Lakukan 7 Cara Ini Memperbaiki Kompresor AC Mobil Rusak - Rotary Bintaro - Bengkel AC Mobil & Supplier Spare Part AC Mobil

Bagaimana Agar Bunyi Ngorok Pada Kompresor Bisa Hilang?

Sebagai jantung dari sistem ac mobil, kondisi kompresor memang harus selalu fit. Tapi pada suatu saat pasti akan tiba situasi di mana kompresor tidak bekerja sebagaimana mestinya. Ketika kompresor rusak dapat dipastikan tidak akan bisa merasakan suhu dingin di dalam kabin.

Kalau sudah rusak segera perbaiki. Jangan sampai kerusakan merembet ke komponen yang lain. Tapi sebelumnya, harus dicermati tipe kerusakannya seperti apa. Kemudian memahami cara memperbaiki kompresor AC mobil rusak.

Lakukan 7 cara ini memperbaiki kompresor AC mobil rusak, yaitu:

1.Perhatikan Suara Dari Kompresor

Kalau kompresor AC mobil rusak. Mengganti kompresor dipastikan adalah cara terbaik untuk dapatkan 100% performa AC mobil yang dingin dan nyaman. Tapi kan mahal. Nah, itu kita perlu cari tahu kerusakannya. Masih bisa diperbaiki atau tidak?

Umumnya ciri awal kerusakan kompresor ac mobil adalah ada bunyi yang cukup keras ketika dinyalakan. Banyak yang bilang dengan istilah kompresornya ngorok, karena suaranya memang seperti orang mengorok. Ketika terdengar suara keras, dapat dipastikan kompresor sudah mengalami masalah. Jangan tunda lagi proses perbaikan kompresor agar tidak merembet ke komponen lain.

2.Perhatikan Aliran Angin AC Mobil

Cermati dan rasakan tiupan ac di dalam kabin. Rasakan perbedaan ketika mobil berada dalam kondisi idle maupun sudah jalan. Ketika dalam kondisi idle ac terasa kurang dingin tapi menjadi lebih dingin saat mobil sudah melaju artinya ada masalah dalam kompresi. Hal ini harus diketahui sebelum melakukan perbaikan. Sehingga arah perbaikan tidak  kemana-mana.

3.Perhatikan Rembesan Oli

Pastikan apakah terjadi kebocoran kompresor atau tidak. Jika ada rembesan oli di sekitar badan kompresor artinya telah terjadi kebocoran oli. Sementara untuk mengetahui kebocoran freon di wilayah sekitar kompresor bisa dengan menggunakan air sabun. Kucurkan air sabun pada titik-titik yang dicurigai terjadi kebocoran. Jika ada gelembung udara maka dapat dipastikan ada kebocoran yang mengakibatkan freon berkurang.

4.Bongkar AC Untuk Pemeriksaan Lebih Lanjut

Cara memperbaiki kompresor AC mobil rusak yang pertama sudah tentu melepasnya dari mobil. Ketika sudah dilepas, periksa kondisi magnetic clutch. Magnetic clutch yang rusak bisa mengakibatkan putaran kompresor menjadi tidak stabil. Cek kondisi magnetic clutch dengan menempelkan kabel berarus 12 volt. Ketika bagian center piece tidak bergerak, maka magnetic clutch harus diganti dengan yang baru. Lepas tiga bagian magnetic clutch lama (center piece, pully, dan spool magnet). Baru kemudian diganti dengan yang baru.

5.Lakukan Penggantian Komponen Kompresor

Ketika sudah pasti kompresor ac mobil ngorok, lepas dan bongkar kompresor. Bisa jadi bunyi kasar yang muncul karena ada kebocoran oli. Ketika kompresor kekurangan oli maka komponen di dalamnya akan mengalami gesekan kasar. Itulah yang menyebabkan bunyi kasar.

Kemungkinan ada sil yang sudah mengeras sehingga tidak bisa menahan freon di dalam saluran ac mobil. Cukup ganti sil yang sudah rusak atau mulai mengeras. Pastikan ketika seluruh bagian kompresor sudah terpasang, tidak ada lagi rembesan oli yang muncul dari badan kompresor.

6.Bersihkan Komponen Kompresor

Bisa juga bunyi keras pada kompresor karena bearing bambu berkarat. Karat inilah yang membuat kompresor tidak bisa berputar. Cara memperbaiki kompresor AC mobil rusak akibat bearing bambu berkarat ini terbilang mudah. Cukup bersihkan dengan menyemprotkan antikarat pada bearing bambu. Kemudian diamplas dengan amplas 100 (halus). Setelah semua karat dihilangkan baru oli kompresor bisa dimasukan.

