bintaro Ciledug untuk proses flushing AC mobil kita sudah menggunakan alat yang sudah terkomputerisasi. Sehingga akan lebih cepat dan efektif.

Flushing AC ialah proses pembersihan atau pengurasan oli, pelumas pada sistem komponen AC mobil. Dengan menggunakan mesin yang modern dan canggih, dalam proses pembersihan oli mekanik tidak perlu susah payah membongkar semua rangkaian sistem AC mobil. Dan waktktu yang diperlukan tidak memakan waktu yang cukup lama.

Canggih bukan?

3.Para Mekanik yang Cepat Tanggap dan Kompeten

Anda tidak akan menjumpai para mekanik Rotary Bintaro mengabaikan atau menunda-nunda permintaan anda. Mereka secara cepat akan merespon keluhan anda mengenai masalah pada AC mobil anda.

Kita segera melakukan pemeriksaan pada sistem komponen AC mobil. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mencari tahu apakah mesin-mesin pada AC mobil harus diganti atau tidak.

Para mekanik di bengkel spesialis AC Rotary Bintaro juga merupakan orang yang handal dan berkompeten di bidangnya. Banyak pelanggan yang merasa puas atas hasil pekerjaannya.

4.Bisa Booking Online

Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi yang semakin canggih. Pelanggan bisa melakukan booking terlebih dahulu jika mau service AC mobil. Booking dilakukan dengan cara online. Pelanggan tinggal membuka situs web bengkel Rotary Bintaro. Lalu, kita isi kolom formulir yang berisi nama lengkap, email, nomor kontak, merk dan jenis mobil, nomor polisi, waktu service, keluhan, dll.

Cara tersebut sangat efektif dan mempermudah pelanggan untuk bisa service AC mobilnya. Tanpa harus repot-repot menunggu antrean. Pelanggan bisa menghemat waktu dan juga biaya. Rotary Bintaro memang sangat inovatif dalam memberi pelayanan yang memuaskan kepada semua para konsumennya.

5.Bengkel Rotary Bintaro Cabang Ciledug Sangat Strategis

Rotary Bintaro Cab. Ciledug beralamat di Jalan Raya Ciledug No. 7a-7b, Petukangan Utara, Jakarta Selatan. Lokasi bengkel AC mobil ini lokasinya sangat strategis dan mudah diakses. Bengkel terletak di dekat pintu tol Ciledug, sehingga sangat mudah dicapai oleh siapapun dengan akses yang mudah.

Bengkel AC mobil ini sangat nyaman dan aman. Dengan ruang tunggu yang sangat nyaman, pelanggan akan merasa nyaman dan tidak bosan ketika sedang menunggu AC mobil mereka sedang dalam perawatan dan perbaikan.

6.Bergaransi

Kita memberikan garansi penuh atau full garansi. Garansi penuh artinya kita pihak bengkel Rotary Bintaro akan mengganti baru ketika ada keluhan dari pelanggan. Ini mengindikasikan bahwa pihak bengkel dalam pengerjaan sangat teliti dan tidak main-main.

7.Selalu Memberikan Edukasi

Kita selalu memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya kepada para pelanggannya mengenai permasalahan AC mobil.

Salah satu buktinya bisa dilihat di kantor cabang kita bengkel Rotary Bintaro di Ciledug. Di sana terdapat display yang menampilkan sistem rangkaian AC mobil. Melalui sebuah display atau pajangan tersebut pelanggan bisa dengan dekat dan jelas melihat komponen-komponen yang mendukung sistem kerja AC mobil.

Dengan memberikan edukasi semacam itu, diharapkan masyarakat lebih paham dan sadar bahwa perawatan AC mobil sangatlah penting.

Itulah beberapa kelebihan kita sebagai pertimbangan pelanggan untuk memilih jasa service AC mobil kita. Khususnya pelanggan yang tinggal didaerah bengkel Rotary Bintaro Cabang Ciledug.

Persiapan yang Harus Dilakukan Ketika Mau Buka Kantor Cabang Bengkel

Kesuksesan pembukaan cabang Rotary Bintaro di Ciledug tidak terlepas dari rencana-rencana yang sudah kita siapkan secara matang. Ada beberapa poin penting yang sudah kita lakukan yakni sebagai berikut:

1.Modal Awal untuk Membuka Cabang

Tanpa modal kita tidak mungkin untuk mengembangkan sebuah usaha bengkel. Modal bisa didapatkan dengan menyisihkan keuntungan yang didapat dari usaha bengkel utama.

