Kenapa Harga AC Mobil Tiap Merek Berbeda? - Rotary Bintaro - Bengkel AC Mobil & Supplier Spare Part AC Mobil

Apa kelebihan AC mobil dengan merk yang sudah ternama?

Saat ini kualitas menjadi harga mati. Tidak hanya dalam dunia usaha tapi hal ini juga berlaku untuk konsumen. Meski godaan harga murah sering muncul. Tetapi pada akhirnya semua orang akan rela membayar dengan harga mahal. Kalau kualitas juga sesuai dengan harganya.

Begitu juga dengan urusan mobil. Ketika AC mobil Anda bermasalah, pastinya memilih bengkel AC mobil yang berkualitas. Seperti bengkel AC mobil Rotary Bintaro Tanah Kusir dan Rotary Bintaro Ciledug. Kedua bengkel tersebut sudah berpengalaman 16 belas tahun.

Nah, ketika terjadi kerusakan pastikan Anda segera menuju ke bengkel yang berkualitas untuk melakukan service AC mobil. Buat yang tidak bisa langsung ke bengkel. Kedua bengkel diatas bisa menjemput mobil Anda selama dalam radius 10 km.

Karena alasan tidak ada waktu, Anda bisa juga memanggil montir yang biasa melakukan service AC mobil panggilan. Akhirnya masalah pada AC mobil pun diketahui penyebabnya dan ternyata harus ada penggantian komponen.

Nah, selain soal waktu, ada lagi perbedaan harga AC mobil tiap merk. Di sinilah masalah lain muncul. Ternyata ada banyak merek untuk satu komponen AC mobil yang dibutuhkan. Merek A harganya lebih mahal dari merek B. Kenapa bisa ada perbedaan harga?Hal seperti ini bikin tambah bingung. Padahal, kita sendiri belum tahu berapa biaya service AC mobil yang bermasalah.

Untuk Kompresor saja, bengkel AC mobil biasanya menyediakan beberapa merek sekaligus. Tentu dengan harga yang berbeda. Dari mulai Denso, Sanden, hingga merk aftermarket seperti Fujicool juga mereka jajakan.

Alasan pihak toko adalah untuk menampung semua kebutuhan konsumen yang berbeda. Maklum tidak semua pelanggan punya ketebalan dompet yang sama. Karena itulah, pemilik toko atau bengkel pasti menyediakan pelbagai varian merek AC mobil untuk bisa memenuhi para pelanggannya.

Lalu, apa yang membuat merek A harganya berbeda dari merek B? Pada dasarnya, perbedaan harga di antara merek-merek AC mobil berpatokan pada dua hal,yaitu:

1.Bahan Material Komponen

Tidak dimungkiri kalau spare parts dengan merek tertentu punya kualitas material yang berbeda dari merek yang lain. Meski sama-sama berbahan baja, tapi kualitas baja yang digunakan punya kelas berbeda. Alhasil kekuatan dari masing-masing komponen pun tidak sama.

Kualitas bahan material yang digunakan sebuah spare parts nantinya akan menentukan umur komponen tersebut. Sebagai komponen kendaraan yang digunakan terus menerus, semakin bagus kualitas materialnya maka punya peluang untuk berumur panjang.

Tentu saja ini bukan harga mutlak. Ada faktor lain yang membantu sebuah komponen bisa berumur panjang. Faktor itu  tidak lain dari perawatan. Sebagus dan semahal apa pun sebuah komponen kalau tidak dirawat dengan baik jangan pernah berharap bisa berumur panjang.

Tapi sebuah komponen kelas dua yang dibarengi dengan perawatan maksimal justru bisa lebih awet. karena itu jangan sampe lupa untuk selalu rutin melakukan service AC mobil ya Anda. Datang saja ke sini untuk memeriksakan kondisi AC mobil agar terjaga kinerjanya.

2.Sistem Kerja Komponen

Bagi orang awam, bentuk Kompresor atau Kondensor dari merek berbeda seolah sama aja. Padahal sejatinya pasti ada perbedaan. karena setiap pabrik pasti ingin punya ciri khas tersendiri yang membedakan merek mereka dengan merek sebelah.

Tapi yang lebih penting adalah sistem kerja komponen tersebut. Spare parts OEM (Original Equipment Manufacturer) alias bawaan asli mobil umumnya punya kemampuan kerja yang lebih mumpuni. Dengan kata lain teknologi yang digunakan bisa membuat kerja komponen lebih efisien.

Ambil contoh jumlah piston dalam Kompresor antara produk OEM dengan aftermarket yang sama-sama lima buah. Meski jumlahnya sama tapi kinerja yang dihasilkan ternyata berbeda. Ketika Kompresor OEM dalam satu putaran bisa menghasilkan dua kali kompresi, produk aftermarket cuma satu kompresi saja.

Hasil akhirnya tentu saja akan terasa berbeda. Dalam kondisi idle, AC mobil OEM sudah langsung terasa nyess. Wajar banget jika kemudian produk OEM punya harga lebih mahal dari merek aftermarket.

Tidak cuma Kompresor, komponen lain seperti Evaporator atau Kondensor produk OEM juga punya kemampuan lebih baik dibanding aftermarket. Bukan semata karena buatan pabrik besar, tapi memang didesain untuk bekerja secara efektif dan maksimal hasilnya.

Sudah tidak bingung lagi ‘kan kenapa sesama komponen AC mobil bisa punya harga berbeda? Bukan karena dijual di toko berbeda, tapi memang ada faktor yang membuat merek A bisa lebih mahal atau lebih murah dari merek B.

Kalau masih bingung juga, jangan sungkan untuk mengunjungi bengkel AC mobil Rotary Bintaro yang terdekat dengan tempat tinggal Anda. Rotary Bintaro siap menampung semua masalah yang terkait dengan AC mobil sekaligus memberi solusi terbaik. Saat ini bengkel AC mobil Rotary Bintaro berada di dua lokasi, yaitu:

1.Rotary Bintaro Tanah Kusir Jl RC Veteran No.1A, Bintaro Raya, Tanah Kusir, Jakarta Selatan

2.Rotary Bintaro Ciledug Jl. Ciledug Raya No.7a-7b, Petukangan Utara, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan

3.Rotary Bintaro Kedoya Jl. Kedoya Raya No.20, RT.2/RW.2, Kedoya Sel., Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11520

Nah kalau ada yang kurang jelas. Silakan tinggalkan komentar di bawah ya.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Tinggalkan Balasan