7.Penggantian Kompresor AC Mobil

Setelah 6 cara diatas sudah dilakukan, maka cara terakhir untuk dapatkan performa AC mobil dingin dan nyaman adalah penggantian.

Salah satu sumber bunyi kasar pada kompresor adalah kondisi piston yang sudah mulai aus. Perhatikan juga kondisi bagian yang lain seperti dinding silinder dan klep. Jika pada dinding silinder sudah mulai terlihat baret atau aus, seperti halnya kondisi piston. Maka tidak ada jalan lain kecuali dengan mengganti dengan kompresor yang baru. Memaksakan dengan mencoba menghaluskan kondisi piston maupun dinding silinder tidak akan memperbaiki masalah.

Jika Anda merasa kurang yakin untuk membongkar kompresor ac mobil, mengapa tidak biarkan montir-montir bengkel ac mobil Rotary Bintaro yang menyelesaikannya? Didukung peralatan terkini bengkel Rotary Bintaro siap melakukan service kompresor ac mobil Anda. Tak hanya melakukan service, bengkel Rotary Bintaro juga jual kompresor AC mobil. Silakan kunjungi bengkel AC mobil Bintaro dan bengkel AC mobil Bintaro.

1.Bengkel AC Mobil Bintaro
Jl. RC Veteran No.1A, Bintaro Raya, Tanah Kusir, Jakarta Selatan
Telp (021) 7342209, 73880022 atau 0817870034 (Call/SMS/WA)

2.Bengkel AC Mobil Ciledug
Jl. Ciledug Raya No.7a-7b, Petukangan Utara, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan
Telp (021) 73889500 atau 087796009700 (Call/SMS/WA)

3.Bengkel AC Mobil Kedoya
Jl. Kedoya Raya No.20, RT.2/RW.2, Kedoya Sel., Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11520
Telp 0878 9700 9700 (Call/SMS/WA)

Perbincangan kali ini pasti ada manfaatnya buat kita semua. Jadi jangan ragu untuk menyebarkan tulisan informatif ini melalui sosmed Mas Bro dan Mbak Bro ya.

Kalau ada yang kurang jelas, jangan malu-malu untuk meninggalkan komentar di bawah ya.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

27 Comments

  1. Rasyid - 2017-05-29 15:51 Quote

    Ac mobil saya tidk dingin saat panas terik dan saat macet, kata bengkel harus ganti kompresor dn kondensorny apa benar bgtu? Starlet97,klo di rotari brp ya, biayanya

    • Admin - 2017-07-06 17:04 Quote

      saran kami supaya gak nebak2, Lebih baik mbl silahkan dibawa ke bengkel Rotary Bintaro dulu aja, nanti kami bantu cek dan analisa dulu kerusakan nya itu darimana penyebab nya..
      Setelah itu akan kami buatkan estimasi detail, jika customer setuju baru akan kami keluarkan spk untuk dilakukan pekerjaannya..

      Nb : GRATIS Check AC !!

  2. Bima - 2017-07-07 19:12 Quote

    Posisi saya di Pekanbaru, Riau.. Pada saat ac dihidupkan terdegar bunyi yang kasar dari kompresor. Bunyi ini semakin keras terdengar apabila RPM mencapai 3000. Pada saat kipas mati, hilang pula bunyi kasar tersebut. Menurut sebagian tehnisi, bunyi tersebut disebabkan oleh klahar dari kompresor. Bagaimana solusi nya om? Jujur saja saat ini saya kurang percaya dengan bengkel AC yang ada di daerah saya dikarenakan Kompressor ac tersebut baru baru saya ganti sekitar 1 thn yang lalu. Apakah ada rekanan dari Bengkel AC Rotary Bintaro yg ada di Pekanbaru utk di rekomendasikan ke saya?
    Mhn jawaban. Trim’s

    • Admin - 2017-07-21 13:51 Quote

      maaf pak bima, ini mobil apa dan thn brp?
      ketika ac on, bunyi pas posisi stasioner maupun ketika di gas semakin kencangsuara nya itu betul indikasi dari kompresor yang bunyi.
      untuk solusi nya itu setiap mobil berbeda2 pak, maka dari itu kami perlu tau ini mobil apa dan thn brp, karena ada sebagian mobil yg bs di reparasi kompresor nya dan ada sebagian kompresor yg tdk bs di repair..

