Kisaran Harga Service AC Mobil Jakarta Barat

Berapa Perkiraan Harga Service AC Mobil?

Air Conditioner (Ac) mobil adalah hal yang paling diutamakan dalam berkendara. Mengapa? Karena dengan adanya AC mobil akan membuat pengendara menjadi nyaman dalam berkendara. Tapi, perlu diingat juga, bahwa AC mobil juga membutuhkan perawatan sebagaimana mobil. Banyak sekali pemilik mobil, melakukan servis mobil dikala AC mobil telah bermasalah atau suhunya telah menurun. Padahal seharusnya bukan seperti itu, melainkan harus diservis secara berkala jangan menunggu bermasalah atau rusak apalagi selalu memikirkan harga service ac mobil.

Bagian Ac mobil yang paling sering bermasalah dan harus selalu diservis adalah evaporator, kompresor. Di sini pada bagian harga service ac mobil masih standar dengan bengkel lainnya. Jika Anda sering melakukan servis untuk AC, maka usia kompresor Anda akan panjang dan kemungkinan untuk mengganti kompresor menjadi kecil, karena Anda selalu melakukan servis AC mobil secara berkala. Ternyata pada bagian kompresor Ac mobil, terdapat piston. Piston ini membutuhkan pelumas,  jika Anda jarang melakukan cek atau servis maka pelumasnya akan aus / habis jika terjadi nya kebocoran dan efek nya berakibat rusaknya kompresor  Ac mobil Anda. Alhasil, Ac mobil Anda tidak dapat lagi digunakan karena telah rusak. Suara rusaknya kompresor Ac mobil biasanya bunyi kasar seperti suara orang tidur yang mendengkur.

Service Ac mobil terdiri dari 2 jenis yaitu basic service, dan Advance service. Basic service ini dilakukan jika mobil Anda telah menempuh jarak sekitar 10.000 sampai 20.000 km. Pada tipe servis yang ini, biasanya bengkel Ac mobil akan melakukan pemeriksaan pada kompresor Ac mobil Anda seperti membersihkan kotoran yang menempel, mengganti oli, dan filter kabin mobil Anda. Untuk Basic Service, harga service ac mobil masih bisa dijangkau biasanya.

Sementara untuk jenis yang kedua yaitu Advance service, ini biasanya dilakukan sekitar 2 tahun sekali. Hal ini berbeda dengan jenis yang pertama, yaitu karena pada jenis perawatan yang ini banyak komponen pada Ac mobil yang harus diperbaiki diantaranya yaitu perawatan evaporator, kompresor, kondensor, receiver dryer, dan filter kabin. Karena ada banyak komponen yang harus diservis dan diperbaiki, maka waktu untuk melakukan servis menjadi lebih lama kisaran empat hingga lima jam. Berbeda dengan Basci Service yang mana Advance Service harga service ac mobil lebih besar dibandingkan dengan basic service.

Untuk harga servis AC mobil ini sangat bervariasi. Nah, buat Anda yang tinggal didaerah berikut:

a. Kebon Jeruk
b. Tanjung Duren
c. Slipi
d. Daan Mogot
e. Puri
f. Grogol
g. Meruya
h. Cengkareng
i. Joglo
j. Jalan Panjang
k. Tol Jakarta – Tangerang
l. Tomang
m. Poris
n. Kapuk

Untuk biaya service Ac mobil Jakarta Barat  ada banyak variasi harga. Biasanya, untuk jenis mobil yang merupakan keluaran dari Jepang, akan mengeluarkan biaya perawatan Ac sekitar Rp.300.000, dan untuk jenis mobil yang merupakan keluaran dari Eropa, akan mengeluarkan biaya perawatan Ac sekitar Rp.1.200.000 hingga Rp.2.000.000. Nah, biaya mobil keluaran dari Eropa lebih mahal perwatannya karena Ac mobil dari mobil Eropa memiliki pendingin yang lebih rumit jika dibandingkan dengan mobil keluaran Jepang.

Biasanya bengkel Ac mobil telah memasukkan untuk biaya penggantian freon Ac mobil. Namun ada juga sebagian bengkel servis Ac mobil yang menuliskan biaya isi freon dengan terpisah. Untuk harga service ac mobil pada bagian isi freon berkisar Rp.200.000. Servis Ac mobil ini biasanya sudah mencakup keseluruhan. Keseluruhan maksudnya adalah perawatan evaporator, pembersihan kondensor yang bisa memakan waktu 2 jam. Biaya itu hanya untuk biaya servis saja, belum masuk hitungan mengganti jika ada yang rusak. Untuk biaya penggantian kondensor berkisar diatas Rp.800.000. Untuk biaya mengganti evaporator berkisar diatas 900rban tergantung dari jenis dan type mobil nya.

Perlu diingat bahwa harga service ac mobil di atas bisa saja berubah sesuai dengan jenis mobil, kerusakan dan bengkel yang pakai jasanya. Jika Anda ingin harga yang lebih pasti, Anda bisa langsung saja datang ke bengkel servis Ac mobilnya. Jangan takut, karena jika hanya mengecek tidak akan mengeluarkan biaya alias gratis kok. Maka dari itu lakukan pengecekan Ac mobil sekarang juga.

Senang bisa berbagi.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar