5 Fakta Unik Tentang Toyota, Mobil Terlaris di Dunia - Rotary Bintaro - Bengkel AC Mobil & Supplier Spare Part AC Mobil

Toyota yang sekarang tentu saja berbeda kalau dibandingkan dengan Toyota di 20 tahun yang lalu. Perbedaan ini banyak didapat khususnya dari segi teknologi yang digunakan. Sebab, pabrikasi Toyota di era modern lebih banyak menggunakan teknologi robot untuk menekan biaya dan meningkatkan efisiensi dan efektivitas.

Di balik kecanggihan pabrikasi Toyota, ternyata ada fakta unik tentang Toyota yang perlu diketahui oleh semua pemilik mobil ini. Selengkapnya mengenai fakta unik tentang Toyota akan dibahas di bawah ini.

1. Toyota Bermula dari Perusahaan Tekstil

Pada tahun 1926, Toyota Motors merupakan bagian dari Toyoda Automatic Loom Works, salah satu perusahaan tekstil yang ada di Jepang. Pada masa ini, Loom Works berhasil menghasilkan mesin tenun yang sangat efisien. Akan tetapi, perusahaan tekstil ini akhirnya menjual sebagian patennya kepada perusahaan yang ada di Inggris dengan tujuan untuk mendanai Toyota Motors.

Hasil penjualan paten tersebut bisa kita lihat di era sekarang. Dimana pengorbanan yang dilakukan oleh perusahaan tekstil Jepang ternyata berbuah manis dengan dikenalnya perusahaan Toyota hingga sekarang. Perusahaan yang tadinya bernama Toyoda Automatic Loom Works pun kini telah berganti nama menjadi Toyota Industries Corporation.

2. Nama Toyota Bermula dari Nama Toyoda

Toyota Corporation dulunya bermula dari nama Toyoda karena memang perusahaan ini didirikan oleh Kiichiro Toyoda. Namun, seiring berjalannya waktu, nama Toyoda pun berganti menjadi Toyota dengan delapan goresan huruf Bahasa Jepang yang menyiratkan arti keberuntungan.

3. Toyota Digunakan untuk Kebutuhan Perang

Saat terjadi perang antara Jepang dan Tiongkok, pemerintah Jepang meminta Kiichiro Toyoda untuk membuatkan mobil khusus untuk keperluan perang. Beberapa tahun kemudian, Kiichiro pun pergi melancong ke Amerika dan Eropa untuk mempelajari tentang komponen-komponen apa saja yang biasanya digunakan untuk membuat mobil.

Kerja keras Kiichiro selama di Amerika dan Eropa ternyata berbuah manis. Setelah ilmu yang didapat dirasa cukup, Kiichiro kembali ke Jepang dan mulai mengoperasikan Toyoda Automatic Loom Works pada tahun 1933. Lima tahun setelah itu, Kiichiro berhasil memperkenalkan dua buah mobil yaitu tipe mobil untuk penumpang dan mobil truk.

4. Toyota Nyaris Bangkrut Tapi Berhasil Diselamatkan Saat Perang Korea

Pada tahun 1940 – 1950an, Toyota nyaris bangkrut, tapi berhasil selamat akibat adanya perang dengan Korea. Sebelum perang Korea terjadi, Toyota hanya mampu menjual 300 unit mobil saja dalam satu tahun. Tapi setelah perang Korea terjadi, Toyota malah berhasil menjual 5.000 unit mobil untuk kebutuhan perang atas dasar permintaan Amerika Serikat. Kondisi inipun langsung meningkatkan angka penjualan Toyota di tahun itu.

5. Toyota Muncul di Amerika Setelah 20 Tahun

Ilmu tentang komponen mobil yang didapat Kiichiro di negeri Paman Sam baru berbuah manis setelah 20 tahun kemudian. Dimana mobil yang diproduksi oleh Toyota berhasil menembus pasar otomotif di Amerika Serikat untuk pertama kalinya, yaitu di tahun 1957.

6. Dinobatkan Menjadi Perusahaan Terbesar di Dunia

Angka penjualan Toyota di tahun 2011 memang sangat mengejutkan. Di tahun yang sama, Toyota juga berhasil dinobatkan sebagai salah satu perusahaan yang masuk ke dalam daftar tiga besar mobil dengan penjualan tersukses di dunia. Hal ini tentu menjadi kebanggan tersendiri bagi Kiichiro selaku pendiri dari Toyota itu sendiri.

7. Toyota Corolla Jadi Mobil Toyota Terlaris

Dari sekian banyak tipe dan jenis mobil yang dikeluarkan oleh Toyota, ternyata Toyota Corolla jadi mobil terlaris dengan angka penjualan paling tinggi. Pada Bulan Juli 2013, tercatat ada 40 juta unit Toyota Corolla yang berhasil dijual di seluruh dunia. Jumlah yang sangat fantastis, kan?

Itu dia fakta unik seputar Totoya, fakta unik lain seputar mobil Toyota bisa dibaca disini.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Previous Post Fakta Unik Datsun Go, Mobil Murah Tapi Nggak Murahan
Next Post Fakta Unik Seputar Mobil Yang Jarang Diketahui Orang Lain

Tinggalkan Balasan