  3. Agfaloch@gmail.com - 2017-07-30 13:37 Quote

    Mao tanya mimin, kondisi ac mobil sy kadang dingin, kadang gak dingin mungkin di karenakan mobil jarang pake. Tapi di bawa ke tukang service ac mobil katanya magnet di kompesor nya rusak. Mazda cx7, apa ada solusi lain selain harus ganti 1 set kompresor baru?

    • Admin - 2017-08-05 14:03 Quote

      sampai saat ini untuk spare part seperti magnetic clutch cx7 blm tersedia pak, namun jika bapak mau di akalin Lebih baik mbl silahkan dibawa ke bengkel Rotary Bintaro dulu aja, nanti kami bantu cek dan analisa dulu kerusakan nya itu darimana penyebab pasti nya..
      Setelah itu akan kami buatkan estimasi detail, jika customer setuju baru akan kami keluarkan spk untuk dilakukan pekerjaannya..

      Nb : GRATIS Check AC !!

  4. Prayoga - 2017-09-16 16:20 Quote

    Bagaimana mengetahui kondisi oli Kompresor masih bagus atau tidak?

    • Admin - 2017-09-21 19:42 Quote

      1. Oli kompresor diganti setiap 20rb km/pertahun dgn cara di flushing dgn mesin
      2. Jika oli sdh tdk bagus, bs terdengar suara kompresor ketika ac on akan terdengar suara kasar.
      3. Gejala lain juga bs menyebabkan kompresor menjadi kurang kompresi, tanda awal nya adalah ac kurang dingin ketika posisi idle, namun ketika di gas ac lebih dingin.
      4. Dll

  5. Sigit fajar - 2017-09-30 08:44 Quote

    Kompresor saya seiko seiki escudo 2.0, posisi klo start mesin pagi awal ac dingin sekali, tp klo kendaraan di pakai jalan, kompresor stop / nyala, stop nyala magnet lutch / pisaunya dengan suara mengorok &ac tidak nyala hanya angin blower saja, apalagi klo rpm tinggi hanya blower saja. Apkh bisa diperbaiki kompresornya?

    • Admin - 2017-10-06 12:49 Quote

      Lebih baik mbl silahkan dibawa ke bengkel Rotary Bintaro dulu aja, nanti kami bantu cek dan analisa dulu kerusakan nya itu darimana penyebab nya..
      Setelah itu akan kami buatkan estimasi detail, jika customer setuju baru akan kami keluarkan spk untuk dilakukan pekerjaannya..

      Nb : GRATIS Check AC !!

  6. tommy - 2017-10-01 17:16 Quote

    Min. Ada jual center piece datsun go? Klo ada berapa harganya?

    • Admin - 2017-10-06 12:43 Quote

      ada nya magnetic clutch gan, untuk fast respon silahkan hubungi kami di bawah ini :
      ‎Rotary Bintaro
      Specialist AC Mobil & Spare Parts
      http://www.RotaryBintaro.co.id
      Follow Us : @Rotarybintaro

      Cabang 1 :
      Jl.RC Veteran No.1a, bintaro raya.
      tanah kusir, Jak-Sel
      (021)7388 0022
      (021)734 2209
      0817 8700 34‎ (What’s App)

      Cabang 2 :
      Jl.Ciledug Raya No.7a-7b, Petukangan utara, kebayoran lama. Jak Sel
      12260.
      (021)7388 9500
      0877 9600 9700 (What’s App)

  7. amin - 2017-10-30 07:09 Quote

    mo tanya pak..ac waktu nyala ada bunyi kayak jangkrik di dalam kabin sebelah kiri, blower, evaparator tapi masih bunyi…

    • Admin - 2017-10-30 07:45 Quote

      Bunyi jangkrik di dalam kabin ketika ac nyala itu kemungkinan besar dari motor blower ac nya yg sdh mulai aus pak amin.
      Btw mbl apa dan thn brp??

  8. Donny hutagalung - 2017-11-15 16:48 Quote

    Numpang nanya Gan, mobil saya Honda grand Civic tahun 90, setiap isi fren hanya bertahan 3 hari, kata tukang service kompresor ac-nya bermasalah. Gimana solusinya ya gan. Kota saya di Sibolga, Sumatera Utara

    • Admin - 2017-11-15 23:14 Quote

      Freon itu pada dasarnya tdk akan berkurang / habis jika tdk ada kebocoran, karena cara kerja freon itu hanya bersirkulasi, jadi kalau terdeteksi freon kurang maka yg hrs dilakukan check kebocorannya dulu, lalu perbaiki / ganti setelah itu baru di isi kembali freonnya..

