Cara Pemasangan Extra Fan Chevrolet Spin

Service AC mobil tidak melulu tentang adanya kerusakan komponen. Tetapi juga untuk urusan pencegahan kerusakan. Nah, salah satunya yang akan dibahas kali ini bagaimana tutorial cara pemasangan extra fan Chevrolet Spin?. Cara ini sudah terbukti berhasil dilakukan di bengkel AC Mobil Ciledug dan Bintaro.

Extra Fan merupakan satu komponen AC mobil yang berupa motor listrik dan fan pada sistem AC mobil. Extra fan digerakkan oleh tegangan listrik. Fungsi dari extra fan yaitu sebagai pendingin kondensor ketika AC mobil sedang bekerja. Hal tersebut bertujuan supaya proses kondensasi yang terjadi di dalam kondensor bisa berjalan optimal.

Kita pernah menjumpai atau bahkan merasakan sendiri AC mobil kita menjadi tidak dingin. Jika sudah demikian, itu berarti bahwa terjadi kerusakan pada AC mobil. Kerusakan pada AC mobil bisa disebabkan oleh banyak faktor, salah satu faktornya adalah kerusakan pada kompresor.

Bagaimana Tutorial Cara Pemasangan Extra Fan Chevrolet Spin 2

Hampir sebagian besar pemilik mobil pasti pernah mengalami kerusakan pada AC mobilnya. Tak terkecuali juga bagi pemilik mobil Chevrolet Spin. Beberapa dari mereka pernah mengalami kerusakan AC mobil yang disebabkan oleh gangguan pada kinerja kompresor.

Sebenarnya ada beberapa solusi supaya kompresor bisa awet, sehingga tidak mengganggu kerja AC. Misalnya adalah dengan menambahkan extra fan. Karena seperti yang kita tahu pada mobil Chevrolet Spin hanya terdapat 1 cooling fan. Dengan penambahan extra fan di depan kondensor akan lebih cepat membuang panas, sehingga kompresor lebih awet pemakaiannya.

Cara Pemasangan Extra Fan Chevrolet Spin

Untuk pemasangan extra fan Chevrolet Spin sendiri ada tahapan-tahapan yang harus dilalui. Tentang proses cara pemasangan extra fan Chevrolet akan diulas pada penjelasan berikut ini.

1.Buka Bemper Mobil Chevrolet Spin Anda

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuka bemper yang terletak pada bagian depan mobil. Lakukan dengan hati-hati agar bagian-bagian pada bemper tidak lecet atau rusak.

2.Siapkan Extra Fan, Braket, dan Kabel Set

Selanjutnya adalah menyiapkan extra fan, braket, serta kabel set. Pastikan kita sudah menyiapkan ketiga komponen tersebut sebelum melangkah ke proses selanjutnya.

extrafan-universal-tokuden-12-inch-12-volt-5-daun

3.Pemasangan Braket Pada Extra Fan

Pemasangan braket terdiri dari dua langkah yang masing-masing mempunyai tempat berbeda. Yakni pemasangan braket atas dan braket bawah. Pemasangan masing-masing braket baik yang atas maupun bawah sama-sama menggunakan mur/baut supaya dapat terkait dengan kuat pada extra fan. Pastikan bahwa kaitan sudah menyatu kuat dengan extra fan.

4.Pemasangan Extra Fan ke Mobil

Sesudah memasang braket pada extra fan, langkah selanjutnya adalah memasang extra fan ke mobil Chevrolet Spin anda. Extra fan yang sudah terpasang braket kemudian dipasang di depan kondensor mobil Chevrolet Spin anda.

Kemudian, lakukan proses pengencangan baut braket fan bawah. Lalu kencangkan juga baut braket fan bagian atas. Proses ini bertujuan agar extra fan dapat terpasang sempurna pada mobil.

5.Pemasangan Kabel Extra Fan Ke Aki Mobil

Seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf pertama, bahwa extra fan digerakkan dengan menggunakan bantuan tegangan listrik. Aki sebagai sumber listrik pada mobil digunakan juga untuk menggerakkan extra fan. Untuk itulah diperlukan kabel untuk mengalirkan listrik ke extra fan. Pertama-tama, tancapkan kabel hitam ke minus aki, kencangkan dengan baut agar kabel menempel pada minus aki. Lalu, tancapkan kabel berwarna ungu ke bagian negatif aki. Setelah itu, kupas ujung kabel yang berwarna ungu dan hubungkan ke kabel positif magnet kompresor.

Bagaimana Tutorial Cara Pemasangan Extra Fan Chevrolet Spin 1

6.Pemasangan Soket Fan dan Pemeriksaan AC

Selanjutnya adalah memasang soket fan. Setelah terpasang dengan benar, coba pastikan apakah extra fan sudah berfungsi secara benar atau belum. Caranya dengan menghidupkan AC mobil. Saat posisi AC dalam kondisi on/nyala, extra fan bekerja atau berputar, maka extra fan berfungsi dengan normal. Begitu juga sebaliknya, jika AC pada posisi off, maka extra fan juga tidak dalam keadaan nyala.

7.Pemasangan Kembali Bemper Mobil

Proses terakhir adalah memasang kembali bemper mobil Chevrolet Spin anda. Pasang bagian bemper mobil dengan benar dan pastikan terpasang dengan kuat seperti semula.

Sekarang sudah tahu kan bagaimana cara pemasangan extra fan Chevrolet Spin? Penting untuk kita ketahui tutorial pemasangan extra fan, khususnya bagi para pengguna mobil Chevrolet Spin.

Karena memasang extra fan sangat penting untuk menjaga agar AC mobil tetap mengeluarkan udara dingin dan segar. Jika merasa kesulitan dalam memasang extra fan sendiri, kita bisa membawa mobil Chevrolet Spin kita ke bengkel spesialis AC mobil yang berkualitas pelayanannya, seperti Rotary Bintaro.

Rotary Bintaro juga menyediakan spare part extra fan. Jadi kita tidak perlu bingung jika ingin membeli extra fan sekaligus memasang pada mobil Chevrolet Spin kita.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Previous Post 5 Manfaat AC Mobil Untuk Pengguna Mobil
Next Post Penyebab AC Mobil Mazda Biante Panas dan Bagaimana Cara Perbaikannya?

2 Comments

  1. dwi - 2018-01-10 12:40 Quote

    berapakah total biaya yang dibuthkan..?

    • Admin - 2018-01-10 17:09 Quote

      cek email ya pak dwi

Tinggalkan Balasan