Bagi anda pemilik mobil suzuki SX4, apakah akan pernah mengalami masalah pada cooling Fan pada mobil mati, Ac mobil tidak dingin, bahkan sampai Extra Fan Ac mobil meleleh. Ini bukan soal kebetulan, masalah ini hampir dialami oleh semua pemilik mobil suzuki SX4. Penyebabnya adalah motor fan yang bekerja terlalu overheat sehingga menyebabkan daun kipas dan shroud fan meleleh.

Anda tahu apa solusi terbaiknya? Bukan menggantinya dengan merek bawaan mobil suzuki SX4, sebab jika anda mencoba menggantinya dengan merk asli alias yang original yakni Extra Fan merk mitsubishi ini tergolong rewel, pengalaman kami sering ketemu usianya hanya bertahan 3 – 12 bulan, setelah itu meleleh lagi. walahh..walahhh
lalu, bagaimana solusi terbaiknya?

Extra fan merupakan tambahan fan komponen Ac mobil pada sistem pendingin mesin yang digerakan oleh tegangan listrik. Seperti kita tahu, ekstra fan pada Ac mobil berfungsi membantu untuk mendinginkan kondensor saat Ac mobil bekerja. Tujuanya sederhana, agar proses kondensasi di dalam kondensor bekerja dengan baik. Tetapi akan berakibat kerusakan fatal, terutama sangat mempengaruhi kenyamanan anda jika fungsi ini tidak ditunjang dengan ekstra fan yang memadai.

Extra fan diandalkan sebagai alat bantu pendingin kondensor AC dalam mengoptimalkan kondensasi gas freon (high pressure) menjadi zat cair. Cara kerja ekstra fan adalah dengan cara mengalirkan udara segar dari arah depan kendaraan. Ekstra fan juga membuang panas yang dihasilkan oleh kondensor dan radiator mesin. Sehingga menghasilkan hawa sejuk dalam kabin, walau di siang hari atau kondisi jalanan macet.
dengan kinerja fan yang normal maka membuat kinerja kompressor lebih ringan

Fatalnya, salah satu kelemahan Extra Fan AC Mobil Suzuki SX4 adalah mudah sekali lumer atau meleleh. Penyebab Extra Fan Ac mobil meleleh pada Suzuki SX4 seperti kebanyakan kerusakan pada ekstra fan Ac(motor fan) lain, ekstra fan mobil Suzuki SX4 mudah konslet dan mengakibatkan motor menjadi panas (overheat), akibatnya daun kipas lumer dan meleleh.

Extra Fan AC Mobil SX4 merek Denso: Solusi Extra fan Ac Mobil Meleleh

Solusi yg terbaik untuk menyelesaikan masalah Extra Fan AC Mobil meleleh adalah menganti Extra fan menggunakan Merk Denso yang di buat khusus untuk mobil suzuki SX4.

Perlu diketahui, bahwa anda tidak perlu meragukan merek denso. sebagian besar mobil jepang yg ada di Indonesia mempercayakan urusan Ac pada merek denso.
yang mendominasi pasar domestik mobil di tanah air seperti toyota, honda dan Daihatsu, suzuki sampai saat ini masih mengadopsi denso untuk ac mobilnya.
Selain merek danso sebenarnya ada pula merek sanden, HCC, Valeo, dll.
dari hasil pengamatan rotary bintaro tentang mobil sx4 sejak tahun 2011, untuk Extra Fan AC Mobil Suzuki SX4, merek denso adalah pilihan terbaik.
Silakan anda coba buktikan sendiri.

hampir jarang sekali kita menemukan fan ac mobil Toyota, honda atau Daihatsu dengan kasus Extra Fan AC Mobil meleleh atau lumer.

Solusi Sederhana ketika Extra Fan Meleleh

Bagi anda pemilik mobil dengan ekstra fan AC terpisah, jika fan ac mati / meleleh, sebaiknya anda matikan ac agar tidak terjadi over heating pada tekanan freon yang dapat mengakibatkan jebol pada kompresor.

Anda juga harus mengingat, bahwa semua part pada kendaraan haruslah diservis secara rutin untuk mencegah resiko kerusakan yang lebih besar. Jangan percaya mitos yang beredar seputar Ac mobil yang tidak memiliki kebenaran, silakan baca ulasan mengenai 7 Mitos dan Fakta tentang AC Mobil yang Harus Anda Ketahui!

Previous Post Cara memasang filter kabin pada Nissan Grand Livina
Next Post Koran KOMPAS Edisi 24 Januari 2014

8 Comments

  1. Ari priyono - 2017-07-09 22:57 Quote

    Om, utk blade fan nya saja.
    Mobil nya suzuki vitara 1994 apakah utk merk denso masih ada stock

    • Admin - 2017-07-10 15:21 Quote

      Ada pak, silahkan cek email..
      Thx

  2. Adi s - 2017-07-22 12:11 Quote

    Betul banget ulasan Bp diatas. Seperti yg telah sy alami, namun kipas punya sx over ku ga sampai meleleh, cuma motornya aja yg mati. Nah skrg sdh sy ganti extra van dg Denso, tp ko bunyi kipasbya kenceng banget, ga alus ky yg pake mitsubishinya… Tks.

    • Admin - 2017-07-23 00:28 Quote

      Suara yg bpk rasa kencang itu karena putaran RPM motor denso sx4 memang lebih kencang dari bawaan nya..

      Kalau dianalogikan, seperti kita menghidupkan kipas angin speed 1 pasti suara akan lebih halus dibanding speed 2.
      Walaupun denso dan bawaan motor sx4 tdk sampai 1 berbanding 2 gitu, semoga analogi itu bs lebih mudah di mengerti..
      Terima kasih.

  3. ronald - 2017-08-05 14:14 Quote

    Siang pak, saya punya suzuki x over, saya mau tanya fan radiator itu sama atau tidak dengan extra fan? Untuk harganya di kisaran berapa? Tks

    • Admin - 2017-08-05 17:15 Quote

      kalau fan ac itu letaknya sejajar dengan kursi supir.
      kalau fan radiator itu letaknya sejajar dengan kursi penumpang.

      untuk fan sx4 yg sering masalah atau melelh itu yg posisi nya depan supir..
      saat ini yg masalah pada mobil pak ronald yg posisi mana?
      thx

  4. Hamdan - 2017-08-06 18:47 Quote

    fan ac langsung nyala saat ac dinyalakan ya?
    mobil saya sx4,saat saya nyalakan ac & buka kap mesin mobil,saya lihat hny fan seblah kiri yg berputar,apa itu indikasi kalo fan ac bermasalah atau rusak?

    • Admin - 2017-08-06 22:45 Quote

      Fan yg sebelah kanan harus nya juga hidup ketika ac on, jika tdk nyala bs ada kemungkinan motor nya yg masalah..
      Lebih baik mbl silahkan dibawa ke bengkel Rotary Bintaro dulu aja, nanti kami bantu cek dan analisa dulu kerusakan nya itu darimana penyebab nya..
      Setelah itu akan kami buatkan estimasi detail, jika customer setuju baru akan kami keluarkan spk untuk dilakukan pekerjaannya..

      nb : check gratis!

Tinggalkan Balasan