    • Admin - 2017-11-27 23:30 Quote

      Freon itu pada dasarnya tdk akan berkurang / habis jika tdk ada kebocoran pak donny, karena cara kerja freon itu hanya bersirkulasi, jadi kalau terdeteksi freon kurang maka yg hrs dilakukan check kebocorannya dulu, lalu perbaiki / ganti setelah itu baru di isi kembali freonnya..

  9. Patrisia - 2017-11-27 11:00 Quote

    Mau nanya Gan< mobil saya chevrolet spark 1.2L tahun 2011, kompresor ac-nya macet, bisa dibenerin gak Gan atau harus diganti. Saya posisi di Kalimantan Tengah

    • Admin - 2017-11-27 23:29 Quote

      Kalau sdh kompresor macet tdk bs di service gan, solusi nya hrs diganti..

  10. Wahyudi - 2017-12-07 16:52 Quote

    Kompresor Ac mobil saya ngorok, apakah harus di ganti kompresor nya, atau bisa di service. Mobil hyundai trajet

    • Admin - 2017-12-07 18:45 Quote

      bunyi nya ketika ac on atau off juga bunyi? kondisi dingin ac saat ini masih optimal atau sdh berkurang..
      Fyi : Kompresor trajet tdk bs di service, karena ketidaktersediaan spare part nya..

  11. Ahmad Sumarno - 2018-01-29 10:12 Quote

    Selamat pagi pak,
    saya Ahmad dari Jogja.
    Mobil saya avanza 2006, ya wlopun mobil lama tapi diharapkan tetp bisa jadi sarana komuter buat keluarga.
    bbrpa waktu lalu sempet betulin magnetic clutch AC yg diodanya putus di bengkel tetangga , stelah MC set-nya dilepas ternyata pulley bagian dalam sdh tidak rata dan perputaran bearingnya sdh agak kasar. apakah penggantian Pulley saja bisa dilakukan tanpa mengganti magnetic clutchnya? apakah sparepart pulley saja ada yg jual tanpa harus beli satu set?
    Terimakasih atas tanggapanya

    Salam dari Jogja

    • Admin - 2018-03-04 16:50 Quote

      halo pak ahmad, untuk komponen magnet clutch terdiri dari 3 komponen :
      – center piece
      – pully
      – spool magnet

      dari ketiga komponen tsb yg tdk bisa di beli eceran hanya pully saja, justru yg di jual ecer spool magnet dan center piece, jika bapak mau akali mungkin bs diganti bearing yg sdh mulai kasar, lalu permukaan pully yg tdk rata di bubut kembali jika memang masih memungkinkan..

  12. Arfisa - 2018-02-15 12:02 Quote

    Apakah kompresor daihatsu all new xenia 1.3 bisa diperbaiki / diservis ya?
    Magnetic clutch itu kalau diganti memang harus 1 set atau bisa per pieces / bagian?
    Terima kasih.

    • Admin - 2018-03-04 15:19 Quote

      spare part kompresor denso diatas thn 2004 sdh menggunakann type S, dan sampai saat ini denso belum menyiapkan spare part nya sama sekali, sehingga kita tdk bs lakukan service..
      magnet clutch kalau diganti sebaiknya diganti 1 set diantara nya :
      – Spool
      – pully
      – center piece
      karena jika magnet clutch sdh mulai aus, maka spool itu sdg lemah, dan untuk komponen pully dan center piece itu karena cara kerja nya bergesekan terus maka pasti akan terkikis habis dan aus

  13. Trheey - 2018-03-04 22:31 Quote

    Ass, admin numpang nanya, mobil saya Avanza 2008, kemaren AC sy pass di on g ada ada bunyi “TEK” ttp sblmbya AC sy normal, akhirnya sy coba cek Freon nya, ada, cek Kompresornya dgn cara di sambungkan ke bateray/AKI magnetic cluth nya bagus, coba cabut soket yg di kompresor trus AC di ON kok RPM ny tetp konstan,tdk berubah, mohon pencerahannya kang admin…. makasih sebelumnya….

    • Admin - 2018-03-05 21:46 Quote

      ini kemungkinan masalah pada kelistrikannya :
      – kabel
      – relay / sekring
      – thermistor
      – dll
      hrs di periksa detail dulu jalur listrik mana yg tdk terhubung, setelah itu baru bs kita simpulkan apa pemasalahannya..
      tx

Tinggalkan Balasan