FUNGSI DAN CARA KERJA KONDENSOR AC MOBIL (VIDEO ANIMASI)

Kondensor adalah sebuah alat penukar kalor (Heat Exchanger) yang digunakan untuk mengkondensasikan / mengubah gas yang bertekanan tinggi berubah menjadi cairan yang bertekanan tinggi yang kemudian akan dialirkan ke Receiver Dryer dan dilanjutkan ke expansi valve.

Kondensor bisa disebut heat exchange yang bisa memindahkan panas ke udara.

Komponen ini merupakan bagian yang “panas” dari AC Mobil, letak kondensor umumnya diletakan dibagian depan radiator mobil.

Video Animasi Informatif Kondensor AC Mobil (Keren) :

Freon yang telah di pompa oleh kompresor ac mobil akan masuk kedalam kondensor dalam wujud gas bertekanan tinggi dan bersuhu sangat panas. (Terlihat dari pipa yg berwarna merah didalam video)

Hembusan angin dari fan yg menempel pada kondensor akan membuang panas yang di hasilkan serta menurunkan tekanan Freon dan terjadi perubahan wujud dari gas menjadi cair.

Selanjutnya Tabung Receiver drier didalam bertugas untuk memastikan bahwa Freon yang keluar dari kondensor adalah Freon cair, sebelum di kabutkan oleh expansi valve.

SEL-KONDENSOR-AC-MOBIL

Jika kondensor ada gejala mampet pada saluran pipanya, maka proses untuk pembuang panas tidak akan sempurna maka akan menyebabkan tekanan pada Freon menjadi naik / over heat dan itu akan menjadi salah 1 penyebab ac mobil kurang dingin serta membebani mesin.

Kerusakan2 yg terjadi di kondensor selain tersumbat adalah KEBOCORAN!!

BERIKUT INI CONTOH VIDEO KONDENSOR YANG BOCOR :

Saran :

pastikan kondensor selalu dalam keadaan bersih dari debu atau kotoran lainnya dengan cara sering2 mencuci dengan di semprot air, atau bisa juga pada saat cuci mobil minta sekalian di semprot kebagian kondensor, namun mohon diperhatikan tekanan air jangan terlalu kencang di kondensor, karena dapat membuat sirip menjadi mudah penyok.

cucilah kondensor setidaknya 3 bulan sekali.

Temukan solusi permasalahan AC mobil anda di sini, ac-mobil.com

Previous Post Cara Mengatasi Evaporator AC Mobil BOCOR.!! Sebaiknya Dilas / Diganti?
Next Post Kode Nomor Polisi Berdasarkan Kota di Seluruh Indonesia

1 Comments

  1. […] Selanjutnya Tabung Receiver drier didalam bertugas untuk memastikan bahwa Freon yang keluar dari kondensor adalah…(selengkapnya) […]

Tinggalkan Balasan