Persiapkan Kendaraan Dalam Keadaan Terbaik

Persiapkan Peralatan Otomotif Dalam Mobil

Setelah sebelumnya kita sudah memberikan panduan info mudik : Apa yang Harus Kita Persiapkan Sebelum Mudik?. Maka selanjutnya kita tahu bagaimana cara biar perjalanan mudik aman dan lancar.

Panduan kali ini berbeda seperti sebelumnya ya. Kita hanya akan membahas info mudik untuk yang memakai kendaraan pribadi.

1.Persiapkan Makanan dan Minuman Selama Perjalanan

Persiapan makanan dan minuman tidak boleh asal. Harus kita sesuaikan sama keadaan jalur mudik kita. Kalau perjalanannya panas dan/atau disiang hari seperti pantura. Maka minuman yang harus disiapkan lebih banyak. Sedangkan kalau perjalanan dingin dan/atau malam hari.  Maka makanan yang harus disiapkan lebih banyak.

Buat jaga-jaga pastikan kita punya kondisi fisik yang kuat. Kalau kendaraan mengalami kerusakaan atau macet. Makanan dan minuman akan sangat membantu fisik kita tetap kuat. Apalagi kalau lewat pantura dengan cuaca yang panas. AC mobil perlu tetap dibantu untuk mendinginkan badan kita dengan minuman.

Tetapi kalau kita sudah mengikuti panduan sebelumnya. Persiapkan kendaraan terbaik untuk perjalanan mudik. Maka semua aman terkendali.

2.Persiapkan Kendaraan Dalam Keadaan Terbaik

a.Cek Keseluruhan Mesin

Kalau mobil kita cukup kuat mudik untuk perjalanan jarak jauh. Maka sebenarnya hanya perlu perawatan sederhana. Kalau kita mengerti mesin maka baiknya dilakukan sendiri. Untuk menghemat biaya perjalanan. Tetapi kalau tidak bisa maka siapkan dana lebih untuk biaya perawatan.

Pertama perlu dilakukan tune up mesin standar. Sampaikan saja ke mekanik bengkel untuk melakukan perawatan sederhana. Seperti penyetelan klep, busi, membersihkan karburator dan ganti oli.

Kalau kita ingin tenaga motor lebih kuat maka cukup meminta mekanik buat menyetelan karburator. Kita hanya perlu ganti spuyer, setel klep, main jet.

Lalu saluran bahan bakar penting untuk diperiksa. Apalagi ring piston yang sudah. Lalu terakhir adalah busi jangan lupa diganti. Tidak mau mogok ditengah jalan kan?

b.Air Radiator

Air radiator mobil sangat untuk dikasih perhatian. Jangan sampai kering kerontang. Karena ini perjanan jauh. Sebaiknya kuras radioator lalu ganti air baru. Kalau ada anggaran tambahan untuk ini maka baiknya tambah dengan cairan pendingin radiator biar lebih mantap.

c.AC Mobil

AC mobil penting diperhatikan keadaannya. Khususnya untuk yang mau perjalanan jauh melewati daerah yang suhunya panas, seperti pantura. Minta mekanik AC mobil untuk memperbaiki AC mobil pada dingin yang maksimal. Karena perjalanan jauh maka baiknya freon, dan spare parts AC mobil lama diganti. Biar dinginnya lebih maksimal. Sehingga selama perjanan tidak ada keluhan panas.

Kalau keluhan jauh itu kan wajar.

d.Rem dan Kaki

Perlu kita tahu. Kalau komponen kaki-kaki seperti pelek, ban, rantai dan gir, dan bearing roda sangat penting. Vital saat menopang motor untuk perjalanan jauh. Lalu selanjutnya kampas rem perlu diperhatikan tebal dan tipisnya.

