Frequently Asked Questions

Apa yang menjadi Faktor AC mobil tiba-tiba menjadi tidak dingin?

  • Motor Fan Mati : Apabila Kipas Pendingin Elektrik mati maka panas dari condenser tidak dapat terbuang, sehingga dapat menyebabkan Tekanan freon di dalam system akan naik bahkan Overheat, lalu memicu Sensor Pressure Switch akan memutus arus ke Magnetic Clutch agar memberhentikan Compressor, alasanya agar compressor aman / tidak jebol.
  • Freon Kosong / Berkurang : Freon Pada Sistem AC, cara kerjanya hanya bersirkulasi / berputar2 saja, jika tidak ada kebocoran maka Freon tidak akan kurang apalagi habis. Dan jika Freon kosong maka secara otomatis low pressure switch akan bekerja dan memutus arus listrik menuju magnetic clutch,sehingga kompressor berhenti berputar.
  • Magnetic Clutch Rusak : sudah jelas jika magnetic clutch masalah maka kompressor ac tidak berputar, maka freon tdk akan terpompa keseluruh sistem AC
  • Kompressor macet : kompressor ac macet biasa di sebabkan karena kekurangan oli kompressor atau kompressor sudah aus biasa nya di sertai kompressor bunyi kasar. Terkait kompressor ac mobil yang macet bisa juga di sebabkan oleh bearing puli kompressor rusak.
  • Fanbelt Putus : fanbelt putus membuat puli kompressor ac tidak terhubung dengan putaran mesin dan biasanya juga di sertai beberapa komponen yang terhubung dengan fanbelt tersebut juga tidak bekerja di antaranya alternator, Powersteering atau water pump.
  • Kelistrikan (Electricity) seperti; kabel, soket, relay, sekring yang ada mengalami Korsleting atau terputus. jika terjadi korsleting sering terjadi pada magnet coil / motor fan.

Apa yang menjadi Faktor Penyebab AC mobil terkadang panas dan kadang dingin?

  • umumnya karena Magnetic Clutch lemah
  • untuk mobil-mobil eropa / build up diatas tahun 2000, yang kompresor nya sdh menggunakan sistem sensor (tanpa magnetic clutch) juga sering mengalami kasus kadang panas kadang dingin, penyebab nya karena sensor selenoed yang sdh mulai lemah.
  • Kelistrikan (Electricity) seperti; kabel, soket, relay, sekring kendor / lemah.
  • Pembekuan pada evaporator, biasanya kendala ini akan menyebabkan hembusan angin melemah ketika ac sudah jalan diatas 15 menit, untuk sebagian kasus bisa juga kurang dari 15 menit.

Faktor yang mempengaruhi bunyi berisik ketika AC on?

  • Fan Belt berdecit ketika mesin dalam kondisi basah/atau dingin. (AC ON)
  • Bearing Pully, Tensioner, Atau Altenator aus. (AC OFF/ON)
  • Magnetic Clutch sudah tidak presisi/ atau berkarat. (AC OFF/ON)
  • Silinder head kompresor aus, sehingga bearing pada pulley oblak. (AC OFF/ON)
  • Motor fan aus
  • Motor blower aus

Air AC menetes dalam kabin mobil sehingga membuat karpet menjadi basah / banjir?

  • ventilator sirkulasi udara luar terbuka, sehingga menyebabkan daun kering masuk kedalam box evap.
  • Evaporator kotor, sehinggaSelang Pembuangan Air yang ada pada kabin telah dipenuhi kotoran dan lendir, sehingga air menggenangi area kabin dan lama- kelamaan meluap kedalam kabin.

Apa faktor yang membuat ac mobil menjadi bau?

  • Evaporator dalam keadaan kotor yang menyebabkan penyumbatan dan berlendir sehingga mengakibatkan timbulnya jamur yang kemudian menghasilkan bau apek (menyengat).
  • Filter Blower (Kabin) sudah dalam keadaan sangat kotor dan memang harus diganti (idealnya pergantian FB adalah setiap 10.000 KM jarak tempuh kendaraan).
  • Parfum mobil yang digunakan, dimungkinkan menggunakan parfum yang memiliki kadar alcohol tinggi (Kualitas rendah), sehingga lebih cepat menguap dan membuat ruangan dalam kendaraan menjadi berbau tidak sedap.

Faktor yang meyebabkan AC terasa Dingin dimalam hari, dan terasa kurang dingin saat disiang hari ?