2.Memilih Lokasi yang Strategis

Sama pentingnya dengan modal, pemilihan lokasi cabang bengkel juga harus cermat. Sebaiknya kita memilih lokasi yang benar-benar strategis, termasuk tingkat keamanannya, akses lokasinya dan keramaian lokasi cabang baru.

Alasan inilah kenapa kita memilih membuka cabang bengkel di Jalan Ciledug Raya. Karena saat ini lokasi bengkel cabang Ciledug sangat strategis, yaitu dekat dengan Pintu Tol Petukangan/Ciledug.

3.Mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang Kompeten

Dengan menyiapkan sumber daya manusia yang kompeten dibidangnya akan sangat membantu kemajuan cabang bengkel baru tersebut nantinya. Dalam hal ini kita sudah menyiapkan tenaga-tenaga mekanik yang benar-benar ahli dalam perawatan dan perbaikan AC mobil. Kemudian kita tempatkan di kantor cabang bengkel di Ciledug.

Pengelolaan Manajemen Kantor Cabang Baru

Pengelolan manajemen cabang bengkel baru diperlukan untuk perkembangan usaha ke depannya. Tanpa pengelolaan yang tepat, sebuah cabang usaha yang masih tergolong baru bukan tidak mungkin akan mengalami kemunduran. Oleh karena itu biar tidak salah langkah dalam mengelola cabang bengkel baru ini. Kita melakukan beberapa hal dibawah buat menjaga kualitas jasa service AC Mobil kita yaitu:

1.Kontrol Manajemen yang Tepat

Manajemen yang tepat akan menentukan bagaimana perkembangan usaha cabang bengkel nantinya. Kontrol manajemen tentang bagaimana memanajemen semua kebijakan, yang bisa meliputi pemasaran, produk, dan juga sumber daya manusia (SDM). Intinya, kita sepenuhnya memberi perhatian secara penuh kepada pengawasan manajemen.

2.Lakukan Evaluasi Secara Terjadwal

Evaluasi bertujuan untuk menganalisa perkembangan sebuah usaha. Ini sangat penting dilakukan terutama oleh usaha yang mempunyai kantor cabang baru. Dengan evaluasi yang terjadwal, kita bisa memperoleh informasi penting mengenai perkembangan dari cabang usaha tesebut. Evaluasi bisa dilakukan sekali dalam sebulan.

Di dalam sebuah kegiatan evaluasi pasti muncul banyak kekurangan, masalah atau hambatan dari perkembangan sebuah cabang usaha bengkel. Untuk itulah kegiatan evaluasi sangat penting dilakukan agar kita mengetahui apa saja yang menghambat perkembangan sebuah usaha.

3.Menetukan Strategi

Setelah melakukan evaluasi terhadap tingkat perkembangan kantor cabang bengkel atau usaha baru. Langkah selanjutnya yang kita lakukan adlaah menentukan strategi apa yang akan dipakai untuk mengembangkan cabang baru tersebut.

Bagaimana menentukan strategi apa yang sebaiknya dijalankan?

Dari hasil evaluasi kita mendapatkan analisa data yang meliputi kekurangan atau hal-hal yang menghambat kemajuan sebuah cabang usaha. Untuk itu kita menentukan strategi seperti apa yang harus dilakukan berdasarkan pada masalah-masalah yang muncul dari hasil evaluasi tadi.

Sangat penting bagi sebuah bengkel AC mobil yang sudah memiliki tingkat reputasi tinggi. Khususnya dikalangan para pelanggannya untuk membuka cabang bengkel baru. Alasannya tentu saja seperti yang sudah kita sampaikan diatas. Untuk mencukupi kebutuhan para pelanggannya yang semakin hari semakin bertambah. Tentu jika hanya mengandalkan bengkel utama kita saja, Rotary Bintaro tidak akan bisa memenuhi semua kebutuhan mereka.

Oleh sebab itulah di sini mengapa kita membuka cabang bengkel AC mobil yang beralamat di Jalan Ciledug Raya. Tentu kita sudah mempersiapkan segala hal dengan matang sebelum membuka cabang bengkel baru ini. Dengan pengelolaan manajemen yang tepat. Tidak heran jika pelanggan kita sekarang bisa melihat bengkel Rotary Bintaro Cabang Ciledug berkembang secara pesat.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Tinggalkan komentar