Cara Merawat Mobil Avanza Agar Tidak Mudah Mogok

Mobil mogok merupakan mimpi buruk bagi semua pengendara mobil. Penyebab mobil mogok pun beranekaragam, misalnya karena kurang servis ataupun usia mobil yang sudah tua. Mobil mogok di tengah jalan tentu sangat menyebalkan dan merepotkan pemiliknya. Jadwal kerja yang tadinya sudah disusun sebagus mungkin pun terpaksa tertunda karena mobil mogok.

Agar performa mobil tetap on the go, silahkan lakukan servis rutin. Dengan servis, komponen di dalam mobil pun diperbarui. Mesin yang tadinya kurang gress akhirnya bisa seperti mesin baru yang tentunya memiliki performa yang luar biasa bagus.

Bagian yang Perlu Dirawat

1. Mesin

Komponen fanbelt yang ada pada mesin perlu mendapat perhatian khusus. Pastikan bagian ini selalu dalam kondisi baik. Ganti fanbelt bila sudah rusak. Pilih jenis fanbelt yang sesuai dengan tipe dan jenis mobil milikmu.

2. Ban

Ban akan keropos dengan sendirinya bila jarak tempuhnya sudah mencapai ribuan kilometer. Ban yang tipis sangat tidak dianjurkan saat berkendara karena dapat membahayakan nyama penumpang di dalamnya. Agar berkendara selalu aman, gantilah ban tersebut. Pilih lah jenis ban yang sesuai dengan ban bawaan mobil.

3. AC

Memeriksa komponen AC juga tidak kalah pentingnya. Bersihkan bagian evaporator dan filter kabin secara rutin. Hindari kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat mempercepat proses kerusakan ac mobil agar ac tetap awet dan tahan lama. Sehingga berkendara pun lebih nyaman, terutama saat cuaca panas.

4. Lampu

Lampu berfungsi untuk memberikan penerangan saat berkendara. Bila lampu mulai berkedip-kedip ngga jelas, itu artinya salah satu komponen lampu ada yang putus. Segera ganti lampu agar perjalanan tetap aman, terutama di malam hari.

Booking Service5. Bahan Bakar

Penggunaan bahan bakar yang pas dapat memperpanjang usia mesin kendaraan. Itulah sebabnya kenapa Anda dianjurkan untuk menggunakan bahan bakar bawaan mobil. Jika Anda ingin mengganti bahan bakar, gantilah ke level yang lebih tinggi dan bagus. Misalnya, bahan bakar premium diganti ke pertamax.

Cara merawat mobil agar tidak mudah mogok sebenarnya sangat mudah. Cukup dengan perawatan rutin. Baca juga tips sederhana untuk menambah performa mobilĀ agar mobil Anda jauh dari masalah sehari-hari.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Tinggalkan komentar