  • Kapasitas Freon sudah mulai berkurang yg disebabkan kebocoran, sehingga membuat kapasitas dingin menurun drastis di siang hari karena ditambah panas nya cuaca, dan karena malam hari suhu udara lebih dingin maka kinerja ac menjadi lebih dingin.
  • Filter Kabin kotor, membuat hembusan kipas AC menjadi lemah, sehingga AC menjadi tidak dingin.
  • motor fan mati / lemah, karena siang hari jalanan cenderung macet + panas akan sangat pengaruh apabila motor fan mati / lemah, karena akan membuat tekanan freon menjadi over heat dan menyebabkan kinerja ac menurun.

Faktor Penyebab komponen AC mobil menjadi rusak?

  • tidak melakukan perawatan ac mobil secara berkala.
  • Usia dari komponen yang digunakan.
  • Daya Tahan (Kualitas) produk/ komponen yang terpasang.

Ketika hujan ada air menetes kedalam kabin, apakah salah dari ac mobil?

  • Faktor lainnya kebocoran pada kabin mobil yang menyebabkan kabin mobil basah dan menyebabkan bau apek dalam kabin bisa disebabkan oleh kebocoran air hujan pada sela-sela lubang firewall, yang disebabkan karena karet yang koyak / terpasang tidak sesuai dengan tempatnya.
  • Terdapat keretakan pada Sealant/ karet penyangga kaca jendela/ ventilasi, kaca depan, ataupun kaca belakang yang memungkinkan air bisa rembes kedalam kabin.
  • Mobil sudah karatan pada bagian tertentu.

Saat AC mobil hidup, mengapa tarikan mesin mobil menjadi berat dan bensin menjadi boros?

  • Faktanya AC mobil itu adalah sebuah beban yang besar untuk mesin, jika suatu kondisi mesin ada yang kurang sehat seperti filter bensin mampet, busi aus, dsb maka secara otomatis akan semakin terbebani oleh ac mobil itu sendiri, efeknya akan menyebabkan mesin terasa berat / bensin menjadi boros ketika ac ON.
  • Cara berkendara, karena pada kendaraan yang sama, jarak yang sama, dengan pengendara (user) yang berbeda cara bawanya, pasti akan memiliki result/hasil yang berbeda dalam beberapa hal, termasuk efisiensi bahan bakar yang terpakai.
  • Kondisi/ usia pada mesin kendaraan

Saat tertentu AC pada Grill / kisi2 keluar seperti asap putih, namun AC tetap berasa dingin :

  • Pada lokasi tertentu memang hal seperti disebutkan diatas adalah hal yang wajar-wajar saja, seperti berkendara didaerah pegunungan yang sejuk, namun terkadang dapat terlihat semacam asap/ kabut keluar dari grill (jendela angin AC), hal itu merupakan suatu reaksi fisika, seperti hawa/ nafas kita manusia ditempat yang sejuk seringkali kita dapat melihat ada semacam asap keluar dari mulut saat menghembuskan nafas.
  • Untuk kasus tertentu, Asap/kabut putih keluar dari grill AC terus menerus untuk waktu tertentu,  kemungkinan hal yang yarus diperhatikan adalah terjadi penyumbatan/ masalah disekitar area Receive Dryer dan Ekspansif, kemungkinan Freon yang mengalir kearea Receive Dryer lebih banyak dibandingkan oli, hal itu menyebabkan supplai Freon menjadi berlebihan dan kemudian reaksi itu menyebabkan pembekuan pada area Ekspansif sehingga  angin yang ditiupkan oleh blower menghasilkan reaksi seperti asap/kabut tersebut.

Faktor yang menyebabkan sekring pada AC selalu meleleh ?

  • Faktanya untuk kasus seperti ini, dipastikan electricity (kelistrikan) sedang berada dalam kondisi Panas tinggi (over hot), yang artinya terjadi kelebihan tegangan pada satu bagian tertentu bisa disebabkan karena terjadi korsleting pada soket, kabel, atau relay yang mesti dicek satu persatu dengan menggunakan Test Pen / kabel langsung.
  • Usia dan Kualitas dari sekring yang terpasang sudah tidak layak/ bagus.

Faktor yang menyebabkan bau dari luar masuk kedalam kabin mobil?

  • Terjadi kebocoran pada area Ventilator sirkulasi angin luar pada box blower yg disebabkan karena busa atau karet pada area tersebut sudah memipih / koyak / rusak yang menyebabkan angin dari luar masuk kedalam ruangan (kabin) melalui celah2 ventilator.

