Mau Mobil Avanza Awet? Lakukan Tips Ini!

Avanza merupakan salah satu mobil yang merupakan hasil kolaborasi dari dua perusahaan raksasa di industri otomotif di dunia, yaitu Toyota dan Daihatsu. Hal ini bisa dibuktikan dari kemiripan mobil yang telah diproduksi oleh kedua perusahaan raksasa ini yaitu Avanza dan Xenia. Kalau jalan berdampingan dan ditutup logo perusahaannya, pasti orang-orang akan menyangka kalau kedua mobil ini satu merk dan tipe.

Meskipun keduanya hampir mirip, tapi popularitas Toyota Avanza lebih tinggi dibandingkan Xenia. Hal ini bisa dilihat langsung dari angka penjualan Avanza yang terus-menerus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Sejak diproduksi tahun 2003 sampai sekarang, setidaknya ada 100.000 unit Avanza yang telah laku terjual di tanah air.

Meskipun populer dan disukai masyarakat, mobil Avanza ternyata tidak luput dari kerusakan. Sehingga pemilik mobil ini perlu melakukan perawatan rutin agar mobil Avanza awet dan tahan lama. Jenis-jenis perawatan yang bisa dilakukan adalah.

1. Memanaskan Mesin Sebelum Digunakan

Mesin merupakan motor paling utama pada sebuah mobil agar mobil bisa bergerak. Mesin mobil Avanza sendiri termasuk sangat rentan terhadap kerusakan, dimana mesinnya menjadi lebih sulit dihidupkan saat cuaca dingin. Maka penting bagi pemilik Avanza untuk rutin memanaskan mesin mobil sebelum dipakai bepergian.

Memanaskan mesin bertujuan agar oli dapat mengalir secara optimal sampai ke komponen-komponen terkecil pada mesin mobil. Lama pemanasan mesin berkisar 5 – 10 menit saja sebelum akhirnya mobil dibawa untuk menemani aktivitas.

2. Mengganti Oli Mesin Secara Rutin

Oli berfungsi sebagai pelumas pada mesin agar gesekan pada komponen-komponen di dalam mesin menjadi halus dan tidak bertabrakan. Akan tetapi, oli tersebut perlu diganti secara rutin setelah beberapa bulan pemakaian agar mesin mobil lebih awet dan tahan lama.

Hindari pemakaian oli kelas bawah alias “murahan” karena oli jenis ini malah akan mempercepat umur mesin mobil. Lebih baik gunakan oli mesin yang benar-benar berkualitas dan telah teruji. Meskipun harganya mahal, tapi oli mesin yang berkualitas dipercaya dapat membuat mesin lebih awet dan tahan lama.

3. Mengganti Komponen Lain

Mobil Avanza memiliki banyak komponen, diantaranya: sistem bahan bakar, oli mesin, timing belt, oli roda gigi, minyak rem, dan masih banyak lagi. Komponen ini juga perlu mendapat perhatian khusus yaitu dengan mengganti setiap komponen secara rutin, misalnya satu kali setahun.

Satu komponen yang mungkin akan sedikit merepotkan, yaitu baterai. Baterai mobil terbagi atas dua jenis yaitu baterai basah dan kering. Sistem kerja kedua baterai ini sedikit berbeda. Dimana baterai basa lebih teliti dibandingkan baterai kering. Tapi dalam hal perawatan, merawat baterai kering jauh lebih mudah dibandingkan baterai basah.

Booking Service4. Membersihkan Filter Udara

Merawat filter udara pada ac mobil juga sangat perlu agar kotoran tidak tertimbun di bagian filter. Sehingga sirkulasi udara dari ac mobil akan lancar, kabin mobil pun terasa dingin dan sejuk. Penggumpalan kotoran pada filter udara dapat merusak komponen lainnya di dalam ac mobil. Selain itu, performa mobil juga lambat laun akan berkurang yang pada akhirnya dapat berdampak langsung ke bagian mesin mobil itu sendiri.

5. Mengecat Mobil Bila Sudah Pudar

Mobil yang sudah digunakan selama bertahun-tahun pasti catnya akan pudar dengan sendirinya. Itulah sebabnya kenapa perlu namanya pengecetan ulang agar mobil tetap tampil stylish dan elegan walaupun sudah berumur. Di balik mengecat mobil, Anda juga harus rajin membersihkan bagian eksterior mobil terutama bodi mobil agar warna catnya awet dan tahan lama.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Tinggalkan komentar