Bagaimana Cara Membersihkan Filter Udara pada Mobil?          

Bagaimana Cara Memasang Filter Udara pada Mobil?

Apa jadinya ac mobil tanpa adanya filter udara? Selaku pemilik mobil, kita sudah tahu kalau filter udara memiliki tugas yang sangat penting dalam sistem kerja ac. Filter udara berfungsi sebagai penyaring udara yang masuk dan udara yang keluar. Alhasil, udara yang dihembuskan di dalam kabin menjadi lebih bersih dan sehat.

Kenyataannya, tidak semua ac mobil dilengkapi dengan filter udara. Anda akan sulit untuk menemukan filter ac pada mobil yang diproduksi tahun 2005 ke bawah. Sedangkan untuk mobil pabrikan 2005 ke atas, rata-rata sudah dilengkapi dengan filter ac sesuai dengan merek dan tipe dari mobil itu sendiri.

Bagaimana Cara Membersihkan Filter Udara pada Mobil?       

Setiap komponen dalam mesin mobil tidak bisa terhindar dari namanya “kotor”. Entah itu kotoran karena debu ataupun potongan plastik. Hal ini juga terjadi pada bagian filter udara atau evaporator. Bagian ini bahkan sangat rentan terhadap debu dan kotoran. Kenapa? Karena komponen ini merupakan jalur masuk utama dalam sistem kerja ac. Setiap udara yang masuk akan disaring terlebih dahulu melalui evaporator, lalu dilanjutkan ke komponen lainnya di dalam ac mobil.

Aktivitas debu dan kotoran yang terlalu banyak tentu akan menghambat sistem kerja dari evaporator. Tersumbatnya evaporator akan menyebabkan hembusan udara terasa pelan, udara yang dihembuskan juga tidak lagi bersih dan sehat.

Agar terhindar dari penyumbatan, maka evaporator perlu dibersihkan secara rutin. Cara membersihkan evaporator, antara lain:

1. Buka Filter AC Mobil

Langkah awal yang perlu Anda lakukan yaitu membuka filter ac mobil. Namun, ada baiknya jika Anda mematikan mesin mobil terlebih dulu ya. Setelah itu, barulah membuka filternya. Filter ac biasanya terletak di bagian belakang glove box. Kalau Anda kesulitan menemukannya, Anda bisa melihat bagian ini di buku manual mobil. Tata cara untuk membuka filter ac juga ada disana. Jadi, pembukaan filter ac akan lebih mudah.

Selanjutnya, siapkan kaleng spray pembersih dan selang sprayer. Sambungkan selang sprayer mendekati blower ac, dan pasanglah dengan ketat agar spray pembersih yang akan disemprotkan nanti pas mengenai blower. Dengan demikian, tidak ada spray pembersih yang tumpah di lantai.

2. Nyalakan dan Setting AC Mobil

Apabila selang sprayer sudah mengenai blower, nyalakan mesin mobil seperti biasanya. Diamkan mesin mobil selama beberapa detik, lalu  nyalakan ac mobil.  Putarlah ac ke suhu yang paling tinggi atau hembusan blower paling kencang. Kenapa? Agar Anda tahu keadaan evaporator yang sesungguhnya. Kalau hembusannya pelan, itu berarti jumlah debu dan kotoran yang ada di dalam ac sudah menumpuk. Mekanisme ini bisa Anda lakukan untuk kedua tipe blower,  single blower dan juga double blower.

3. Semprotkan Cairan Pembersih Evaporator

Nah, setelah semuanya sudah siap, semprotkanlah cairan pembersih evaporator ke bagian blower sampai habis. Kenapa sampai habis? Agar kotoran yang lengket dan mengendap pada blower dapat terangkat secara menyeluruh. Sehingga evaporator kembali bersih, kinerjanya juga maksimal.

Anda dapat membeli cairan pembersih evaporator di bengkel khusus ac mobil. Harganya juga sangat terjangkau, mulai dari Rp 20 ribuan. Harga setiap cairan pembersih tentu saja berbeda trgantung dari merek dan kualitas dari cairan pembersih itu sendiri.

4. Memasang Kembali Filter AC Mobil

Setelah semua debu dan kotoran terangkat, pasang kembali evaporatornya dengan benar. Usahakan setiap sisi ke sisi lain terhubung dengan baik. Lalu, biarkan ac mobil menyala selama 15 menit untuk memastikan apakah hembusan ac mobil sudah dingin atau tidak. Kalau hembusannya masih pelan, itu berarti ada kerusakan pada bagian evaporatornya. Sehingga Anda perlu membawa mobil ke bengkel khusus ac mobil untuk penanganan lebih lanjut.

Bagaimana Cara Memasang Filter Udara pada Mobil?

Mobilmu tidak dilengkapi dengan filter udara? Tenang saja! Anda bisa memasang filter udara pada sistem pendingin agar udara yang dihembuskan juga semakin bersih. Mau tahu cara memasang evaporator? Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Pertama-tama, parkirkanlah mobil Anda di tempat yang aman. Aman berarti terhindar dari paparan sinar matahari. Tujuannya supaya suhu mesin tetap stabil saat proses pemasangan evaporator
  • Atur gigi mobil Anda ke gigi pertama, khususnya untuk mobil manual
  • Selanjutnya, bukalah kap mesin mobilmu. Lepaskan kap tersebut secara perlahan beserta semua tuas-tuasnya. Tempatkan semua tuas mobil ke dalam satu wadah khusus agar proses pemasangan kembali kap yang sudah dibuka tadi menjadi lebih mudah
  • Ambil besi penyangga untuk mengangkat dan menahan bobot dari kap mobil
  • Carilah letak lubang filter udara atau evaporator. Letak evaporator berbeda untuk setiap jenis mobil. Pada umumnya, evaporator terletak di bagian atas mesin mobil. Untuk mobil yang berkaburator, letak evaporatornya ada di bagian bawah yang memiliki penutup putaran besar. Nah, untuk mobil injeksi, evaporator biasanya terletak di grill depan yang berbentuk persegi panjang
  • Lepaskan cover filter udara. Adapun bagian yang perlu dilepaskan, seperti: penjepit dan wing nut
  • Selanjutnya, keluarkan filter udara dari tempatnya. Lakukan secara perlahan agar filter udara tidak jatuh dan merusak komponen lainnya di dalam ac mobil
  • Ambil filter ac atau evaporator baru. Pastikan evaporator baru tersebut memiliki karet atau Kenapa? Karena seal ini berfungsi sebagai pengencang agar tutup evaporator tidak pindah kesana kemari
  • Pasanglah evaporator dengan teliti sesuai dengan tempatnya. Lalu, pasang kembali tutup atau cover filter udara
  • Nyalakan ac mobil dan rasakan hembusan udaranya

Pada dasarnya, pemasangan evaporator tidaklah sulit. Bagi Anda yang menguasai ilmu tentang otomotif, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Kalau yang tidak tahu otomotif, gimana? Anda bisa langsung membawa mobil Anda ke bengkel milik kami yang berlokasi di Kedoya, Jakarta Barat.

Semoga bermanfaat.

Senang bisa berbagi.

Previous Post Perawatan Yang Tepat Dapat Memperpanjang Usia Thermostat AC Mobil Anda
Next Post Radiator AC Mobil Rusak? Apa yang Harus Anda Lakukan?

Tinggalkan Balasan