Apa Penyebab Dashboard Tidak Berfungsi?

Apa Saja Tips dan Trik Agar Dashbard Tetap Awet?

Apakah mobil Anda sudah dilengkapi dengan ac? Rata-rata mobil yang dijual di sorum sudah dilengkapi dengan ac, mengingat fungsinya untuk mendinginkan kabin mobil. Pemakaian ac mobil sangat dianjurkan terutama di daerah-daerah yang cukup panas agar berkendara lebih nyaman, terutama saat menempuh perjalanan panjang.

Ac mobil biasanya diletakkan di tempat khusus, kita biasa menyebutnya dashboard. Adanya dashboard ini jelas menunjang kenyamanan saat berkendara. Kalau dashboard tidak ada, dimana ac mobilmu akan diletakkan? Mulai bingung deh.

Dashboard biasanya terletak di bagian depan sebagai pembatas antara penumpang dengan pemandangan di luar. Posisinya yang berada di depan membuat dashboard sering terkena paparan sinar matahari. Teriknya matahari secara tidak langsung dapat membuat warna dashboard berubah menjadi kusam. Belum lagi ditambah usianya yang semakin tua, jelas warnanya akan semakin pudar. Tampilan interior mobil Anda pun tidak menawan lagi.

Apa Penyebab Dashboard Tidak Berfungsi?

Sebenarnya dashboard mobil masih tetap akan berfungsi selama mobil tersebut dioperasikan. Hanya saja, tampilan dashboardnya akan sedikit berubah akibat adanya perubahan warna. Selain sinar matahari, usia mobil, warna dashboard juga dapat berubah karena debu dan kotoran yang menempel.

Seperti yang kita tahu, debu dan kotoran memiliki warna yang kasat mata, yaitu abu-abu dan putih. Kenapa kasat mata? Karena pada dasarnya dashboard mobil berwarna hitam. Bayangkan deh, warnanya sangat kontras kan? Hitam dan putih? Jadi, jangan heran kalau partikel debu yang menempel di mobilmu akan sangat kelihatan.

Agar mobilmu tetap bersih dan cantik, bersihkanlah bagian dashboardnya secara rutin. Kalau ada waktu, Anda bisa membersihkannya setiap hari. Jadi setiap kali debu dan kotoran lengket, langsung dibersihkan agar kotorannya tidak menumpuk di dashboard tersebut.

Apa Saja Tips dan Trik Agar Dashboard Tetap Awet?

Walaupun dashboard tidak bisa rusak dan masih berfungsi dengan baik sampai kapanpun, tapi, Anda perlu menjaga dashboard tersebut agar tetap awet. Gimana caranya? Ikuti tips dan trik mudahnya di bawah ini:

1. Bersihkan Dashboard Secara Rutin

Kondisi dashboard yang bersih selalu didambakan setiap orang. Kalau Anda mendambakan hal yang sama, cukup bersihkan dashboard secara rutin. Sebelum membersihkan dashboard, alangkah baiknya jika mobil Anda dicuci terlebih dahulu. Agar debu dan kotoran yang menempel berkurang, sehingga membersihkannya juga tidak terlalu rumit. Tapi, Anda tidak dipaksa untuk mencuci mobil terlebih dulu. Kalau Anda merasa partikel debu dan kotoran di dashboard tidak terlalu banyak, silahkan langsung bersihkan debu menggunakan kemoceng atau alat lainnya.

Pastikan dashboard benar-benar kosong saat mulai dibersihkan. Kenapa? Agar debu dan kotoran tidak menempel pada barang-barang yang lain. Membersihkan dashboard juga lebih lempang karena tidak diganggu oleh barang ini dan itu.

Satu hal yang perlu diperhatikan yaitu bersihkan debu dan kotoran dengan teliti. Pastikan semua sudut dashboard sudah bersih, baru Anda boleh berpuas diri. Kalau ternyata sudutnya saja masih kotor, gunakan bantuan sikat atau penyedot debu agar semua debu dan kotoran dapat terangkat dengan sempurna. Dengan demikian, dashboard ac mobilmu akan tetap awet dan terjaga.

2. Gunakan Sedikit Air

Banyak pengguna mobil berpendapat kalau air hanya akan membuat dashboard cepat rusak. Benarkah demikian? Tentu saja tidak! Penggunaan air malah sangat disarankan agar partikel debu dan kotoran cepat terangkat. Sehingga dashboard mobilmu bersih dalam waktu sekejap. Dashboard juga lebih awet dan tahan lama.

Akan tetapi, gunakanlah air sewajarnya. Artinya jangan terlalu banyak karena hal ini akan membuat dashboard berair, kabin pun kemungkinan besar akan banjir kalau rembesan airnya terlalu banyak. Selain itu, gosoklah bagian dashboard dengan lembut. Gunakan kain lembut (biasanya berbahan katun atau microfiber) yang banyak dijual di supermarket.

3. Gunakan Cairan Pembersih

Air saja tidak mampu membersihkan dashboard yang kotor? Anda bisa beralih ke cairan pembersih. Cairan pembersih tersebut terbuat dari campuran air dan shampo. Mengapa shampo? Karena komposisi shampo lebih ringan dibandingkan deterjen. Sehingga tidak berbahaya bagi dashboard mobil milikmu, Pertanyaannya, “shampo apa yang bagus untuk dijadikan cairan pembersih?” Pada dasarnya, Anda dapat menggunakan shampo apa saja, mengingat komposisi shampo yang cukup ringan.

Intinya, gunakanlah cairan pembersih yang tepat agar dashboard mobilmu tetap awet. Jangan lupa gunakan kuas atau brush kecil agar proses membersihkan dashboard menjadi lebih mudah. Sudut-sudut sekalipun dapat dijangkau dengan mudah, sehingga kotoran pada dashboard terangkat dengan sempurna.

4. Gunakan Kain Berbahan Katun

Kain berbahan katun atau microfiber sangat aman dipakai untuk membersihkan dashboard. Tidak hanya itu, ternyata Anda juga membutuhkan kain ini untuk mengeringkan dashboard mobil. Penggunaannya tidaklah wajib, Anda bisa memakainya, bisa juga tidak. Tergantung kebutuhan masing-masing individu. Tapi, kalau Anda ingin dashboard mobil cepat kering, alangkah baiknya untuk menggunakan kain ini. Lagipula, dashboard mobil tidak baik terlalu lama basah. Harus segera dikeringkan kalau tidak mau airnya merembes ke sana-sini.

5. Gunakan Lapisan Pelindung

Seperti namanya, lapisan ini berfungsi untuk melindungi dashboard mobil agar aman dari paparan sinar matahari. Lapisan pelindung ini biasanya digunakan sebagai lapisan di permukaan dashboard, sehingga dashboard mobil tidak telanjang. Lapisan pelindung juga secara tidak langsung akan melindungi dashboard dari debu dan kotoran. Sehingga dashboard mobil tetap bersih dan kinclong setiap hari.

Ada banyak merek lapisan pelindung yang dijual di pasaran. Pilihlah kain berbahan Vinyl, chemical pelindung plastik, atau polyturethane. Harga yang ditawarkan juga sangat beranekaragam. Mau yang mahal? Merek KIT Interior, Sonax, dan Son of Gun merupakan 3 merek lapisan pelindung terbaik yang paling banyak digunakan untuk dashboard mobil.

Semoga bermanfaat.

Senang bisa berbagi.

Previous Post Cara Mengganti dan Menambah Oli Kompresor AC Mudah dan Cepat
Next Post Apa Yang Akan Terjadi Ketika Extra Fan AC Mobil Mati?

Tinggalkan Balasan