Ketika ac mobil ON terdengar suara kompresor berisik/ kasar/ngorok, apa faktornya?

  • Bearing / laher dalam kompresor aus / oblak.
  • Piston kompresor aus / oblak
  • kurang nya pelumasan dalam kompresor
  • Faktor Usia komponen yang terpasang.
  • Faktor Kurangnya perawatan terhadap komponen-komponen AC.

Dari kisi2 ac mobil mengeluarkan asap putih / embun, lalu beberapa menit kemudian ac menjadi kurang dingin bahkan panas?

  • Terjadi pembekuan yg dikarenakan penyumbatan/ mampet di area Ekspansi Valve, biasanya kerusakan di expansi gejala nya akan muncul di RPM tinggi / mobil dalam kecepatan tinggi seperti didalam tol.

Terjadi kecelakaan, posisi kap mesin tabrak mobil lain lalu mengeluarkan asap dibagian mesin, dan ketika AC menjadi tidak dingin, apa sebabnya?

  • karena posisi kondensor didekat bemper, untuk kasus ini di curigai karena kondensor terkena hantaman sehingga terjadi luka dan mengalami kebocoran freon.
  • pipa / selang disekitar kondensor terjadi luka / robek sehingga mengalami kebocoran freon.
  • Radiator mesin bocor, sehingga air radiator habis menyebabkan temparture mesin naik / over heat, akan ber efek kepada kinerja dari ac mobil menjadi menurun.

Gunakan Evap Cleaner untuk membersihkan evaporator, apakah efektif?

  • Faktanya Evaporator memiliki box penutup dan terpasang diarea dalam dashboard artinya area ini tidak mudah dijangkau dan tidak terlihat, membersihkan hanya dengan menggunakan evap cleaner, dengan hanya menyemprot cairan ini tidak akan dapat membersihkan sepenuhnya kotoran yang ada di permukaan evaporator, Karena semprotan/ sprayer tidak mengenai seluruh bagian pada evaporator sebab dengan celah yang begitu sempit nya selang cleaner ini hanya dapat menyemprot kesebagian kecil permukaan dari evap, disamping itu apabila sebagian kotoran yang rontok akibat zat kimia tsb dapat menyebabkan kemampetan pada lubang pembuangan yang berefek akan membuat air tergenang di sekitar box evap dan tumpah balik ke dalam kabin.
  • Idealnya evaporator benar-benar dapat dibersihkan setelah dibuka/copot dari posisi semula (dash board), kemudian evaporator dapat disemprot dari berbagai arah dengan bantuan steamer bertekanan tinggi sehingga kotoran bisa dibersihkan dengan maksimal tanpa efek samping.

Kompresor terdengar bunyi kasar, dan setelah Freon di isi bunyi berkurang/ hilang?

  • Kasarnya suara pada compressor bisa disebabkan sebagai akibat kekurangan system pelumasan yang bekerja mengaliri area piston, sehingga pergerakan piston ke blok terdengar kasar. Ini bisa terjadi karena ada kebocoran pada saluran oli atau Freon.

Apa penyebab AC tetap dingin namun kompresor terdengar bunyi kasar?

  • Piston kompresor yang mulai oblak
  • Bearing / laher kompresor yang mulai aus
  • Silinder head yang telah aus, sehingga menyebabkan pulley kompresor menjadi oblak.
  • Suara kasar pada Magnetic Clutch biasanya dihasilkan oleh pergesekan permukaan magnet pully dengan pelat centre piece, dimana salah satu permukaaan dari komponen sudah tidak rata.

Efek Magnetic Clutch macet dan penyebab nya?

  • apabila magnetic clutch macet, maka akan pengaruh ke putaran mesin menjadi berat / mogok jika fanbelt putus, karena untuk mobil2 model sekarang kebanyakan sudah menggunakan sistem single belt, yang artinya 1 tali kipas akan menarik semua komponen seperti : Kruk AS mesin, altenator, Power steering, dan kompresor.
  • penyebab nya karena bearing aus atau melintasi tempat banjir.
  • magnet coil yang korslet sehingga membuat bearing pully terbakar.

Untuk ac mobil jenis double blower, Mengapa AC mobil di bagian depan lebih dingin dibandingkan ac belakang?

