Cara Pemakaian dan Kelebihan Cleaning Inspection Camera Evaporator AC Mobil - Rotary Bintaro - Bengkel AC Mobil & Supplier Spare Part AC Mobil

Cara Membersihkan Evaporator dengan Cepat dan Efektif

Teknologi semakin hari semakin maju. Manusia sebagai pencipta sekaligus pengguna teknologi terbaru pun makin dimudahkan dalam beraktivitas. Termasuk di antaranya dalam urusan AC mobil. Nah, kini semakin banyak hadir alat-alat yang bisa memudahkan kita dalam merawat AC mobil. Salah satunya adalah  Cleaning Inspection Camera Evaporator AC Mobil.

Sebelum membahas lebih dalam tentang Cleaning Inspection Camera Evaporator AC Mobil, ada baiknya kita sedikit menengok kembali tentang cara pembersihan evaporator AC mobil yang masih banyak dilakukan saat ini. Proses pembersihan evaporator yang dilakukan mayoritas bengkel AC mobil adalah sebagai berikut:

  • Melepaskan seluruh bagian dashboard.
  • Memutuskan jalur kelistrikan yang ada di bawah dashboard.
  • Menampung atau membuang freon yang ada di jalur sirkulasi ac mobil.
  • Melepaskan evaporator dan melakukan pembersihan secara manual di luar mobil.
  • Memasang kembali evaporator yang sudah dibersihkan dan mengecek apakah ada kebocoran atau tidak.
  • Menyambungkan kembali jalur kelistrikan mobil.
  • Memasang kembali dashboard dan prosesi pembersihan evaporator sudah selesai.

Proses pembersihan evaporator AC mobil tersebut sudah pasti akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Pasalnya, ada proses bongkar pasang dashboard dan evaporator sebelum dan sesudah dibersihkan. Belum termasuk waktu yang dibutuhkan untuk membersihkan evaporator.

Selain itu, cara pembersihan evaporator secara tradisional tersebut punya risiko kerusakan. Bisa saja dahsboard mengalami lecet saat pembongkaran. Atau bias juga ada bagian yang patah saat dibongkar dan dipasang. Belum termasuk ada baut yang hilang atau rusak saat dibongkar pasang.

Hal-hal seperti itu sudah saatnya ditinggalkan dan dilupakan.

Kenapa?

Kini sudah tersedia sebuah alat pembersih evaporator yang akan menghemat waktu dan tenaga Anda. Alat ini bisa disebut sebagai Cleaning Inspection Camera Evaporator AC Mobil atau Industrial endoscopy cleaning camera.

Alat ini mirip dengan alat endoskopi yang umum dipakai dokter untuk memeriksa bagian dalam tubuh manusia. Bentuknya mirip dengan gagang semprotan air bertekanan tinggi yang dimiliki tempat pencucian mobil. Di bagian depan Industrial endoscopy cleaning camera ini terdapat belalai penyemprot air dan udara. Pada ujung belalai tersebut terdapat kamera kecil dan lampu untuk melihat bagian yang akan dibersihkan. Gambarnya bisa langsung dipantau melalui sebuah layar kecil di atas gagang semprotan.

Cara pemakaian Cleaning Inspection Camera Evaporator AC Mobil ini terbilang gampang. Tidak perlu sampai repot membongkar dashboard. Berikut urutan cara pemakaian Cleaning Inspection Camera Evaporator AC Mobil:

  • Cek kondisi dan suhu ac mobil sebelum melakukan pembersihan.
  • Lepaskan tutup laci penumpang di kursi depan.
  • Lepaskan juga filter kabin dan blower dari dudukannya.
  • Letakkan baskom untuk menampung air.
  • Siapkan alat pembersih evaporator.
  • Masukkan detergen/sabun pembersih ke dalam botol dan semprotkan merata ke seluruh bagian evaporator. Tunggu sampai sekitar dua menit agar kotoran menjadi lebih lunak.
  • Selanjutnya masukan 100 ml air bersih ke dalam botol dan semprotkan ke seluruh badan evaporator sampai seluruhnya bersih dari sabun dan kotoran.
  • Jika dirasa masih belum bersih, proses penyemprotan dengan sabun dan membilas dengan air bersih bisa diulang.
  • Blower yang tadi dilepas juga dibersihkan dengan alat ini.
  • Untuk menyempurnakan proses pembersihan evaporator, gunakan cairan antibakteri dan semprotkan ke evaporator.
  • Tutup katup air lalu keringkan evaporator dan blower dengan tiupan angin dari alat ini
  • Semua proses ini dilakukan dengan hanya melihat layar yang ada di gagang mesin semprot ini.

Proses pembersihan evaporator dengan menggunakan alat ini tidak butuh waktu lama. Maksimal hanya butuh 1 jam saja. Bandingkan dengan pembersihan evaporator secara tradisional yang setidaknya butuh waktu antara 3-4 jam. Sekadar catatan, untuk menggunakan alat ini tetap dibutuhkan kompresor atau mesin penyemprot tekanan tinggi.

Dengan demikian, manfaat Cleaning Inspection Camera Evaporator AC Mobil ini akan sangat terasa dari segi waktu dan biaya. Pasalnya, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pergi ke bengkel guna membersihan evaporator. Semua proses bisa dilakukan di rumah dan hanya butuh satu orang saja.

Manfaat Cleaning Inspection Camera Evaporator AC Mobil yang bisa langsung dirasakan adalah membuat kabin mobil Anda lebih segar dan bersih. Dengan kondisi kabin yang bersih, kerja evaporator juga bakal lebih ringan. Termasuk juga kerja kompresor dalam mensirkulasikan freon yang akan lebih enteng. Dan yang pasti AC mobil Anda bakal terasa beda dinginnya.

Oya, alat ini belum banyak beredar di Indonesia karena merupakan produk impor. Tapi tenang, Anda bisa mendapatkannya tanpa pergi ke luar negeri. Cukup datang ke sini saja untuk bisa membawa pulang Cleaning Inspection Camera Evaporator AC Mobil. Dan rasakan sensasi membersihkan evaporator dengan mudah dan maksimal langsung di rumah Anda.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Previous Post Bagaimana Cara Perbaiki AC Mobil Tidak Dingin Hanya Keluar Angin?
Next Post Bagaimana Cara Merawat Filter Kabin AC Mobil Biar Tahan Lama?

2 Comments

  1. Yamansyah - 2018-02-08 13:01 Quote

    Mohon info harganya .
    Tk

    • Admin - 2018-03-04 16:25 Quote

      Cek email ya pak..
      thx

Tinggalkan Balasan