Bagaimana Membuat AC mobil Spin menjadi Awet?

Bagaimana membuat AC mobil Spin menjadi Awet?

Jawaban sederhananya memang dengan perawatan yang rutin dilakukan. Namun AC yang dimiliki jenis mobil tersebut memiliki perbedaan dibandingkan AC mobil merek lain yang lebih awet.

Perbedaannya akan dapat dirasakan oleh pengguna mobil ketika kendaraan digunakan dalam beberapa waktu walaupun kondisi mobil tersebut masih baru. Umumnya pengguna mengeluhkan udara yang dihasilkan sudah tidak dingin, bahkan sebagian ada yang merasakan tiba-tiba terasa panas.

bagaimana-membuat-ac-mobil-spin-menjadi-awet-kompresor-spin-jebol-6

Walaupun mobil keluaran baru untuk jenis merek spin ini saat ini memiliki banyak keluhan, di mana hal tersebut disebabkan oleh beberapa hal, antara lain :

  1. Kompresor buatan Korea yang pada umumnya kompresor ini memiliki masa pakai yang tidak lama.
  2. Bagian Dryer filter yang mudah rusak sehingga berdampak pada rusaknya komponen lain.
  3. Mengadopsi single cooling Fan yang dimana tidak cukup membuang panas yang dihasilkan, sehingga membuat tekanan Freon menjadi lebih tinggi dibanding mobil lain.

Baca juga : Memperpanjang Umur Chevrolet Spin Dengan Servis Rutin

Dengan beberapa penyebab mudah rusaknya bagian system AC mobil spin, maka pemilik kendaraan harus mengambil langkah perbaikan agar tetap dapat merasakan kenyamanan dalam menggunakan kendaraannya.

Lalu bagaimana membuat AC mobil spin tetap awet? Langkah yang dapat dilakukan untuk membuat AC mobil spin tetap awet adalah sebagai berikut :

  1. Kompresor

Ganti kompresor dengan merek terpercaya, sebagai contoh merek Denso. Denso adalah merek yang sudah diakui oleh banyak pengguna kendaraan dengan masa pakai yang cukup lama dan awet. Memang ada banyak kelebihan AC denso untuk mobil dibanding AC biasa. Bagaimana bila belum rusak? Ya, Gunakan dulu namun tetap di perhatikan apabila ada gejala2 ac bermasalah seperti bunyi, kurang dingin segera di periksa dan jangan menunda terlalu lama karena akan beresiko munculnya kerusakan yang semakin parah

  1. Dryer Filter

Melakukan penggantian Dryer filter rutin, umumnya penggantian yang dimaksud dapat dilakukan minimal satu tahun sekali untuk menjaga agar Anda tetap nyaman menggunakan kendaraan tersebut. Selain itu apabila terdapat kerusakan juga dapat segera diketahui dan dapat segera di antisipasi.

  1. Pasang Extra Fan

Menambahkan extra fan, dengan cara ini akan membuat kodensor tidak mudah panas sehingga membuat kompresor pun jadi lebih awet dan tahan lama, dengan ada nya extra fan ini sama sekali tidak merugikan sebaliknya akan sangat menguntungkan banyak hal selain membantu pembuangan panas lebih sempurna, tambahan fan ini pun akan menjadi backup ketika cooling fan utama rusak sehingga tekanan / temperature mesin tidak terlalu panas.

bagaimana-membuat-ac-mobil-spin-menjadi-awet-kompresor-spin-jebol-9

Dengan beberapa langkah penanganan tersebut dipastikan kendaraan spin yang Anda gunakan akan tetap nyaman. Selain itu AC mobil spin yang Anda miliki pun dipastikan tidak akan bermasalah kembali. Jika Anda berpikir ingin memodifikasi kompresor spin dengan Denso, maka hal ini juga dapat dilakukan di bengkel tertentu yang menyediakan jasa dan komponen-komponennya.

Baca juga : KOMPRESOR CHEVROLET SPIN GM ORI

Bagian yang dapat dimodifikasi seperti breket kompresor spin denso, nepel selang, bagian fan belt, hingga kompresor spin denso Dengan terpenuhinya komponen tersebut pemasangannya menjadi lebih mudah. Selain itu memodifikasi biaya yang dibutuhkan tidak sebanyak jika mengganti kompresor original nya juga pasti akan lebih awet. Jadi pilihan ada pada diri Anda sendiri, sehingga Anda bisa lebih merasa nyaman. Semoga artikel ini dapat menjawab pertanyaan Anda tentang bagaimana membuat AC mobil spin menjadi awet sehingga Anda tidak perlu dipusingkan lagi oleh masalah tersebut.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Tinggalkan komentar