Kenapa Proses Pemasangan Extra Fan Pada Mitsubishi All New Pajero Terbilang Mudah?

Penampakan Mitsubishi Pajero Sport memang membuat orang kesengsem. Sosoknya yang besar memberi kesan macho dan sporty bagi pemakainya. Kondisi jalanan mulus maupun bergelombang dijamin bisa dilibas dengan mudah oleh mobil berkapasitas 2.500 cc ini. Tapi, sosok macho ini ternyata tidak punya extra fan.

Ya, tidak ada extra fan Mitsubishi All New Pajero Sport. Semua seri Mitsubishi Pajero Sport dari mulai GLS, Exceed, Dakar 4×2 memang tidak dilengkapi dengan extra fan. Bahkan tidak ada extra fan Mitsubishi All New Pajero Sport yang merupakan seri terbaru. Pengecualian bagi Pajero Sport Dakar 4×4 yang sudah dilengkapi salah satu komponen ac mobil ini.

Padahal, sejatinya extra fan dibutuhkan untuk membantu kerja kondensor agar bisa maksimal dalam mengkondensasi freon bertekanan tinggi yang dikirim kompresor. Keberadaan extra fan akan mampu membuang panas lebih cepat dan maksimal.  Sehingga ac mobil pun bisa terasa lebih dingin meski mengendarai mobil di siang hari dan kondisi jalanan macet.

Menariknya, meski tidak dipasang extra fan tapi dudukan. lubang baut, dan kabel untuk menyalakan extra fan sudah disediakan dari pabriknya. Hal ini akan sangat membantu Anda untuk memasang extra fan Mitsubishi All New Pajero Sport.

Bagaimana cara pasang extra fan Mitsubishi All New Pajero Sport? Hal pertama tentu saja menyiapkan extra fan baru, sebuah relay, dan baut untuk mengencangkan yang sebelumnya sudah dibeli di toko spare parts ac mobil.

Buka kap mesin terlebih dahulu. Jangan lupa untuk memasang peyangga kap mesin. Setelah itu akan terlihat plastik penutup kondensor yang berada di bagian paling depan ato di atas lampu.

Lepaskan baut-baut yang mengunci plastik penutup kondensor tersebut. Panjang penutup ini persis dengan lebar mobil. Begitu terlepas akan terlihat kondensor dengan ruang di depannya yang disediakan untuk memasang extra fan.

Sekadar info, untuk Pajero Sport seri sebelumnya agak berbeda caranya. Proses pemasangan extra fan harus diikut dengan membongkar grill depan dan melepas dua baut pegangan bemper depan yang ada di bagian tengah mobil.

Cara pasang extra fan Mitsubishi All New Pajero Sport selanjutnya adalah melepaskan kabel penghubung di bagian bawah kondensor. Letak kabel ini sedikit tersembunyi jadi harus agak ditarik agar terlihat keluar.

Setelah itu barulah memasangkan extra fan pada dudukannya. Kunci posisi extra fan dengan memasang baut pada bagian atas extra fan. Cara pasang extra fan Mitsubishi All New Pajero Sport ini terbilang mudah karena sudah disediakan dudukan dan lubang untuk baut.

Mengenai merek extra fan Mitsubishi All New Pajero Sport tersedia cukup banyak. Dari mulai Denso ato Valeo bisa menjadi pilihan Anda. Tergantung selera dan budget yang tersedia.

Berikutnya sambungkan kabel yang tadi agak tersembunyi. Kabel ini merupakan bawaan pabrik jadi tidak perlu membuat sistem kabel yang baru. Bahkan sudah disediakan soket untuk memasangkan kabel ke extra fan.

Kini giliran relay yang dipasang. Buka penutup kotak sekring yang ada di bagian kiri mesin. Untuk membukanya cukup lepas kaitan di bagian depan dan belakang kotak sekring. Pada bagian sedikit ke belakang, ada satu tempat yang juga sudah disediakan pabrik untuk memasang relay extra fan. Cukup masukkan sesuai dudukan kaki-kaki relay. Jangan lupa tutup kembali kotak sekring setelah relay terpasang.

Nah, sekarang Anda bisa melakukan tes extra fan yang tadi dipasang. Nyalakan mesin kemudian ac mobil. Lihat apakah extra fan sudah berputar dengan normal ato belum. Kalo belum berputar bisa jadi kabel extra fan tidak terhubung dengan baik ato sedikit longgar.

Cek kondisi suhu di dalam kabin setelah extra fan terpasang dan berputar dengan benar. Dipastikan suhu kabin bakal lebih cepat dingin dari sebelumnya. Karena bagaimanapun keberadaan extra fan telah membantu proses pendinginan pada sistem ac mobil.

Sekarang Anda sudah tahu cara pasang extra fan Mitsubishi All New Pajero Sport ‘kan? Dilihat dari prosesnya bagi Anda yang doyan ngotak-atik mobilnya pasti langsung bisa. Tidak sulit kok karena sudah disediakan dudukan dan kabelnya sekaligus. Tinggal pasang dan colok, selesai.

Nah kalau mau tau tempat yang jual extra fan atau spare parts AC mobil murah langsung saja mampir ke bengkel AC mobil Rotary Bintaro. Saat ini bengkel AC mobil Rotary Bintaro sudah punya dua cabang, yaitu bengkel AC mobil Bintaro dan bengkel AC mobil Ciledug. Alamat lengkapnya:

1.Bengkel AC Mobil Bintaro Jl. RC Veteran No.1A, Bintaro Raya, Tanah Kusir, Jakarta Selatan Telp (021) 7342209,73880022  ato 0817870034 (Telp/SMS/WA)

2.Bengkel AC Mobil Ciledug Jl. Ciledug Raya No.7a-7b, Petukangan Utara, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan Telp (021) 73889500 ato 087796009700 (Telp/SMS/WA)

Bagaimana bahasan ini membantu?.

Sebar tulisan ini pakai sosmed Anda ya.

Jika ada yang kurang jelas. Silakan tinggalkan komentar di bawah ya. Ditunggu.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Tinggalkan Balasan