Lakukan 11 Hal Ini Saat Service AC Mobil - Rotary Bintaro - Bengkel AC Mobil & Supplier Spare Part AC Mobil

Merasa ditipu oleh montir montir nakal?

Usaha service AC mobil di zaman sekarang ini merupakan sebuah tempat yang wajib dikunjungi bagi pengguna mobil. Alasannya sederhana saja,  demi menjaga performa AC mobil. Jangan hanya sekedar punya mobil tetapi tidak mengerti hal-hal buruk yang bisa terjadi. Kalau service AC mobil di bengkel yang salah.

Lalu apa jadinya kalau bengkel yang kita kunjungi justru main akal-akalan demi meraup untung yang lebih besar?

Lakukan 11 Hal Ini Saat Service AC Mobil

Berikut tips yang dapat kita gunakan untuk mengantisipasi montir montir nakal :

1.Perhatikan Komponen / Spare Part yang Akan Diganti

Montir montir nakal acap kali mengganti suku cadang tanpa sepengetahuan. Hal ini lah yang harus diperhatikan,terutama ketika montir mengganti komponen yang sangat penting.Beberapa komponen penting yang harus diwaspadai saat penggantian adalah sebagai berikut :

a.Filter Dryer

Fungsi utama dari filter sesuai dengan namanya adalah menyaring. Tetapi tidak semata-mata menyaring saja. Filter dryer berfungsi sebagai penampung sementara freon yang telah menjadi cair oleh kondensor sekaligus penyaring dan pengering uap air di dalam sistem AC mobil.

Apabila filter ini tersumbat sudah pasti akan mengganggu kinerja AC mobil. Selalu jaga kebersihan interior mobil agar filter terjaga performa nya.

b.Katup Ekspansi

Katup ekspansi berfungsi mengatur intensitas tekanan gas freon yang dirubah menjadi udara angin dingin. Bisa kita bayangkan jika katup ekspansi tidak bekerja secara normal, maka gas freon yang dikeluarkan juga tidak akan maksimal.

c.Seal atau “O” Ring

Seal atau “O” Ring adalah komponen berbentuk cincin yang sangat lunak yang terbuat dari bahan alami atau karet synthetic. Dalam pemakaianya O-ring biasanya dikompres antara dua permukaan sebagai seal O-ring sering digunakan sebagai static seal yang fungsinya sama dengan gasket.

d.Kipas Kondensor

Kipas Kondensor ini berfungsi memberikan aliran udara dingin pada bagian refrigerant. Apabila kinerja kipas kondensor tidak bekerja secara maksimal sudah pasti akan menganggu kinerja refrigerant dan menyebabkan komponen pada refrigerant overheat.

2.Membongkar Mesin AC Mobil Dapat Berakibat Fatal

Pilihlah bengkel AC mobil yang memperbaiki tanpa harus membongkar mesin. Hal tersebut bertujuan agar performa mesin selalu terjaga. Bukan tidak mungkin apabila bengkel AC mobil membongkar mesin yang terjadi justru performa Ac mobil anda semakin menurun dikemudian hari.

3.Mintalah Penjelasan Montir Secara Rinci

Sebagai pemilik kendaraan tidak ada salahnya kita menanyakan kondisi AC mobil kita,tanyakan sedetail mungkin meski kita tidak paham betul apa yang disampaikan montir tersebut. Hal ini untuk mengantisipasi adanya kecurangan yang mungkin bisa saja dilakukan montir tanpa sepengetahuan anda. Apabila montir tidak mau menjelaskan sedetail mungkin anda patut berhati hati.

4.Perhatikan Penjelasan Montir

Teknisi yang profesional akan menjelaskan kinerja dan kondisi komponen AC mobil anda. Pehatikan penjelasan yang diberikan,agar bermanfaat seuatu saat anda mengalami kejadian tidak diinginkan.

5.Pastikan Spare Parts yang Diganti Adalah Asli

Jika memang menurut teknisi komponen AC mobil kita harus di ganti,pastikan spare parts yang anda gunakan adalah produk original. Hal ini mengantisipasi kerusakan yang akan lebih fatal jika kita mengganti dengan komponen yang KW sekalipun KW kualitas nomor 1.

6.Browsing Harga Spare Parts yang Akan Diganti

Selain mengecek kualitas spare parts yang asli dan bagus,hal yang selanjutnya harus kita perhatikan adalah cek harga spare parts. Internet menyajikan informasi yang cukup lengkap. Kita bisa mengecek mulai dari harga service ac mobil hingga suku cadang yang sesuai dengan tipe kendaraan.

7.Cek Kembali Kondisi Spare Parts yang Akan Diganti

Jika teknisi mengatakan bahwa suku cadang yang kita miliki harus diganti,cek lah kondisi suku cadang kita. Tanyakan juga apakah harus diganti keseluruhan atau dapat diganti sebagian. Kita tidak pernah tau kondisi AC mobil kita akan rusak itu artinya kita juga tidak dapat memprediksi pengeluaran tak terduga. Dengan menanyakan kondisi suku cadang paling tidak kita dapat mengetahui kapan suku cadang dapat kita ganti.

8.Mengganti Spare Parts Dalam Jumlah Banyak Perlu Dapat Perhatian Khusus

Apa jadinya jika menggantu suku cadang dalam jumlah banyak? Sudah dapat dipastikan pengeluaran untuk service AC mobil kita juga ikut akan membengkak. Agar bisa menghindari kejadian seperti ini, tanyalah montir yang mengurusi kendaraan kita. Apakah diperlukan untuk mengganti suku cadang secara keseluruhan atau hanya bagian tertentu saja. Selain itu pastikan montir yang mengurusi kendaraan kita memperlihatkan kondisi fisik dari sukucadang yang perlu di ganti.

9.Mintalah Perkiraan Biaya Maksimum

Mekanik yang baik akan selalu memberikan kisaran harga maksimum untuk biaya service AC mobil kita. Mintalah perkiraan biaya maksimum  serta rincian harga komponen dan ongkos jasanya. Karena bengkel yang baik akan bekerja kalau sudah mendapat persetujuan dari pelanggan.

10.Mintalah Suku Cadang Lama yang Diganti

Minta juga suku cadang AC mobil atau komponen lama yang diganti. Ini perlu dilakukan, bukan karena kita pelit, tapi untuk memastikan bahwa komponen atau sukucadang baru sudah terpasang dan memastikan bahwa itu sudah seharusnya diganti.

11.Coba kembali AC Mobil Anda Sebelum Meninggalkan Bengkel

Bila kendaraan sudah selesai diservice jangan lupa untuk selalu mencoba mobil kita. Apakah masih ada gejalah atau masih terasa ada ketidak beresan dengan mobil kita. Pastikan gejala yang kita rasakan semula sudah tidak terasa.

Demikian hal hal yang harus anda lakukan pada saat service AC mobil. Jika anda masih ragu untuk service AC mobil, anda dapat mencoba kualitas pelayanan dari Rotary Bintaro. Bengkel AC mobil ini menyediakan tenaga teknisi terpercaya serta fasilitas ruang tunggu yang nyaman.

Segera ke Bengkel spesialis AC mobil Rotary Bintaro dan dapatkan promo menarik yang bisa anda dapatkan.

Semoga berguna.

Seneng bisa berbagi.

Tinggalkan Balasan