Bengkel AC Mobil Rekomendasi Kompas TV Otodrive

Apa Saja Masalah AC Mobil yang Sering Terjadi?

AC awet itu dimulai dari perawatan. Sebenarnya ada 27 cara merawat AC mobil biar awet.  Nah mumpung lagi bahas soal AC mobil biar awet. Kompas TV dalam konteks bahasan otodrive sedang melakukan ulasan otomotif tentang AC mobil.

Sebagai salah satu fitur yang harus ada pada mobil. AC mobil mempunyai peranan yang penting untuk memberi kenyamanan bagi penggunanya.

Pendingin udara atau yang sering disebut dengan AC (Air Conditioner) akan memberikan kenyamanan bagi pengemudi maupun penumpang di dalam kabin. Salah satunya yaitu menghasilkan udara dingin atau sejuk, sehingga orang-orang yang berada di dalam kabin tidak merasa kepanasan.

bengkel-ac-mobil-rekomendasi-kompas-tv-2

Seringkali saat kita sedang berada di dalam mobil tapi suhu di luar panas. Pasti akan sangat mengganggu kita ya?

Baca juga : Promo dan Diskon Bengkel AC Mobil Rotary Bintaro

Karena suhu di dalam mobil tentu juga akan panas menyesuaikan dengan suhu di luar mobil. Kehadiran fitur AC atau sistem pendingin pada mobil memang mutlak diperlukan, apalagi jika temperatur udara disekitarnya tinggi. Oleh karena itu hampir semua jenis mobil modern saat ini memiliki fitur sistem pendingin tersebut.

AC mobil juga tidak lepas dari yang namanya masalah. Yang sering menjadi masalah umum AC mobil biasanya yaitu AC mobil tidak dingin, terdengar suara berisik, dan munculnya bau tidak sedap.

Karena AC mobil bermasalah, otomatis kenyamanan kita dalam mengendarai mobil akan berkurang. Contohnya saat di dalam kabin mobil udara terasa panas, secara reflek kita pasti akan menghidupkan AC mobil saat itu juga. Tetapi setelah AC dihidupkan ternyata udara yang dihembuskan oleh AC tidak dingin seperti biasanya. Bisa dipastikan kita akan kepanasan di dalam mobil.

Penyebab AC mobil tidak dingin umumnya disebabkan oleh freon habis atau tinggal sedikit, drive belt terputus, kotornya kondensor dan radiator, terjadi kelebihan oli kompresor, terdapat kotoran pada evaporator, dan lain-lain.

bengkel-ac-mobil-rekomendasi-kompas-tv-3

Masalah lain yang biasanya juga muncul pada AC mobil adalah terdengar suara berisik saat AC dihidupkan. Ini bisa disebabkan oleh piston atau silinder yang sudah aus.

Sementara, hal lain yang bisa dijadikan indikasi bahwa AC mobil bermasalah adalah keluar bau yang tidak sedap ketika AC mobil dihidupkan. Penyebabnya bisa muncul dari grill AC atau evaporator yang kotor. Grill AC yang kotor disebabkan oleh pengharum yang menempel dan kemudian mengendap. Kotoran yang mengendap berasal dari pengharum yang sering kita taruh dekat dengan grill AC.

Masalah-masalah yang umumnya muncul pada AC mobil tersebut jelas akan sangat mengganggu kenyamanan orang-orang yang berada di dalam kabin mobil. Jika sudah timbul masalah-masalah pada AC mobil kita, solusi terbaiknya adalah dengan membawa mobil kita ke bengkel spesialis AC mobil.

Nah, Kompas TV melalui segmen otodrive mempunyai bengkel ac mobil rekomendasi. Ada bengkel spesialis AC mobil yaitu Rotary Bintaro. Rotary Bintaro mempunyai 2 cabang bengkel yang masing-masing berlokasi di Jalan RC. Veteran No. 1A, Tanah Kusir, Jakarta Selatan dan satunya lagi di Jalan Ciledug Raya No. 7a-7b, Petukangan Utara, Jakarta Selatan. Rotary Bintaro adalah satu-satunya bengkel rekomendasi Kompas TV. Rotary Bintaro melayani pemasangan, perawatan, dan perbaikan AC mobil.

Booking ServiceBengkel AC mobil diliput TV Nasional menandakan bahwa bengkel tersebut mempunyai kualitas pelayanan yang baik kepada para pelanggannya. Salah satu bukti pelayanan Rotary Bintaro memang baik yaitu kita bisa langsung menyampaikan keluhan mengenai AC mobil.

