Kebiasaan Buruk Ini Membuat Service AC Mobil Sia-Sia - Rotary Bintaro - Bengkel AC Mobil & Supplier Spare Part AC Mobil

Sudah Service Berkala Tapi AC Mobil Masih Sering Rusak?

Service berkala untuk AC mobil umumnya di lakukan setiap 10.000 km atau minimal setahun sekali agar performa AC mobil dapat bekerja maksimal dan mesin AC tidak cepat rusak. Tapi Apa jadinya kalau AC mobil rusak sebelum masa service berkala? Hmmm, Sepertinya kita harus memperhatikan hal hal dibawah ini, agar service AC mobil kita tidak sia-sia juga menekan pengeluaran service AC yang mana harga service AC mbil tergolong tidak murah jika kerusakan sudah fatal,

1.Parkir Dibawah Terik Sinar Matahari

Udara didalam mobil yang meningkat menyebabkan AC bekerja ekstra maksimal. Hindari parkir dibawah terik sinar matahari agar suhu dalam kabin mobil tetap terjaga. Sebagai solusi apabila kondisi parkir penuh dan kita terpaksa harus parkir di bawah terik sinar matahari, anda dapat menggunakan penutup kaca depan mobil.

Selain itu, apabila suhu dalam kabin terasa panas kita dapat membuka mobil sementara sebelum mobil melaju. Ini dapat membantu mengeluarkan suhu panas yang ada didalam kabin dengan sirkulasi udara luar.

2.Merokok Didalam Mobil

Merokok didalam mobil selain menyebabkan bau yang menempel pada pakaian yang sulit hilang. Selain itu kandungan nikotin juga dapat merusak bagian evaporator AC mobil kita. Selain itu abu rokok yang beterbangan dan masuk kedalam bagian filter AC mobil dapat menghambat sirkulasi. Selalu jaga kebersihan mobil kita adalah satu satunya solusi.

3.Memasang Pengharum Interior Mobil Berbentuk Penjepit

Memasang pengharum Interior mobil dengan bentuk penjepit sangat tidak dianjurkan. Jika penjepit patah dan masuk ke bagian dalam AC mobil anda hal ini dapat membuat sirkulasi didalam mesin AC terganggu. Gunakan pengharum interior mobil berbentuk gantung yang dapat tahan lama,selain itu bentuknya yang unik bisa di jadikan hiasan.

4.Jangan Matikan AC Dalam Jangka Waktu Panjang

Mobil kita sering ditinggal pergi tanpa pernah kita hidupkan berminggu minggu? Ada baiknya kita berfikir dua kali. Komponen didalam mesin AC berisi komponen yang mudah korosi. Selalu hidupkan AC mobil kita minimal seminggu sekali dan set kecepatan AC di angka maksimal.

5.Pilihlah Suku Cadang Original

Jangan pernah mengganti suku cadang AC mobil anda dengan suku cadang abal abal. Semua komponen didalam mesin AC mobil anda adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Jika anda nekat membeli suku cadang yang KW,bukan tidak mungkin biaya service ac mobil malah semakin besar.

 

6.Tidak Menjaga Kebersihan Kabin Mobil

Kebersihan kabin mobil merupakan hal yang sangat penting. Service AC mobil kita tentunya akan sia sia jika kita tidak memperhatikan debu di sekeliling interior mobil.

7.Jarang Mengganti Oli Kompresor AC Mobil

Oli Ac mobil masa pemakaiannya adalah selama satu tahun. Jika kita tidak pernah mengganti oli ac mobil, service berkala kita akan sangat sia-sia. Fungsi utama dari oli kompresor adalah melumasi kompresor ac mobil agar tidak cepat rusak,selain itu fungsi oli ini adalah menjaga agar kompresor tidak berbunyi keras. Indikasi dari oli kompresor yang bocor kita dapat mendengarkan bunyi kompresor yang terdengar mengorok. Solusinya kita dapat membawa ke bengkel service ac yang terpercaya.

8.Jarang Mengganti Filter Kabin

Pada beberapa case mobil mobil keluaran lama tidak dilengkapi dengan filter kabin,tapi lain halnya untuk mobil keluaran terbaru. Hampir 70% mobil keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan filter kabin. Filter kabin sendiri berfungsi menyaring debu,bakteri,asap dan juga serbuk sari. Filter kabin ini sangat penting bagi kita yang memiliki riwayat alergi terhadap debu. Perhatikan periode penggantian filter kabin mobil kita,filter kabin ini harus diganti minimal setiap jarak 10.000 km tergantung dari medan yang kita lalui sehari hari.

Jika kita berkendara di perkotaan seperti Jakarta yang tingkat polusinya tinggi, paling tidak dalam satu tahun sekalin filter kabin ini sangat direkomendasikan untuk di ganti. Jika filter kabin ini tidak pernah diganti bertahun tahun, service AC mobil kita akan sia-sia. Kenapa kita katakana seperti itu? Filter mobil yang tidak pernah diganti bertahun tahun dapat menjadi sarang bakteri. Sangat bahaya bagi kita yang memiliki alergi saluran pernafasan.

9.Tidak Melakukan Service AC Secara Berkala

Service berkala mobil anda direkomendasikan minimal setahun sekali. Service berkala ini guna menjaga udara segar dan tidak berbau dan yang terutama adalah meminimalisir biaya service AC yang membengkak. Jika kita tidak melakukan service AC secara berkala dan hanya mendatangi bengkel service AC mobil jika hanya terjadi masalah,hal ini akan menjadi sia sia karena suatu saat nanti akan timbul permasalahan yang lebih besar.

10. tidak menyadari Cooling fan Mati

Jika cooling fan mati hal ini dapat menyebabkan panas pada kondensor AC tidak terbuang,jelas ini sangat berbahaya. Hal ini dapat menyebabkan high pressure switch yang bekerja untuk memutuskan arus listrik ke magnetic clutch.

booking serviceDemikian kebisaan buruk yang membuat service AC mobil kita sia-sia. Selalu jaga kebersihan,dan lakukan service AC mobil berkala anda di Rotary Bintaro. Selain memiliki tenaga teknisi yang mahir dibidangnya,anda juga akan mendapatkan rekomendasi terbaik untuk kebutuhan service AC mobil kesayangan anda.

Semoga berguna.

Seneng bisa berbagi.

Tinggalkan Balasan