  • karena double blower atau ac belakang hanya tambahan, yang artinya hanya membantu pelebaran ac dari depan agar lebih cepat merata, maka dari itu ukuran evaporator ac belakang biasanya jauh lebih kecil dibanding dengan yang depan.
  • untuk sebagian mobil double blower, unit ac belakang di letakan di samping (door trim) dan kisi2 ac berada di plafon , jenis seperti ini juga sangat pengaruh sebab dingin yang di hasilkan oleh ac belakang harus melewati corong angin lebih jauh sampai keluar ke kisi-kisi, atau istilahnya dingin sudah keburu habis di jalan.

Pada malam hari dingin terasa kurang max, namun jika lampu utama dimatikan ac mobil terasa lebih dingin?

  • indikasi idle up pada lampu bermasalah, karena fungsi idle up adalah untuk mempertahankan / menaikan RPM mesin ketika Lampu ON, jika alat ini error maka RPM akan sedikit menurun dan menyebabkan putaran pada kompresor menjadi lebih pelan efeknya akan membuat ac mobil menjadi kurang max dinginnya, namun seharusnya tidak terasa signifikan karena beban lampu sebetulnya sangat ringan dan efek kerja idle up untuk menaikan RPM juga tidak terlalu tinggi.

Extra fan normal,freon ok,sensor switch ok,relay dan sekring ok,selang ga ada bocor,kompressor ilang arus stlh hidup bbrp menit ?

  • Factor utama adalah terjadi kelebihan panas diarea terminal relay, sehingga terjadi korsleting pada area tersebut.
  • Deteksi dengan menggunakan test pen kesemua bagian kelistrikan, sumber dari masalah kelistrikan bisa dari terminal / box relay.

Mengapa jika pada RPM tinggi (>2000 RPM) ac mobil terkadang ada bunyi groook yang tidak normal, bunyi tsb akan berulang setiap beberapa menit sekali?

  • Jika pada komponen AC bunyi grook tersebut bisa timbul akibat pergesekan antara center piece dengan pulley, yang dikarenakan permukaan dibagiannya alat tsb sdh tidak merata/ bergelombang.

Factor penyebab Fan ac atau fan mesin tidak jalan alias mati ?

  • Motor fan yang sudah mulai aus
  • Kelistrikan bermasalah, seperti : relay, soket, kabel, sekring, dll.

Kenapa fan ac dan kompresor hidup secara bersamaan?

  • Extra Fan ac berfungsi untuk mengurangi panas kompressor yang dipindahkan/ ditransfusikan ke kondensor, oleh karena itu Fan harus selalu On ketika kompresor berjalan.

Perbedaan AC mobil dengan AC rumah?

  • Pada AC mobil itu lebih dinamis karena mengikuti putaran mesin, semakin tinggi RPM mesin maka akan semakin kencang putaran kompresor maka ac akan lebih cepat dingin ketika RPM tinggi, dan freon yang digunakan menggunakan type [email protected]
  • sedangkan pada AC rumah sifat nya lebih statis karena listrik rumah cenderung stabil, dan ac rumah jika ingin lebih dingin kita dapat membeli dgn PK yang lebih tinggi, contoh : 2pk pasti akan lebih dingin dibanding 1pk, dan freon yang digunakan menggunakan type R22 dan R410A.

Perbedaan compressor yang menggunakan sensor solenoid dengan compressor yang menggunakan magnetic clutch ?

  • Pada Kompressor Magnetic Clutch pada umumnya dapat dicirikan dengan kabel pada compressor tampak dari kepala kompresor (terlihat), compressor dapat dihidup dan dimatikan sesuai kebutuhan user, RPM terkadang terasa ada hentakan ketika comp off atau on, Kompresor akan otomatis mati apabila pendinginan didalam kabin sudah maksimal.
  • Sedangkan pada Kompressor Selenoid Sensor pada umumnya dicirikan sebagai berikut; kabel tidak tampak (tidak terlihat) di kepala compressor, hanya terlihat soket dari body belakang.
    Kompresor tidak dapat dimatikan (selalu on) selagi mesin mobil menyala,RPM stabil (Tidak terasa hentakan ketika comp off/on), Otomatis Thermostat tetap bekerja, namun tidak mematikan kompresor melainkanketika thermostart bekerja sensor selenoed kompresor akan nge by pass freon sehingga tidak ada freon yang di kompres lagi untuk beberapa saat. Dan kerap diaplikasikan untuk mobil premium seperti Alphard, mini Cooper, mercy >thn 2000, bmw >thn 2,000, dll

Saat AC dinyalakan mesin mobil jadi overheat namun saat AC tidak dinyalakan maka panas mesin normal, apa penyebabnya?

