Penting! Ini Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Mencuci Mobil - Rotary Bintaro - Bengkel AC Mobil & Supplier Spare Part AC Mobil

Mencuci mobil menjadi salah satu rutinitas pengguna kendaraan roda empat agar kotoran dan debu yang menempel bisa hilang. Ternyata, mencuci mobil tidak hanya pada bodinya saja. Tapi juga bagian interior, meliputi jok, dashboard, dan karpet.

Meskipun mencuci mobil merupakan kegiatan yang enteng, namun, pengguna mobil juga harus memperhatikan beberapa hal. Tujuannya agar mobil benar-benar bersih, bukan malah berkarat akibat pantulan cahaya matahari. Berikut hal yang tidak boleh dilakukan saat mencuci mobil.

1. Mencuci Mobil di Bawah Terik Matahari

Tidak dapat dipungkiri kalau mencuci mobil di bawah terik matahari akan membuat mobil lebih cepat kering. Namun, air yang disemprotkan ke bodi mobil nanti malah membentuk bulatan yang kalau mengering jadi sulit dibersihkan. Inilah yang nantinya akan menimbulkan bercak-bercak pada mobil. Lebih baik cuci mobil di pagi atau sore hari saat panas matahari tidak terlalu membakar.

2. Mencuci Mobil dengan Sabun Colek

Sah-sah saja kalau mau mencuci mobil dengan sabun colek. Tapi ingat, sabun ini bukan untuk mencuci seluruh bagian pada mobil ya. Sabun colek hanya digunakan untuk membersihkan kaki-kaki, kolong, dan bagian mesin saja. Nah, untuk bagian bodi mobil, alangkah baiknya jika dibersihkan menggunakan sampo atau krim khusus yang bisa Anda beli di supermarket atau bengkel otomotif.

3. Melewatkan Bagian Kaki-Kaki Mobil

Bagian kaki-kaki mobil seringkali dilupakan oleh pemilik saat mencuci mobil. Meskipun bagian ini tidak kelihatan, tapi bagian kaki-kaki adalah bagian yang paling kotor. Kalau Anda menunduk ke arah ban mobil, maka semua kotoran akan terlihat dengan jelas. Untuk membersihkan bagian kaki-kaki, Anda bisa menyemprotkan selang air ke bagian kolong supaya kotoran yang ada di bagian lain juga ikut bersih.

4. Mencuci Mobil dengan Spons

Rata-rata pemilik mobil mencuci mobil kesayangannya dengan spons. Sah-sah saja karena busa yang dihasilkan dari spons sangat banyak. Tapi,  spons tersebut dapat menimbulkan baret di bagian bodi mobil. Sebab, bagian bentuk spons tidaklah padat melainkan berongga. Kalau semisal ada kerikil yang masuk ke spons dan spons tersebut digunakan untuk menggosok bodi mobil, besar kemungkinan mobil akan tergores.

Oleh sebab itu, pakailah kain lap berbahan soft untuk mencuci mobil. Harga kain lap pun sangat ekonomis dan juga mudah ditemukan di pasar atau swalayan.

5. Membersihkan Mesin dengan Semprotan Air

Membersihkan mobil dengan semprotan air memang jauh lebih efektif untuk mengangkat sisa debu dan kotoran yang menempel. Namun, jangan gunakan semprotan air untuk membersihkan bagian mesin ya. Soalnya di bagian mesin terdapat beberapa komponen sensitif, seperti bagian kelistrikan. Bila terkena semprotan air, besar kemungkinan akan terjadi korslet. Untuk itu, bersihkan bagian ini cukup dengan kain lap.

6. Menggunakan Satu Ember Pencuci Saja

Hal yang tidak boleh dilakukan saat mencuci mobil selanjutnya adalah menggunakan satu ember pencuci saja. Jika hanya satu ember saja, otomatis kain yang sudah digunakan untuk mengusap bodi mobil akan digunakan kembali untuk mengulangi proses yang sama. Hal ini bukan lagi membersihkan mobil, tapi membuat mobil kembali ke kotor seperti keadaan semula. Karena debu yang sudah dibersihkan di satu bagian akan kembali menempel di bagian yang lain.

Supaya lebih efektif, gunakanlah dua ember. Setelah menggosok bagian yang kotor, Anda tidak menggunakan sabun yang sama untuk menggosok bagian yang lain. Tapi, menggunakan sabun di ember satunya yang masih bersih.

7. Mengeringkan Mobil

Booking ServiceSetelah mencuci mobil, jangan lupa untuk mengeringkan seluruh bagian yang masih basah. Jangan biarkan bagian yang masih basah dikeringkan oleh terik matahari. Takutnya, nanti timbul bercak-bercak yang tidak diinginkan. Gunakan kain lap berbahan lembut selama proses pengeringan.

Demikianlah informasi mengenai hal yang tidak boleh dilakukan saat mencuci mobil. Dengan informasi ini, diharapkan supaya Anda lebih tahu tata cara mencuci mobil yang baik dan benar.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Previous Post 9 Manfaat Cuka Bagi Mobil Kesayangan Anda
Next Post 5 Fakta Menarik Tentang Mobil Hybrid

Tinggalkan Balasan