Pilih Service AC mobil atau Ganti Spare Parts?

Hati siapa yang tidak mangkel ketika tengah asyik mengendarai mobil, tiba-tiba AC mobil mati. Gerah sudah pasti. Solusi sementara tentu aja dengan membuka jendela mobil. Tapi, kalau mau menikmati lagi udara sejuk tentu harus dibawa ke bengkel untuk dilakukan service ac mobil.

Masalahnya, kita sering tidak tahu berapa biaya perbaikan atau harga service AC mobil. Apakah cukup dengan ratusan ribu rupiah saja atau bisa mencapai jutaan rupiah? Selain itu berapa lamakah AC mobil kita akan selesai diservice? Dua poin ini rasanya kerap menjadi pertanyaan di kepala Anda ketika akan pergi ke bengkel untuk melakukan service AC mobil.

Untuk mengetahui kisaran harga service AC mobil, hal pertama yang harus Anda pahami adalah tingkat kerusakan komponen ACmobil yang bermasalah. Apakah masih bisa diperbaiki atau malah sudah harus diganti? Biaya service AC mobil dengan membeli komponen baru jelas berbeda. Selisihnya bisa cukup jauh.

Sebagai bayangan, sebuah kompresor yang udah berbunyi dan dinyatakan bisa diservice maka biaya hanya sekitar 300 ribu sampe 400 ribu rupiah aja. Tapi ketika divonis harus diganti maka biayanya akan membengkak menjadi 3 sampe 4 kali lipat. Yang namanya diganti baru pastilah lebih mahal ‘kan?

Selain itu, faktor merek mobil juga berpengaruh terhadap total biaya service ac mobil. AC mobil-mobil buatan Korea seperti Kia dan Hyundai tergolong sulit diperbaiki. Ketika ada kerusakan pada Kompresor misalnya, maka jalan terbaik adalah menggantinya dengan yang baru.

Pasalnya, jeroan kompresor asli bawaan mobil-mobil Korea sulit ditemui di toko-toko onderdil. Menggantinya dengan merek lain seperti Denso menjadi alternatif terbaik. Tentu saja dengan sejumlah penyesuaian. Seperti mengganti slang penghubung yang berbeda ukuran dengan komponen bawaan asli mobil-mobil luar negeri.

Faktor lain yang turut menentukan harga service AC mobil adalah letak atau posisi komponen yang akan diservice. Semakin sulit dibongkar maka biayanya akan semakin mahal. Pasalnya, waktu yang dibutuhkan untuk membongkar, membersihkan, dan memasangnya kembali tidak sebentar.

Kompresor dan Kondensor yang letaknya berada di bagian depan mesin umumnya ga terlalu ribet dalam proses bongkar pasang. Tapi jangan salah, ketika kompresor harus dibongkar untuk dilakukan perbaikan juga memakan waktu yang lama. Berbeda jika hanya dilakukan penggantian oli kompresor saja.

Lain lagi dengan Evaporator yang berada di balik dashboard mobil. sebagian jenis mobil Harus dilakukan pembongkaran dashboard lebih dulu untuk bisa mengeluarkan Evaporator. Artinya ada pembongkaran komponen lain sebelum melepas komponen yang dituju.

Setelah berhasil dikeluarkan barulah proses service Evaporator dimulai. Dilakukan penyemprotan dengan air bertekanan agar kotoran yang menempel rontok. Barulah dilakukan pemeriksaan lebih mendetail mengenai kondisi Evaporator itu sendiri. Kalau memang cukup dibersihkan aja maka Evaporator bisa kembali dipasang.

Proses membongkar dashboard sendiri dipastikan butuh waktu yang tidak sebentar. Terlebih jika mobil yang akan melakukan service AC punya sistem dashboard yang rumit. Ada kesalahan sedikit saja saat membongkar pasang dashboard bisa berakibat runyam. Karena itulah, tingkat kerumitan dalam membongkar pasang sebuah komponen ac mobil turut menentukan total harga service AC mobil Anda. Ada faktor risiko yang harus masuk dalam total biaya.

Terakhir, jika ac mobil ternyata harus menjalani total cleaning seluruh komponen jangan harap bisa selesai cepat. Meski dikerjakan oleh banyak teknisi tetap butuh waktu yang lebih lama karna harus melakukan bongkar pasang sekaligus service pada seluruh komponen. Biaya servicenya akan menjadi yang paling tinggi dibanding service satu komponen saja.

Nah, kalo di bengkel AC mobil bergaransi Rotary Bintaro, semua hal-hal tersebut akan dibuka secara gamblang dan terbuka. Dari sejak melakukan pemeriksaan hingga didapat kesimpulan apakah ac mobil harus dilakukan service ato penggantian komponen diinformasikan dengan benar. Sehingga konsumen pun akan tahu persis berapa biaya yang memang dibutuhkan untuk memperbaiki ac mobil miliknya.

Termasuk berapa lama proses perbaikan AC mobil itu sendiri. Bisa selesai dalam waktu 3 jam atau bahkan baru bisa diambil keesokan harinya. Jangan lupa, proses antrean juga memengaruhi lama atau sebentarnya service AC mobil milik Anda. Kalau dapat antrean di belakang ya harap sabar saja menunggu giliran.

Selain di Jl RC Veteran No.1A, Bintaro Raya, Tanah Kusir, Jakarta Selatan kini Rotary Bintaro juga udah buka cabang di Ciledug. Alamatnya adalah Rotary Bintaro Ciledug di Jl. Ciledug Raya No.7a-7b, Petukangan Utara, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan

Bagaimana?

Sebagai pengguna mobil, jadi punya gambaran kan?

Kalau AC mobilnya ngadat dan minta ke bengkel. Tulisan diatas akan membantu. Sebarkan tulisan informatif ini melalui sosmed Anda ya.

Nah kalau ada yang kurang jelas. Silahkan tinggalkan jejak komentar di bawah ya.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Tinggalkan Balasan