  • Motor fan radiator / AC mati atau lemah.
  • Tekanan freon pada sistem ac kepanasan / over heat yang disebabkan oleh banyak faktor, seperti condensor mampet, saluran2 ac ada yang tersumbat,dsb.
  • dan faktor yang terbesar bisa berasal dari mesinnya sendiri yang kurang fit, karena faktanya kompresor sendiri adalah sebuah beban besar bagi mesin, apabila ada komponen pada mesin yang bermasalah lalu di tambah beban kompresor yang sedemikian besar efeknya akan membuat mesin semakin terbebani, kerusakan2 komponen pada mesin yang dapat menyebabkan temperature mesin naik adalah : Radiator mampet, Air Radiator berkurang, oli mesin berkurang secara signifikan, Cooling fan mati / lemah, Gangguan pada silinder head mesin, thermostat radiator rusak, waterpump rusak.

AC mobil terasa kurang dingin ketika mobil berhenti, namun Ketika digas atau mobil mulai jalan di kecepatan tertentu, ac menjadi lebih dingin?

  • indikasi kompresi kompressor sudah mulai melemah, efeknya akan membuat ac menjadi kurang dingin ketika stationer, namun jika di gas diatas RPM 2000 ac menjadi sedikit lebih dingin.
  • Fan mati / lemah, membuat tekanan freon menjadi over heat.
    efeknya akan membuat ac menjadi kurang dingin ketika stationer, namun jika mobil jalan dalam kecepatan tinggi semisalkan di tol akan membuat ac menjadi dingin kembali, sebab ketika mobil bergerak maka melawan arah angin, dan arah angin tsb dapat membuang panas yang di hasilkan kondensor dan radiator.

Mobil sedang berada di jalan macet . Udara di dalam yang tadinya dingin, tiba-tiba tidak dingin sama sekali. Setelah dimatikan tombolnya beberapa saat, lalu dihidupkan lagi, AC kembali normal, dan di iringi RPM mesin tinggi

  • magnetic clutch lemah / error, ketika kita hidupkan ac dari saklar di dashboard mengalir strum ke 4 komponen, sbb : motor blower, motor fan, idle up dan magnetic clutch.
    karena strum (+) itu tetap mengalir ke 4 komponen diatas, salah 1 nya ke idle up (alat untuk menaikan gas RPM mesin ketika ac on), jika magnetic clutch bermasalah otomatis kompresor tidak bekerja dan tidak membebani mesin sama sekali, efeknya akan membuat Gas RPM mesin naik diatas angka 1,000 – 2,000.

AC mobil tiba-tiba tidak dingin dan angin tidak keluar ?

  • Motor blower lemah / mati
  • Resistor blower masalah
  • Elektrikal : relay, sekring, kebel kendor, dll

Setiap ac mobil baru di hidupkan, terdengar suara groookk dari kap mesin hanya beberapa detik, setelah itu normal kembali, ketika otomatis kompresor cut/off lalu on lagi akan terdengar lagi suara kasar tersebut dan situasi ini berlangsung berulang2.

  • Suara grook tsb berasal dari pergesekan permukaan pully dengan plat centre piece, dimana salah satu permukaaan dari komponen sudah tidak rata, efeknya ketika pertama kali coil magnet menarik center piece yang bergesakan dengan pully akan seperti suara besi yang beradu, bahkan kondisi tertentu dapat terlihat bunga api dari hasil gesekan tersebut, hal ini disebabkan magnetic clutch sudah termakan usia atau barang baru namun imitasi.

AC mobil kalau malam atau hujan dingin, kalau kondisi terik matahari+macet menjadi panas?

  • Asumsinya bisa karena pada dasarnya AC mobil tsb sudah memang kurang dingin kurang dingin yang bisa disebabkan salah 1 nya karena ada kekurangan kapasitas freon yang disebabkan karena ada faktor kebocoran sistem ac.
  • Cooling fan mati / lemah

Ada air menetes dari area bawah dashboard

  • Jalur air pembuangan ac mobil mampet yang diakibatkan karena evaporator kotor dan berlendir, sehingga kotoran pada evaporator menutup selang pembuangan.

Apa yang dimaksud dengan kompresor jebol, dan apakah masih bisa di reparasi?

