Tahukah Anda Kondisi Kabin yang Kotor Akan Memengaruhi Umur Kompresor? Seperti mesin mobil, ac mobil juga harus rutin dinyalakan

Siapa yang tidak ingin ac mobilnya bisa bertahan lama? Anda juga pastin menginginkannya bukan? Tapi sayang, bagaimanapun spare parts ac mobil memang punya batas umur. Termasuk kompresor yang akan punya batas umur tertentu. Tapi bukan berarti tidak bisa dibuat lebih lama umurnya.

Apa yang harus dilakujan agar kompresor AC mobil tahan lama? Pastinya adalah melakukan perawatan yang benar dan  teratur. Inilah beberapa contoh cara perawatan kompresor AC mobil tahan lama. Silakan dipraktekan.

1.Rutin panaskan ac mobil

Jika mobil Anda jarang dipakai, biasanya mesin mobil akan dipanaskan bukan? Bisa setiap hari atau beberapa hari sekali. Begitu pula dengan ac mobil. Ketika memanaskan mobil sebaiknya ac mobil juga ikut dinyalakan. Ketika kompresor ac mobil jarang aktif maka oli yang ada di dalamnya akan mengalami perubahan. Selain itu, komponen di dalam material akan mengalami gesekan akibat kondisi oli yang sudah tidak bagus. Inilah yang mempercepat umur kompresor.

 

Kompresor AC Mobil Tahan Lama dengan Cara 7 Perawatan Ini - id.aliexpress.com

Sumber Gambar id.aliexpress.com

2.Tidak menyalakan AC pada RPM tinggi

Bagi Anda yang doyan menjajal kemampuan mobil Anda sampai batas maksimal sebaiknya mulai perhatikan kondisi kompresor ac mobil. Terutama bagi mereka yang selalu menyalakan ac ketika mobil melaju kencang. Ukuran RPM tinggi di sini adalah di atas 4.000. Karena meskipun mobil melaju kencang di jalan tol,biasanya RPM hanya menyentuh angka 3.000.

Saat kecepatan mesin sedang tinggi, otomatis putaran kompresor ikut tinggi. Masalahnya adalah ketika thermistor akan mematikan dan menyalakan kompresor setelah mengukur suhu di dalam kabin. Ketika putaran mesin sedang tinggi dan kompresor menyala atau mati itu malah mempercepat umur komponen tersebut.

3.Jangan menyalakan ac saat mobil kepanasan

Ketika kondisi kabin panas akibat diparkir bukan di tempat yang teduh, kecenderungannya pemilik mobil akan langsung menyalakan ac. Tujuannya adalah agar suhu kabin cepat dingin. Sayangnya, hal ini justru akan membuat kompresor lebih cepat rusak. Dengan suhu kabin yang panas maka kompresor punya beban kerja yang lebih berat yang artinya komponen di dalamnya bakal bekerja lebih keras.

Ketika mengalami kondisi seperti di atas sebaiknya menurunkan suhu kabin dengan cara membuka jendela dan pintu beberapa saat. Tentu saja ini tidak dilakukan sambil menyalakan ac mobil. Ketika dirasa suhu kabin sudah mulai turun dan mesin sudah dalam kondisi stabil silakan nyalakan ac kembali. Cara ini setidaknya tidak akan membuat kompresor punya beban kerja lebih berat dari kemampuannya.

4.Rutin ganti saringan udara

Saringan udara terkesan bukan spare parts ac mobil yang cukup penting. Tapi jika tidak pernah mengganti saringan udara selama bertahun-tahun hal ini justru bisa berdampak buruk bagi kompresor. Ketika saringan kotor maka proses penghisapan freon dari evaporator akan membuat beban bagi kompresor. Kalau kompresor sering dipaksa bekerja lebih keras artinya umurnya pun bakal lebih singkat.

Kompresor AC Mobil Tahan Lama dengan Cara 7 Perawatan Ini - rotarybintaro.co.id

Sumber Gambar rotarybintaro.co.id

5.Jaga kebersihan kabin

Kebersihan kabin terkesan sepele, padahal ini cukup penting untuk membuat umur kompresor bisa tahan lebih lama. Kotoran yang ada di kabin maupun karpet akan tersedot untuk masuk ke saluran ac mobil. Dengan banyaknya kotoran di dalam saluran maka kompresor akan mengalami kesulitan melakukan proses sirkulasi freon. Jangan lupa untuk selalu membersihkan kabin setiap kali mencuci mobil agar kompresor ac mobil lebih awet.

6.Matikan/Hidupkan ac mobil saat RPM rendah

Kondisi ideal saat mematikan dan menyalakan ac mobil adalah ketika mesin mobil dalam kondisi RPM rendah. Sehingga kompresor tidak kaget saat harus berhenti dan menyala secara tiba-tiba karena putaran justru sedang tinggi. Maka itu, pastikan Anda menyalakan atau mematikan ac mobil ketika RPM sedang rendah atau kondisi mesin idle.

7.Rutin service ac mobil

Selain cara-cara di atas yang bisa dilakukan sendiri, jangan sampai lupa dengan jadwal melakukan service ac rutin. Setiap 10.000 km atau 20.000 km sambangi bengkel ac mobil langganan Anda. Dengan melakukan perawatan dan pembersihkan seluruh komponen AC mobil maka kerja kompresor akan lebih ringan.

Nah, buat Anda yang belum tahu harus pergi ke bengkel mana untuk melakukan service ac mobil, silakan datang langsung ke bengkel AC mobil Rotary Bintaro. Bengkel ac mobil Rotary Bintaro jual spare parts ac mobil murah. Selain bengkel ac mobil Bintaro, kini Rotary Bintaro juga punya Bengkel AC Mobil Ciledug. Alamatnya adalah:

1.Bengkel AC Mobil Bintaro Jl. RC Veteran No.1A, Bintaro Raya, Tanah Kusir, Jakarta Selatan Telp (021) 7342209, 73880022 atau 0817870034 (Call/SMS/WA)

2.Bengkel AC Mobil Ciledug Jl. Ciledug Raya No.7a-7b, Petukangan Utara, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan Telp (021) 73889500 atau 087796009700 (Call/SMS/WA)

Perbincangan soal perbedaan harga jual spare parts ac mobil murah berkualitas atau tidak kali ini pasti ada manfaatnya. Jadi jangan ragu untuk menyebarkan tulisan informatif ini melalui sosmed ya.

Kalau ada yang kurang jelas, jangan malas untuk meninggalkan komentar di bawah  ini.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Tinggalkan Balasan