Bagaimana Cara Merawat Mobil Di Kondisi Jalanan Kampung? Perhatikan Keadaan Mobil Saat Perubahan Suhu

Suasana lebaran memang telah selesai beberapa hari yang lalu. Namun, hiruk pikuk mudik lebaran belum usai bagi semua orang. Apalagi bagi mereka yang tidak terikat kedinasan atau bekerja di kantor. Mereka dapat memperpanjang waktu liburan hingga kapanpun mereka mau. Bagaimana dengan Anda? Apakah masih dalam suasana mudik atau sudah kembali beraktivitas?

Mudik memang hal yang paling menyenangkan. Bisa bertemu dan berkumpul dengan keluarga tercinta di kampung halaman. Namun, jalur mudik yang ramai membuat Anda stres. Pasalnya jalanan penuh menjadi sarang kemacetan. Agar mudik lancar, ada satu hal yang perlu Anda perhatikan yaitu mobil. Di tengah-tengah volume arus mudik yang meningkat, Anda perlu merawat mobil saat mudik. Tujuannya tak lain agar kondisinya prima, apalagi jika Anda dan keluarga harus menempuh perjalanan jauh. Berikut adalah informasi cara merawat mobil saat mudik agar mudik aman nyaman.

  1. Mengecek Semua Kondisi Mobil

Melakukan pengecekan sebelum pergi mudik merupakan hal yang paling penting. Jika Anda asal mengendarai mobil tanpa memperhatikan kondisi, yang ada mobil malah mogok di tengah jalan. Apa Anda mau mudik terganggu karena lupa mengecek semua komponen mobil? Sudah pasti tidak. Banyak komponen yang perlu Anda cek, diantaranya rem, kondisi ban, oli, dan bensin. Jika terjadi kerusakan, segera bawa ke bengkel langganan untuk ditanggulangi. Hal ini memang terlihat sepele, tapi kalau tidak diperhatikan semuanya malah kacau.

  1. Mengetahui Kondisi Jalanan

Hal yang tidak kalah pentingnya ialah mengetahui bagaimana kondisi jalanan saat mudik. Untuk menghindari mudik macet, Anda perlu melakukan pengamatan lebih dulu. Pengamatan yang dilakukan cukup sederhana, yaitu sering membaca atau menonton televisi. Stasiun televisi dan koran biasanya telah memprediksi jalanan mana saja yang akan ramai saat mudik. Selain itu, prediksi mengenai tanggal juga akan ditampilkan.

Jika Anda telah mengetahui kondisi jalan, Anda akan mampu memprediksi berapa lama waktu yang akan dihabiskan di jalan. Dengan demikian, Anda dapat mempersiapkan segala sesuatu yang penting. Mulai dari musik penghibur, makan siang, atau cemilan. Tujuannya tak lain untuk menghindari stres akibat macet.

  1. Merancang Waktu untuk Memulai Perjalanan

Agar waktu tidak habis di jalan, pastikan Anda memulai perjalanan di waktu yang tepat. Hindari jam-jam sibuk, misalnya di siang atau sore hari. Selain itu, Anda juga harus menghindari perjalanan di akhir pekan. Karena apapun katanya, akhir pekan selalu ramai. Bukan hanya saat mudik saja, namun juga hari-hari biasa.

Untuk menghindari macet, Anda bisa memulai perjalanan di pagi hari atau subuh. Namun, Anda perlu persiapan yang matang saat ingin berkendara di pagi hari. Jika Anda ceroboh, yang ada kecelakaan yang akan terjadi. Jika sudah mulai mengantuk, lebih baik beristirahat sebentar. Carilah tempat peristirahatan seperti SPBU atau rest area sebagai tempat perhentian. Kalau tetap ingin lanjut perjalanan, setidaknya Anda memiliki supir cadangan yang dapat menggantikan.

  1. Kenakan Pakaian yang Nyaman

Jangan samakan suasana mudik dengan suasana saat ingin bepergian ke mall. Meningkatnya arus perjalanan sudah pasti membuat Anda stres. Apalagi jika mobil berhenti di satu titik dalam jangka waktu yang sangat lama. Belum lagi panasnya terik matahari yang membakar. Agar stres bisa berkurang, sebaiknya Anda mengenakan pakaian yang nyaman. Gunakan celana pendek, slip onatau sandal, dan kaos lengan pendek. Intinya, berpakaianlah senyaman mungkin. Jangan lupa untuk memilih kain yang nyaman pula, misalnya kain katun.

  1. Mencuci Mobil Sehabis Mudik

Mencuci mobil bisa Anda lakukan sebelum atau sesudah mudik. Namun alangkah baiknya setelah mudik. Mengapa? Banyaknya debu di jalan membuat kendaraan Anda kotor. Belum lagi jika hujan, jalanan becek, dan berlumpur. Sudah pasti mobil butuh dimanjakan seusai mudik. Anda bisa membawa mobil kesayangan ke bengkel. Lakukan pembersihan secara menyeluruh. Mulai dari bagian eksterior hingga interior. Cuci mobil kali ini perlu dilakukan secara mendetail. Terutama pada celah atau kolong mobil sebagai tempat menumpuknya debu.

  1. Lakukan Penggantian Oli Jika Diperlukan

Agar performa mobil selalu bagus, sebaiknya Anda juga melakukan penggantian oli. Mudik yang memakan waktu perjalanan lama biasanya akan memiliki sedikit masalah pada bagian oli. Namun, bagian ini sering dilupakan oleh para pemilik mobil. Mereka cenderung memperhatikan bagian yang kelihatan saja. Bagian yang tidak terlihat segera diabaikan.

Selain waktu tempuh, jarak yang jauh, tingkat kemacetan juga mempengaruhi sehat tidaknya kondisi oli. Anda bisa memperkirakan ketiga faktor tersebut sebagai tolak ukur untuk mengganti oli. Apalagi mesin mobil selalu hidup walaupun dalam kondisi macet.

  1. Jalanan Rusak? Lakukan Spooring Roda

Selain macet, kondisi jalan yang rusak juga tak dapat dielakkan. Jalanan yang berlubang dan berbatu tentu akan menghantam bagian roda mobil. Akibatnya roda menjadi tipis, atau bahkan bocor. Agar kondisinya tidak bertambah parah, Anda bisa melakukan spooring roda. Tapi ingat, Anda harus melakukan pengecekan terlebih dahulu pada kaki-kaki mobil sebelum spooring roda. Hal ini penting agar Anda tidak bolak-balik membawa mobil ke bengkel.

Agar mudik lancar, merawat mobil saat mudik itu sangatlah diperlukan. Perawatan dapat dilakukan sebelum atau bahkan sesudah mudik. Demi terwujudnya mudik aman nyaman, jangan lupa pula untuk memperhatikan semua komponen mobil. Tidak hanya bagian terlihat saja, tapi juga pada bagian yang tak terlihat. Itulah 7 tips penting info mudik yang perlu Anda perhatikan.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Previous Post Info Mudik : Cara Biar Perjalanan Mudik Aman dan Lancar Naik Kendaraan Mobil Pribadi
Next Post Info Mudik : Panduan Berkendara Mobil Aman, Nyaman, dan Lancar Saat Arus Balik Mudik

Tinggalkan Balasan