Tidak Perlu ke Bengkel, Rawat AC Mobil Dengan Cara Ini! - Rotary Bintaro - Bengkel AC Mobil & Supplier Spare Part AC Mobil

Apakah Anda pernah merasa mandi keringat pada saat ac menyala? Pasti pernah! Ini tanda-tanda ac mobil mengalami kerusakan. Mobil yang sudah dipakai selama bertahun-tahun tanpa dibarengi dengan servis ac rutin sering kali menimbulkan masalah. Kalau tidak segera diperbaiki, kabin mobil pun akan berubah menjadi sauna selama bertahun-tahun.

AC mobil sebenarnya bisa tetap dingin tanpa harus dibawa ke bengkel. Anda bisa melakukan perawatan sederhana sendiri di rumah. Perawatan yang bisa dilakukan seperti:

1. Membersihkan Kondensor AC Secara Rutin

Kondensor AC terletak di bagian depan ataupun di belakang griil mobil. Pada saat membersihkan mobil, sempatkan waktu untuk membuka bagian kondensor lalu membersihkannya. Gunakan air bertekanan tinggi (semprotan air) untuk mengangkat debu dan kotoran yang tersisa. Bila kondensor sudah bersih, kecepatan hembusan ac mobil pun akan bertambah. Sehingga ac mobil menjadi lebih awet dan tahan lama.

2. Mendinginkan Kabin Terlebih Dahulu

Sebelum bepergian, ada baiknya untuk mendinginkan kabin terlebih dahulu. Gunanya untuk menghilangkan uap panas yang ada di sepanjang kabin. Sehingga pada saat ac mobil dinyalakan, hembusan udaranya pun akan terasa lebih dingin.

3. Gunakan Kaca Mobil yang Berkualitas

Memang, kaca mobil tidak otomatis langsung mempengaruhi kinerja ac mobil. Akan tetapi, kaca film mobil yang berkualitas sangat bagus untuk meredam panas sinar matahari. Sehingga pada saat terik tiba, suhu udara di dalam kabin pun tetap normal. Kalaupun panas, setidaknya masih dapat ditolerir bukan seperti panas yang ada di sauna.

4. Menjaga Kebersihan Interior Mobil

Proses pendinginan kabin mobil sangat erat kaitannya dengan kebersihan interior. Apabila interior kotor, kinerja filter kabin pun akan berkurang secara perlahan. Sehingga proses penghembusan udara pun akan terhambat.

Bersihkan bagian interior mobil setidaknya 1x dalam dua minggu agar kinerja ac dapat berfungsi maksimal. Selain itu, Anda dan penumpang di dalam mobil pun lebih sehat karena terhindar dari debu dan kotoran.

5. Meminimalisir Penggunaan AC Mobil

booking serviceAC memang sangat berguna saat kondisi cuaca panas terik. Tapi, menyalakan ac secara terus-menerus dapat merusak ac secara perlahan. Ada baiknya untuk meminimalisir penggunaan ac selama di perjalanan. Hidupkan ac seperlunya saja, misalnya di siang hari. Kalau sudah malam, ac nya lebih baik dimatikan. Lain halnya kalau suhu udara di malam hari masih terasa panas, seperti yang sering terjadi di Kota Jakarta dan Semarang.

Merawat ac mobil ternyata tidak serumit yang kita pikirkan. Kita juga bisa merawat ac mobil kalau tahu mekanisme cara merawat ac mobil sendiri. Tapi ketika komponen ac mobil sudah rusak dan perlu diganti, memang lebih baik untuk membawa mobil ke bengkel khusus ac mobil untuk segera diperbaiki.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Previous Post Cara Merawat Mobil Avanza Agar Tidak Mudah Mogok
Next Post Penyebab Utama AC Mobil Boros Bensin

Tinggalkan Balasan