Sebelum Beli Chevrolet Captiva, Baca Kelebihan dan Kekurangannya! - Rotary Bintaro - Bengkel AC Mobil & Supplier Spare Part AC Mobil

Permintaan mobil tipe SUV kian meningkat di tanah air. Hal inilah yang akhirnya membuat perusahaan asal Amerika, Chevrolet, untuk merilis tipe SUV terbarunya yang diberi nama Chevrolet Captiva. Mobil tipe ini sudah dirilis 12 tahun silam, tepatnya di tahun 2006. Namun, mobil ini tetap diminati oleh masyarakat di tanah air karena memiliki performa yang responsif di semua tipe jalanan.

Bagi Anda yang suka berkendara di jalanan yang menanjak dan berbatu-batu, mobil ini sangat cocok untuk menemani perjalananmu. Tenaganya yang kuat mampu menerjal jalanan. Namun, pengereman yang kurang baik menjadi kendala saat Anda menjajal jalanan yang penuh rintangan. Adapun kelebihan dan kelemahan Chevrolet Captiva akan di bahas di bawah ini.

Kelebihan Chevrolet Captiva

1. Desain Interior dan Eksterior

Desain interior Chevrolet Captiva terkesan mewah dan sporty. Mobil ini dilengkapi dengan tiga baris kursi yang luas untuk menampung setidaknya 7 – 8 penumpang dalam satu mobil. Leg room atau pijakan kaki pada baris kedua patut diacungi jempol karena lebih luas dibandingkan leg room yang lain. Sehingga penumpang yang duduk di baris kedua merasa lebih nyaman selama di perjalanan.

Sedangkan desain eksterior Chevrolet Captiva juga terkesan sporty dan gagah. Penambahan foglamp yang lebih besar dan headlamp bertipe hologen membuat mobil ini terlihat lebih elit. Ditambah lagi kaca spion yang bagus dan bumper belakang yang oke. Mobil Captiva sangat cocok bagi Anda yang bergaya simple, namun stylish dan mengedepankan kualitas karena mobil ini memiliki ketiga aspek ini.

2. Mesin

Mesin Chevrolet Captiva terdiri dari dua jenis. Pertama, mesin 2.0 turbodiesel SOHC DOHC MPFI VVT dengan tenaga maksimal sebesar 152 Hp atau setara dengan 4.000 rpm, dilengkapi dengan torsi 310 Nm yang setara dengan putaran mesin bertenaga 2.000 rpm. Kedua, mesin 2.4 turbodiesel SOHC DOHC MPFI VVT dengan tenaga maksimal sebesar 141 Hp atau setara dengan 5.000 rpm, dilengkapi dengan torsi 212 Nm yang setara dengan putaran mesin sebesar 2.200 rpm.

Kedua tipe mesin Captiva ini terkenal irit, sehingga bahan bakar yang baru diisi dapat bertahan lebih lama walaupun dibawa untuk perjalanan jauh sekalipun.

3. Ruang Penyimpanan yang Memadai

Dibandingkan dengan SUV jenis lain, Chevrolet Captiva memiliki ruang penyimpanan yang memadai atau besar sehingga dapat menampung barang yang lebih banyak. Pengemudi atau penumpang dapat menggunakan ruang penyimpanan ini untuk menyimpan barang-barang pribadi yang dianggap penting, seperti: dompet, perhiasan, dan lain-lain.

4. Fitur yang Lengkap

Agar berkendara semakin nyaman, Chevrolet Captiva sudah dilengkapi dengan fitur modern, seperti: LCD touchscreen, AC mobil, dan radio. Selain itu, mobil ini juga sudah memiliki dual airbag untuk menjamin keselamatan pengemudi dan penumpang.

Fitur descent control dan hill start assist juga patut diacungi jempol. Dengan adanya fitur ini, maka berkendara pun jauh lebih mudah di jalanan yang menanjak dan terjal. Pada bagian pengereman sudah dilengkapi dengan teknologi tipe ABS dan EBD sehingga pengereman mobil jadi lebih optimal. Selain itu, pengereman mendadak juga lebih aman karena teknologi dapat meminimalisasi penguncian ban.

5. Suspensi

Suspensi bagian depan dan belakang Chevrolet Captiva juga sudah berkualitas, sehingga berkendara dengan mobil ini jauh lebih nyaman. Suspensi bagian depan dilengkapi dengan suspensi jenis MacPherson Strut dengan Coil Spring. Sedangkan suspensi bagian belakang menggunakan suspensi jenis Independent 4 Link dengan Coil Spring dan Self Levelizer.

Kelemahan Chevrolet Captiva

1. Pengereman yang Kurang

Performa mobil yang sangat gagah ternyata tidak diimbangi dengan sistem pengereman yang gagah pula. Meski teknologi ABS dan EBD yang disematkan pada mobil ini sudah optimal, namun pengendara mobil ini beranggapan kalau sistem pengereman Captiva masih kurang. Hal inilah yang menjadi seringkali menjadi bahan pertimbangan yang membuat masyarakat mengurungkan niat untuk membeli si Captiva yang gagah.

2. Pencemaran Udara yang Tinggi

Chevrolet Captiva hadir dengan dua tipe bahan bakar, yaitu bensin dan diesel. Nah, untuk yang bermesin diesel dianggap dapat menimbulkan pencemaran udara yang tinggi. Sehingga akan meningkatkan pencemaran udara, khususnya di kota-kota yang memiliki aktivitas industri yang tinggi. Seperti, Cikarang.

3. Harga Sparepart yang Mahal

Biaya untuk mengganti komponen atau spareparts mesin Chevrolet Captiva bisa dibilang cukup mahal. Hal ini akan membuat pengguna mobil ini gigit jari saat ada sparepart yang rusak. Soalnya dompet akan terkuras habis setelah penggantian sparepart.

4. Suspensi yang Keras

Suspensi yang ada pada Chevrolet Captiva ternyata tidak semulus apa yang diharapkan. Saat mengendarai mobil Captiva di jalanan yang tidak rata, suspensinya agak keras. Alhasil, mobil ini sedikit kurang nyaman saat dikendarai, terutama untuk jarak tempuh yang jauh.

Booking Service5. Material Interior Terlalu Standard

Meskipun fitur yang ada disematkan pada kendaraan ini sudah lengkap, namun material yang digunakan pada interior mobil ini masih tergolong sangat standard. Kalau dibandingkan dengan tipe mobil SUV yang sejenis, kualitas material mobil Captiva masih kalah jauh.

Demikianlah penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan Chevrolet Captiva. Jika Anda mengetahui jenis kelebihan atau kekurangan lain, silahkan komen di bawah ini.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Previous Post Fakta Menarik Seputar Mobil Honda
Next Post 7 Cara Mudah Merawat Mobil Matic Supaya Performanya Tetap Oke

Tinggalkan Balasan