  • komponen didalam kompresor terjadi gesekan yang tidak semestinya, dan akan membuat komponen tsb menjadi terluka, efek dari luka tsb akan menimbulkan banyak ampas gram.
    didalam kompresor memiliki 3 komponen penting yang tdk boleh terluka / baret, diantara nya : piston, noken as dan blok kompresor, jika salah 1 dari 3 komponen ini sudah terluka maka tidak ada harapan untuk di repair lagi.

Jika compressor AC mobil jebol, komponen apa lagi yang harus diganti selain kompresor?

  • Faktanya freon pada ac mobil itu bersirkulasi ke seluruh sistem ac mobil, jika kompresor terjadi kerusakan alias jebol, maka komponen didalam kompresor pasti akan tergerus dan kemakan akibatnya kotoran gram akan menyebar keseluruh saluran ac diantara nya : kondensor, dryer, expansi, evaporator dan seluruh pipa maupun selang2nya.
    jika kompresor jebol, maka ada 4 komponen yang pasti harus diganti, yaitu : kompresor, kondensor, dryer dan expansi.

Jika kompresor jebol, kondensor harus diganti mengapa tidak bisa di bersihkan saja?

sel di dalam kondensor sekecil lubang jarum, sedangkan pipa IN dan OUT berdiameter cenderung lebih besar, jadi kesimpulannya kotoran / gram bekas kompresor jebol dengan leluasa masuk ke kondensor, namun karena di olah oleh pipa sekecil lubang jarum maka sangat sulit untuk keluar, karena kondensor itu tekanannya sangat tinggi maka tidak di ciptakan untuk bisa buka kap atas / bawah nya seperti radiator mesin. karena radiator biasanya untuk kap atas / bawah menggunakan sistem press, sehingga dapat di buka kap atas maupun bawah nya dengan cara membuka press-an tsb dan di bersihkan / di colok dengan kawat khusus dan dapat dibersihkan 1 sel per 1 sel dengan detail.

Mesin bergetar kencang, dalam kondisi ac ON maupun OFF apakah salah dari ac mobil?

  • AC dalam posisi on maupun Off pada bagian mesin mobil masih mengalami getaran yang mengganggu/ kasar dapat dilakukan pengecekan dibagian Engine Mounting atau Karet yang berfungsi sebagai penyangga mesin ke Chassis atau ke body, karena mungkin usia atau daya tahan karet penyangga tersebut sudah melar atau sobek. Solusi untuk masalah ini adalah ganti Engine Mounting.

Ciri- ciri komponen AC (Compressor) jebol

  • Terdengar suara atau getaran kasar dibagian mesin saat AC dinyalakan, hal ini disebabkan karena rangkaian didalam compressor sudah aus karena pelumasan tidak normal.
  • perlahan2 ac akan mengalami penurunan dingin secara bertahap, tergantung dari seberapa besar kebocoran itu, semakin besar kebocorannya akan semain cepat habis freonnya dan semakin cepat terasa tidak dinginnya ac. Tapi rata2 kebocoran pada compressor itu biasanya memerlukan waktu 1 minggu – 6 minggu hingga menghabiskan freon yg ada disistem.
  • kompresi kompresor menurun dengan indikasi untuk tahap awal ac akan merasa kurang dingin apabila di RPM rendah, jika kita gas / jalan di kecepatan tertentu ac akan berubah lebih dingin.
  • Kasus tertentu, dapat menyebabkan mesin terasa berat ketika ac mobil ON.

Perbedaan kompresor ac mobil jenis rotary dan piston?

  • system rotary bergerak secara screw (seperti ulir) bergerak searah saja dan bekerja lebih ringan dibandingkan dengan kompresor dengan sistem piston yang bergerak maju mundur secara bergantian tergantung jumlah piston yang digunakan yang cara kerjanya sedikit lebih berat.

Ketika ac ON, RPM mesin Drop dan mesin terasa bergetar?

  • Jika mobilnya masih menggunakan sistem karburator ini karena faktor idle up yang masalah, bisa dari selenoed / vaccum idle up nya yang masalah.
  • jika sistem mobil injection bisa di sebabkan karena Throtle body kotor, maka kinerjanya menjadi terganggu dalam merespon perintah dari sensor ICV (Idle Control Valve).
    sensor tsb bekerja ketika kompresor ON dan memerintahkan Throtle body untuk menaikan RPM mesin, solusinya bersihkan throtle body.
  • Sensor ICV (idle control valve) Rusak