Mesin panas / overheat, benarkah salah AC ???

Temperatur mesin naik/overheat ketika AC on ?

Lalu AC mobil menjadi kurang dingin/gak dingin ?

Apakah itu salah dari AC mobilnya ??

Jawaban :

Sudah hukumnya AC tidak akan bisa dingin ketika mesin sedang mengalami overheat, semakin tinggi temperatur mesin maka juga akan membuat suhu compressor/condensor pada AC ikutan tinggi, dan itu pasti akan membuat AC menjadi berat dan kinerjanya akan menurun.

Baca juga : Cara Mengatasi Mobil yang Overheat Dengan Mudah dan Cepat

MITOS-1-

Solusinya, cek apa penyebab naiknya temperatur mesin itu. Biasanya, penyebab temperatur mesin naik bisa beberapa faktor :

– radiator mampet/bocor

– air radiator kurang

– water pump

– termostart radiator

– fan lemah

– compressor AC berat/tekanan freon terlampau tnggi

– dan faktor lainnya

PENAMPAKAN-EXTRA-FAN-DENSO-PAJERO-SPORT-TERPASANG-DI-MOBIL.

Ketika AC on temperatur bisa naik belum tentu kesalahan terletak pada AC saja, malah faktor penyebabnya lebih banyak dari mesin loh…..

Baca juga : Apa Penyebab Tarikan Mobil Berat Saat AC Mobil Hidup dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Prinsipnya beban AC pada mesin itu memang besar, jadi apabila si mesin ada yang kurang sehat ditambah beban AC yang memang agak besar ini akan semakin terbebani.

Mungkin bisa kita analogikan seperti ini :
– AC mobil : beban tas 30 Kg
– Mesin = orang

AC-mobil

Apabila orang sedang sehat mungkin kalau disuruh bawa tas dengan beban 30 Kg, dan disuruh jalan 500 meter mungkin ok saja, tanpa keluhan. Namun apabila orang tersebut dalam kondisi kurang sehat, maka jika membawa tas dengan beban yang sama dan disuruh berjalan sejauh 500 meter, maka akan mengalami kesulitan.

12 pemikiran pada “Mesin panas / overheat, benarkah salah AC ???

  1. Nah Kalo AC nyala,trus macet dikit temperatur langsung naik, tp klo AC dimatikan temperatur normal walaupun macet parah sekalipun.apakah kerusakan masih pada mesin kah? Mohon penjelasannya min..

    • kasus keluhan ini belum tentu dari ac nya yg salah pak clayton, karena faktanya beban ac pada mesin itu emang besar.
      nah apabila kinerja mesin ada yg kurang sehat di tambah beban ac makan akan semakin terbebani.
      nah komponen mesin yang kurang sehat sehingga mempengaruhi temp mesin jadi naik ketika ac on bisa pada komponen2 dibawah ini :
      – radiator mampet/bocor
      – air radiator kurang
      – water pump
      – termostart radiator
      – fan lemah
      – compressor AC berat/tekanan freon terlampau tnggi
      – dan faktor lainnya

      Langkah awal bapak bisa coba bawa mbl nya ke bengkel mesin untuk di cek dan teliti kembali keluhan pastinya itu darimana penyebab nya..

  2. Min klo ac jazz gd3 awalnya dingin, lama lama jadi tidak dingin kenapa yaa? di buat paling dingin dan kipas di putaran 2 min..

    • halo pak pends,

      lama lama ac kurang dingin atau gak dingin sama sekali?
      gejala nya bagaimana, apakah angin mengecil atau gimana maksudnya?

  3. Permisi min numpang nanya kalo Jazz GD3 selalu kekurangan air radiator padahal semua komponennya sudah di cek dan tak ada masalah, namun hanya nambah sedikit min tidak sampai 150 ml, apa normal min atau ada yg salah?
    Makasih min

  4. Gak dingin sama sekali min, setelah tombol A/C dimatikan, putaran kipas di putar paling kencang no.4 selama 5-10menitan..
    Tombol A/C dinyalakan lagi ac jadi dingin lagi min, itu kenapa yaa?

  5. Ass… Izin tanya Om, saya pemilik Toyota Vios type G tahun rakitan 2003. Akhir-akhir ini mobil saya sering overheat setelah saya cek ternyata di karnakan ada sejenis karet ( karet buntu ) yang pecah ( rusak), tpi setelah saya ganti dengan karet yang baru hal tersebut atau terjadi lagi pada vios saya Om, sewaktu ac menyala, semakin cepat pula karet nya rusak. Dan sebulum mslh ini terjadi saya baru pasang knalpot Racing merk H*S. Tolong penjelasan nya Om, apakah ini efek dr knalpot tsb? Thx Om.

  6. Kalau temperatur normal, tapi ac di posisi nomor 3 ketika mesin rpm naik 1000 ac dingin tapi pada saat rpm turun 800 tdk terlalu dingin. Kira2 apa masalahnya min?

    • mobil/ tahun ?
      kemungkinan ac sudah kotor dan butuh service, mohon bisa di bawa ke rotary bintaro.
      bisa di cek detailnya nanti.

Tinggalkan komentar