Komponen-komponen diatas tidak ganti yang baru. Kebersihannya saja yang perlu dijaga dari kotoran. Sekedar catatan kalau mekanik ada saran pengganti dan kita merasa sudah tidak nyaman dengan kondisi mobilnya. Sebaiknya kita minta ganti yang baru komponen yang ada.

e.Ban

Perjalanan mudik itu bukan sekedar perjalanan kangen-kangenan dengan keluarga. Kita harus sadar juga mudik adalah perjalanan keselamatan juga. Karena itu keadaan ban yang sudah mulai menipis. Daya cengkram jalan sudah berkurang. Maka keselamatan kita adalah taruhannya.

Jangan sampai hemat bertolak belakang sama prinsip keselamatan. Kalau hujan datang maka ban seperti itu akan semakin menaikkan kemungkinan terjadinya kecelakaan.

Untuk yang 1 ini tidak perlu harus kebengkel. Ada panduan sederhana.

Cukup lihat saja ban mobil kita dengan teliti. Kalau ada retak di permukaan ban maka jelas sudah perlu penggantian. Potensi ban pecah ban juga bisa terjadi. Jangan ragu buat ganti ban baru.

Selain itu pastikan ada ban cadangan ya. Pastikan juga ban cadangan siap pakai ya.

f.Lampu dan Klakson

Kalau perjalanan malam, lampu mobil wajib untuk diperiksa. Meski begitu yang perjalanan siang juga perlu perhatikan bagian lampu mobil ya.

Lampu utama dan lampu sein penting fungsinya selama perjalanan. Coba nyalakan dan matikan. Kalau masih nyala maka kita siap tancap gas. Kalau ternyata kadang kedap kedip atau kurang terang, Maka periksa sistem kelistrikannya. Segera kebengkel langganan kita. Sambungan kabel dan bohlam wajib diperiksa kalau perlu diganti.

Selanjutnya adalah klakson mobil. Perjalanan jauh butuh alat isyarat suara ini. jalan yang sepi dan tikungan perlu tanda suara. Kalau ini juga sudah aman. Siap tancap gas juga.

f.Wiper

Air wiper perlu diperiksa tidak ngadat saat hujan turun. Karet wiper juga perlu dilihat apakah masih bagus atau tidak. Kalau hujan, selain tadi ban, wiper yang bermasalah juga bisa merusak pandangan kita. Ujung-ujungnya kecelakaan bisa terjadi. Tancap kita tidak bisa lagi.

3.Persiapkan Peralatan Otomotif Dalam Mobil

Nah, meski persiapan rencana A kita sudah matang. Maka tetap harus diimbangi dengan rencana B, C, dan rencana cadangan lainnya.

Kalau semua  bagian mobil sudah siap tancap gas. Maka selanjutnya pastikan kunci-kunci, segitiga pengaman, dan kelengkapan untuk perbaikan mobil sewaktu-waktu sudah ada dalam bagasi mobil.

Kalau ada kebutuhan mendesak seperti ganti ban misalnya. Maka kita sudah siap tanpa harus ke bengkel atau menunggu pertolongan.

4.Persiapkan Peralatan Kesehatan Dalam Mobil

Persiapan hadapi keadaan darurat masih belum menjadi budaya orang Indonesia. Belum semua mobil sediakan peralatan P3K. Padahal namanya keadaan darurat tidak tahu kapan akan terjadi.

Kegiatan mudik dan perjalanan jauh selalu membawa kemungkinan turunnya keadaan kesehatan kita. Jadi P3K dalam mobil akan sangat membantu.

Kalau semua hal diatas sudah siap. Maka kita tinggal tancap gas. Surat-surat kendaraan kan sudah kita siapkan di tulisan sebelumnya.

Jangan ragu berhenti saat merasa lelah ya.

Selamat mudik.

Semoga perjalanannya aman, nyaman dan menyenangkan.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Previous Post Info Mudik : Apa yang Harus Kita Persiapkan Sebelum Mudik?
Next Post Info Mudik : Cara Merawat Mobil Saat Mudik di Kampung Halaman

Tinggalkan Balasan