Baca juga : Majalah AUTO CAR Menobatkan Bengkel Rotary Bintaro sebagai Bengkel Favorit 2010

Selanjutnya, dengan sesegera mungkin para mekanik akan melakukan pemeriksaan seperti high pressure, low pressure, dan suhu udara. Pemeriksaan dimaksudkan untuk mengetahui apakah AC mobil hanya perlu diservis, diperbaiki, atau harus dilakukan penggantian pada komponen-komponen AC mobil yang sudah rusak.

Dalam melakukan pemeriksaan untuk mengetahui kondisi AC mobil tersebut, pihak mekanik dari Rotary Bintaro menggunakan alat-alat seperti manometer, termometer digital, tachometer, dll. Misalnya saja, termometer digital digunakan oleh mekanik untuk mengetahui apakah temperatur udara yang keluar dari AC normal atau tidak. Temperatur udara yang keluar dari AC mobil dikatakan normal apabila mempunyai temperatur dari 8 sampai 3 derajat Celcius.

bengkel-ac-mobil-rekomendasi-kompas-tv

Rotary Bintaro juga menyarankan agar selalu melakukan perawatan secara berkala supaya AC mobil menjadi awet. Perawatan rutin yang disarankan oleh Rotary Bintaro antara lain:

  1. Servis berkala setiap 3 sampai 6 bulan sekali atau per 10.000 km. Servis ini meliputi penggantian filter kabin. Filter kabin yang berfungsi sebagai penyaring debu agar tidak masuk ke dalam evaporator.
  2. Servis ringan yang dilakukan setiap setahun sekali. Adapun servis AC mobil meliputi seperti servis blower, kondensor dan penggantian dryer filter.
  3. Servis besar pada sistem AC mobil yang dilakukan setiap 2 tahun sekali. Servis besar meliputi servis evaporator, blower, kondensor, mengganti dryer, mengganti filter kabin, melakukan vaccun dan oli kompresor; dan mengisi freon kembali.

Apapun keluhan tentang AC mobil jangan mudah percaya sama mitos AC mobil. Semua masalahnya akan ketemu dengan cara harus diperiksa dulu.

Saat Rotary Bintaro melakukan servis besar pada sistem AC mobil, biasanya mereka dibantu oleh 20 mekanik untuk kedua cabangnya. Lamanya waktu servis besar pada sistem pendingin mobil tergantung pada jenis mobil itu sendiri. Jika jenis mobil keluaran pabrikan non Eropa perbaikan sistem AC hanya memakan waktu paling lama 3 jam. Sementara untuk jenis mobil keluaran Eropa bisa memakan waktu perbaikan 2 hingga 3 hari. Karena memang untuk membuka sistem pendingin udara pada mobil Eropa relatif lebih lama daripada mobil keluaran non-Eropa.

bengkel-ac-mobil-rekomendasi-kompas-tv-1

Rotary Bintaro adalah bengkel yang tepat bagi untuk mengatasi permasalahan pada sistem AC mobil. Dengan pelayanan terbaik yang Rotary Bintaro berikan, akan membuat pelanggan menjadi puas Dan yang paling penting sistem kerja AC mobil bisa bekerja secara optimal.

Kita bisa langsung mendatangi alamat lokasi 2 cabang bengkel spesialis AC mobil Rotary Bintaro seperti yang sudah disebutkan di atas tadi. Dibawah ini adalah informasi kontak kedua cabang bengkel Rotary Bintaro

Cabang 1 :
Jl.RC Veteran No.1a, Bintaro raya. tanah kusir, Jakarta Selatan
(021)7388 0022
(021)734 2209
0817 8700 34‎ (What’s App)

Cabang 2 :  
Jl.Ciledug Raya No.7a-7b, Petukangan utara, Kebayoran lama. Jakarta Selatan 12260.
(021)7388 9500
0877 9600 9700 (What’s App)

Cabang 3 :
Jl. Kedoya Raya No.20, RT.2/RW.2, Kedoya Sel., Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11520
(0878 9700 9700‎ (What’s App)

Rotary Bintaro
Specialist AC Mobil & Spare Parts
www.RotaryBintaro.co.id
Follow Us : @Rotarybintaro

Sebuah media nasional sekelas Kompas TV saja merekomendasikan. Kenapa pilih yang lain?

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

2 pemikiran pada “Bengkel AC Mobil Rekomendasi Kompas TV Otodrive

Tinggalkan komentar