Mengapa AC Mobil Tiba-tiba Mati dan Tidak Dingin?

Kerusakan AC mobil memang sudah menjadi hal yang lumrah terjadi. Namun, dengan berbagai macam jenis gejala kerusakannya, tentu terkadang Anda merasa bingung mengapa bisa sampai rusak. Apakah Evaporatornya yang rusak? Apakah salurannya yang tersumbat? Lalu kenapa AC mobil tiba-tiba mati atau tidak dingin?

Dalam artikel ini, kami akan sedikit memberi penjelasan dan juga jawaban-jawaban dari beberapa pertanyaan di atas.

AC mobil sering kali tiba-tiba mengalami kerusakan, bahkan kerusakan tersebut mengakibatkan AC tidak bekerja secara tiba-tiba. Selain itu, AC mobil pun sering mengalami perubahan suhu yang menyebabkan gas yang keluar tidak sedingin biasanya. Ternyata, ada banyak sekali faktor yang bisa menjadi penyebab dari kerusakan AC mobil secara tiba-tiba. Berikut, beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab mengapa AC mobil tiba-tiba mati:

  • Sekring putus : Alasan pertama adalah karena adanya konslet pada bagian komponen AC.
  • Kerusakan pada motor fan : Kerusakan pada motor fan biasanya terjadi karena terlalu panasnya bagian bagian sistem komponen AC mobil atau Anda bisa lihat di Komponen AC Mobil dan Cara Kerjanya. Hal ini biasanya terjadi karena kipas pendingin elektrik yang AC Anda miliki mengalami kerusakan sehingga panas yang ada pada bagian kompresor tidak bisa terbuang sebagaimana Panas tersebut akhirnya terpicu untuk tidak bekerja dan mengakibatkan kompresor yang juga tidak bekerja. Dan pada akhirnya, AC Anda akan berhenti bekerja secara tiba-tiba.
  • Freon kosong : Faktor lainnya adalah karena tidak adanya gas Freon yang tersisa. Pada artikel sebelumnya, sudah dijelaskan bahwa gas Freon tidak bekerja secara statis, namun lebih bersifat berputar atau bersirkulasi. Maksudnya, gas Freon hanya akan bersirkulasi di kabin mobil Anda saja dan sebetulnya gas Freon tidak akan pernah habis. Kecuali, apabila pernah terjadi kebocoran pada bagian AC Anda, walupun hanya kebocoran kecil saja. Hal ini lah yang bisa membuat gas Freon pada AC habis dan menyebabkan kerusakan kompresor.
  • Magnetic Clutch putus : Putusnya bagian Magnetic Clutch, otomatis akan memberhentikan sistem kerja dari AC dan tentu saja kompresor pun tidak akan bekerja sebagaimana mestinya. Dengan berhentinya sistem kerja tersebut, otomatis AC mobil tiba-tiba mati.
  • Kompresor macet : Karena kompresor adalah pusat sistem kerja pada AC, tentu saja apabila terjadi kesalahan pada kompresor, hal ini akan berakibat pada bagian lainnya. Salah satunya adalah matinya kinerja dari AC mobil Macetnya kompresor biasanya disebabkan oleh kurangnya oli yang membuat kompresor tidak bekerja semulus biasanya. Hal lainnya yang bisa menyebabkan kerusakan kompresor adalah kerusakan pada Bearing puli kompresor.
  • Fanbelt putus : Putusnya bagian fanbelt mengakibatkan putusnya pula hubungan antara pulis kompresor dengan putaran pada mesin mobil Anda. Dengan putusnya fan belth, hal ini pun mengakibatkan disfungsi pada beberapa komponen lainnya pada AC mobil, seperti water pump dan juga altenator.

Baca juga : Rekomendasi Bengkel AC Mobil Yang Bagus

Beberapa hal di atas adalah beberapa faktor dan penyebab mengapa AC mobil tiba-tiba mati. Dengan mengetahui beberapa poin di atas, setidaknya kini Anda lebih paham tentang cara kerja dari AC mobil Anda, dan tentu saja apabila hal ini terjadi, sebaiknya segera bawa AC mobil Anda ke bengkel AC mobil. Hal ini harus Anda lakukan dengan segera karena kerusakan AC, terutama bocornya AC mobil, bisa berakibat sangat fatal bagi pengendara dan penumpang di dalam mobil tersebut.

Cek yuk promo Ramadhan di link ini:

http://rotarybintaro.co.id/2016/06/03/promo-spesial-ramadhan/

2 pemikiran pada “Mengapa AC Mobil Tiba-tiba Mati dan Tidak Dingin?

Tinggalkan komentar