AC Mobil Kita Panas? Ini Adalah Perkiraan Harga Pasang AC Mobil.

Kebutuhan AC mobil di perkotaan besar layaknya Jakarta merupakan kebutuhan utama bagi pengendara mobil. Pasti kita tidak mau kan berangkat kerja sampai di kantor baju basah kuyup gara gara AC mobil yang sering mati. Daripada kita terlalu banyak menghabiskan uang untuk service ini itu ada baiknya kita mulai memikirkan untuk mengganti AC mobil kita.

Ada banyak alternative,misal menggunakan AC double blower,atau bisa juga mengganti AC mobil anda dengan AC mobil copotan. Yang perlu kita perhatikan adalah pada case AC mobil copotan. Perhatikan kualitas spare parts yang akan di gunakan,apakah kompatibel dengan mobil kita atau justru sebaliknya. Dan untuk AC double blower yang perlu anda perhatikan adalah garansi yang diberikan oleh bengkel yang mengurusi kendaraan kita.  Berikut adalah ulasan mengenai biaya penggantian dan juga alternative yang dapat kita jadikan acuan.

Memasang AC Double Blower

Usaha bengkel AC mobil saat ini sudah banyak yang menyediakan jasa pemasangan AC double blower. Mereknya pun bervariasi tergantung kebutuhan dan yang pasti adalah ukuran kantong kita. Ada dua macam AC double blower yang berkualitas,yaitu produk Thailand dan ND.

Jika isi kantong kita tidak terlalu besar. Kita bisa menggunakan produk Thailand dengan harga yang di bandrol antara Rp 2,5 – 3 Juta. Sedangkan bagi kita yang membutuhkan kualitas dan tidak terlalu memikirkan mengenai harga. Kita bisa menggunakan AC double blower dengan merek ND yang di banderol dengan harga Rp 4,5 – 5 Juta. Kedua brand tersebut sama sama memiliki kualitas yang bagus. Hanya saja terletak pada penggunaan material. Sementara itu untuk suku cadang yang digunakan sama.

Dimanapun kita mengganti AC mobil kita,usahakan untuk selalu menanyakan garansi yang diberikan. Umumnya bengkel specialist AC mobil akan memberikan garansi perbaikan minimal selama 6 bulan. Penambahan AC double blower ini tidak perlu mengganti kompresor bawaan pabrik. Hanya kapasitas yang dibutuhkan untuk Freon menjadi lebih banyak,sekalipun Freon hanya bersifat sirkulasi.

Memasang AC Mobil Copotan

Yang dimaksud dengan AC mobil copotan adalah AC mobil used atau bekas. Beberapa pengguna mobil masih kurang cocok dengan AC mobil copotan ini lantaran kondisinya bekas pakai dan tentu saja kualitas yang belum tentu terjamin. Namun kembali lagi kepada kondisi kantong kita,jika kita tidak punya budget terlalu banyak untuk ganti AC baru sementara kondisi AC mobil kita diharuskan diganti kita patut memperhatikan hal hal berikut ini.

Selalu beli AC copotan ini di tempat yang benar benar terpercaya. Misalkan kita membelinya di tempat saudara atau rekan kita. Jika kita benar benar tidak punya rekan atau saudara yang akan menjual AC copotan,kita bisa membelinya di toko spare parts kecil asalkan barang yang kita beli memiliki garansi.

Untuk harga normalnya AC copotan ini berkisar antara Rp 500.000 sampai dengan Rp 1.000.000 tergantung dari kondisi dan tempat dimana kita membeli barang tersebut.

Memasang AC Mobil Baru Keseluruhan

Sedangkan kisaran harga untuk pemasangan AC mobil yang benar benar baru berkisar Rp 4 juta untuk spec  kompresor Sanden KW, Rp 5.000.000 untuk spec kompresor Sanden asli dan untuk All Spare Parts Original Denso berkisar di harga Rp 9.000.000. Harga tersebut belum termasuk pengisian Freon berkisar Rp 150.000 (Untuk single blower), Rp 175.000 (Untuk double blower) dan Rp 265.000 untuk elf. Juga belum termasuk jasa kelistrikan yang berkisar antara Rp 30.000 – Rp 85.000 tergantung dari jenis mobil yang kita punya.

Sekedar informasi,pada kenyataanya AC mobil yang tidak dingin berawal dari Oli kompresor yang tidak pernah di ganti. Oli kompresor dan Freon adalah satu kesatuan yang tidak bisa kita lepaskan satu sama lain. Jika kita tidak pernah mengganti Oli kompresor hal yang akan terjadi adalah penyumbatan pada selang distribusi. Penyumbatan ini akan menyebabkan kebocoran pada selang,dan kebocoran pada selang akan mengakibatkan udara mengkontaminasi Oli AC mobil yang akan menyebabkan endapan. Nah, endapan inilah yang akan menyebabkan korosi dan merusak sistem didalam kompresor.

Siap siap saja kita harus mengganti kompresor yang harganya tentusaja tidak kurang dari Rp 2 Juta. Jika ada teknisi yang menawarkan kita untuk service kompresor AC mobil,harus benar benar kita perhatikan. Teknisi AC mobil tidak punya license secara khusus dalam hal pembongkaran AC mobil. Jika ada teknisi AC mobil yang menawarkan untuk service kompresor,pastikan part yang dibongkar dapat terpasang sempurna. Jika tidak, dalam 1 tahun kita harus siap siap beberapa kali ke tempat service AC mobil.

Demikian rincian biaya harga pasang AC mobil,baik AC mobil double blower , AC copotan maupun pasang AC baru seluruh komponen.

Jika anda ingin mengganti mengganti AC mobil anda menjadi double blower anda bisa mendatangi Rotary Bintaro untuk solusi kebutuhan AC mobil. Memiliki ruang tunggu yang nyaman,kemudahan dalam bertransaksi dan teknisi yang berpengalaman dibidangnya. Menjadikan Rotary Bintaro Bengkel Spesialist AC mobil yang sangat patut anda datangi sebagai solusi kebutuhan AC mobil anda.

Segera ke Bengkel Spesialis AC mobil Rotary Bintaro dan dapatkan promo menarik yang bisa anda dapatkan.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Previous Post Bagaimana Caranya Dapat Service AC Mobil Murah?
Next Post Kenapa Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Di Siang Hari?

Tinggalkan Balasan