Magnetic Clutch Penyebab AC Mobil Demam (Kadang Panas Kadang Dingin)

Apa itu magnetic clutch?
Magnetic clutch disebut juga kopling magnet pada kompresor ac mobil yang berfungsi untuk menghubungkan putaran mesin mobil dengan kompresor AC mobil.

Pada magnetic clutch terdapat puli yang berputar terus-menerus mengikuti putaran mesin dengan terhubung melalui tali kipas, di bagian sebelah dalam puli tersebut terdapat Spul, jika alat ini di aliri arus listrik akan terbentuk medan magnet yang akan menarik center piece dengan menghubungkan putaran puli dan bidang singgungnya akan bergesekan dan saling melekat dalam satu unit untuk memutar kompresor sesuai dgn putaran mesin.

Baca juga : 10 Faktor Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Magnetic clutch itu terdiri atas 3 bagian : Center Piece, Pully, dan Spul Magnet.

MAGNET-CLUTCH-TERPASANG-DI-MOBIL

Pernahkah Anda mengalami AC mobil yang tadinya dingin normal-normal saja. Namun tiba-tiba seketika menjadi panas, sehingga harus membuka jendela.

Baca juga : Kenali Gejala AC Mobil Rusak

Bisa jadi itu karena magnetic clutch yang masalah!!

Yuk mari kita kenali ciri-ciri magnetic clutch masalah, sbb :
1.Blower dalam kabin tetap hidup, namun ac tdk dingin.
2.Pada saat tiba2 ac menjadi panas terkadang RPM mesin naik hingga diatas 1.000 RPM.
2.Pada kebanyakan kasus keluhan ini muncul ketika jalan macet. Waktu mobil jalan merayap pengemudi akan mengeluhkan AC mobil yang tadinya dingin tiba-tiba menjadi panas. Namun setelah dimatikan tombol AC mobilnya sesaat ketika jalanan sudah lancar AC mobil bisa dingin kembali, dan itu bisa terjadi berulang2 terus.

1.Terdengar suara gesekan besi beradu “srroogg” , lalu kelamaan AC mobil tidak dingin tiba2 disertai Bau gosong / sangit.
2.Pada kasus lain, juga ada yg pernah mengalami ketika mobil jalan kencang di tol AC mobil menjadi tiba-tiba panas juga.

RPM-NAIK-DIATAS-1.000

Sudah ada yang pernah mengalami dengan ciri-ciri diatas???

Pada dasarnya ketika kita hidupkan ac dari switch pasti akan mengirim arus listrik ke 4 komponen ini secara bersamaan :
1. Motor Blower
2. Motor fan
3. Idle up (alat untuk menaikan gas mesin apabila ac on)
4. Magnetic clutch kompresor

Apabila keluhan magnetic clutch ini sedang kumat, biasanya motor blower bagian dalam tetap hidup. Motor fan AC mobil bagian luar mesin juga tetap hidup dan RPM mesin bisa juga akan naik

Diatas angka 1 (1.000 rpm) itu karena sinyal listrik dari saklar dalam tetap menyuplai ke 4 komponen diatas, tapi karena magnetic clutch nya tdk jalan maka beban dari kompresor ke mesin tidak ada sehingga membuat gas mesin nge loss dan naik diatas 1.000 RPM.

CEK-STRUM-MAGNET-CLUTCH-DENGAN-TEST-PEN

Cara menganalisa magnetic clutch rusak itu yaitu dengan cara memberikan arus listrik 12 volt langsung dari aki ke magnet clutch.
Jika center piece tidak tertarik saat di berikan aliran arus listrik berarti magnet clutch terdeteksi bermasalah.

Atau dengan cara lain, test kabel Strum (+) yg menuju ke magnet dengan menggunakan Test-pen apakah strum (+) stand by ketika ac on, jika Strum (+) ada, namun kabel tsb di colok ke magnet clutch tidak bisa hidup itu sudah dipastikan magnetic clutch masalah.

Temukan solusi permasalahan AC mobil anda selengkapnya di sini;
1.Apa Gejala Magnetic Clutch Bermasalah?
2.Bagaimana Mengatasi Magnetic Clutch Bermasalah?

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi

8 pemikiran pada “Magnetic Clutch Penyebab AC Mobil Demam (Kadang Panas Kadang Dingin)

  1. Mobil tua taruna saya demikian, kecepatan tinggi tiba2 ac panas. Apa mungkin dari magnetic clutch nya ?
    Untuk hal tsb bisa diservis atau harus ganti ? Mohon jelaskan estimasi biayanya yaa.
    Tks

  2. MOBIL PEUGEOT 306 SAYA BIASANYA AC DINGIN TIDAK ADA MASALAH,BARU BEBERAPA HARI INI ADA BUNYI KASAR SAMA PERCIKAN API DI MAGNET ATAU SPOOLNYA.KIRA-KIRA KALO SERVICE KENA BIAYA BERAPA?

Tinggalkan komentar