Apa Itu AC Mobil Double Blower?

Apakah Kerugian Pemasangan AC Double Blower?

AC mobil menjadi komponen penting di dalam mobil. Bagaimana tidak, ac mobil berfungsi untuk memberikan udara dingin dan sejuk di dalam kabin. Sehingga dalam cuaca ekstrim sekalipun, kita tidak merasa panas.

Penggunaan ac mobil menjadi keharusan bagi pemiliknya. Terutama bagi mereka yang tinggal di kota-kota metropolitan dan panas, seperti Jakarta dan Semarang. Tanpa adanya ac mobil, mungkin kita tidak tahan berlama-lama di dalam mobil tersebut.

Apa Itu AC Double Blower?

Seperti namanya “double” berarti ganda. Jadi, ac double blower artinya ac yang memiliki kipas atau putaran ganda. Pada umumnya, mobil hanya dilengkapi dengan satu blower saja atau single blower. Walaupun hanya satu blower, namun ini sudah cukup untuk memberikan udara dingin di dalam kabin.

Akan tetapi, cuaca yang terlalu panas menyebabkan penggunaan single blower saja tidak cukup. Maka tak heran kalau banyak orang yang memutuskan untuk menambah jumlah blower. Sehingga udara yang dihasilkan oleh ac jauh lebih dingin. Berkendara pun lebih nyaman, karena kita mendapatkan udara sejuk dan dingin yang lebih banyak.

Apakah Kerugian Pemasangan AC Double Blower?

Penggunaan single blower sudah lebih dari cukup untuk kendaraan pribadi Anda. Apalagi jika Anda berkendara hanya seorang diri saja. Namun, ada beberapa orang yahng merasa pemasangan single blower tidaklah cukup. Sehingga memutuskan untuk menggunakan double blower.

Pemasangan double blower sejatinya sah-sah saja. Namun, ada baiknya jika Anda mempertimbangkan kegunaannya. Jangan sampai pemasangan blower tambahan malah akan menambah pengeluaran dan mubazir.

Pada dasarnya, setiap merk mobil sudah memiliki standarisasi mengenai jumlah ac pada mobil. Jadi, Anda tidak perlu menambahkan blower. Memang ada beberapa keuntungan yang diperoleh. Namun, dibalik keuntungan tersebut juga terdapat kerugian pemasangan blower tambahan. Antara lain:

1. Tarikan Mesin Bertambah Berat

Penambahan blower pada ac tentu akan menjadi beban bagi mesin mobil. Pada dasarnya, satu ac mobil saja sudah menjadi beban, bagaimana kalau dua. Hal ini akan menyebabkan mesin mobil sedikit akan terbebani. Otomatis akan menyebabkan konsumsi bahan bakar lebih banyak daripada menggunakan single blower.

Belum lagi Tarikan mesin mobil ini juga sedikit banyak akan berpengaruh pada saat kondisi jalan menanjak. Dimana mobil tidak mampu untuk melalui tanjakan tersebut dengan mulus. Berbeda jika dibandingkan saat mobil hanya menggunakan satu blower saja.

2. Performa Kendaraan Sedikit Berkurang

Tarikan mesin yang berkurang tentu akan berpengaruh pada performa kendaraan. Misalnya, menurunnya rpm dan sulit melalui jalan yang menanjak. Beberapa mobil memang sudah menggunakan double blower. Namun, mobil seperti ini merupakan mobil modifikasi, bukan bawaan dari mobilnya langsung.

Menurunnya performa tentu membuat Anda tidak dapat berkendara dengan nyaman. Kendaraan juga lebih sensitif dan tidak tahan jika dihadapkan pada kondisi cuaca apapun.

3. Boros Bahan Bakar

Pemakaian ac tentu akan menghabiskan bahan bakar yang lebih. Apalagi kalau dihidupkan pada saat perjalanan panjang. Jumlah bahan bakar yang dibutuhkan malah bertambah jadi dua kali lipat.

AC yang memiliki satu blower saja sudah membuat bensin boros. Bagaimana kalau ditambah jadi dua? Tentu saja Anda harus seing-sering mengisi bensin sampai full kalau tidak mau mobil mogok di tengah perjalanan.

4. Mobil Membutuhkan Perawatan Ekstra

Tarikan mesin bertambah berat dan menurunnya performa kendaraan tentu menjadi hal yang perlu diperhatikan. Ini artinya kendaraan membutuhkan perawatan ekstra agar bisa mempertahankan performanya seperti dulu. Jika dibiarkan begitu saja, yang ada malah kerusakan terjadi disana sini. Alhasil mobil tidak dapat digunakan secara maksimal.

5. Menambah Pengeluaran

Mobil yang membutuhkan perawatan ekstra tentu memakan biaya. Belum lagi kalau boros bahan bakar, pengeluaran tentu akan bertambah jadi dua kali lipat. Hal ini perlu disikapi dengan bijak. Kalau tidak, bisa jadi 50% dari penghasilan Anda per bulan habis untuk membayar biaya untuk kendaraan. Kalau tidak mau rugi, lebih baik pilih single blower saja.

Menambah jumlah blower pada dasarnya oke-oke saja. Namun, Anda perlu mempertimbangkan keuntungan dan kerugiannya. Jika kerugiannya lebih banyak daripada keuntungannya, lebih baik bertahan pada satu blower saja ya.

Semoga bermanfaat.

Senang bisa berbagi.

Tinggalkan Balasan