AWAS, HINDARI MONTIR AC YANG NAKAL

Hindari Montir AC Yang Nakal – bagi Anda yang mengalami masalah kerusakan pada AC mobil tentu membutuhkan service ac mobil yang terpercaya. Besarnya biaya perbaikan AC mobil tergantung dari jenis kerusakannya, semakin parah kerusakan AC mobil Anda yang rusak maka semakin besar biaya perbaikan atau penggantian sparepart baru.

Jika Anda belum tahu menahu tentang kerusakan pada AC mobil harap berhati-hati saat melakukan service ac mobil Anda. Hal ini dikarenakan maraknya montir AC nakal. Anda patut curiga bila di tuntut penggantian sparepat dalam jumlah banyak dan dengan biaya jasa yang mahal dan terkesan ada kecurangan.

 

 

Cara menentukan kecurangan hanya dengan menggunakan pertimbangan diatas dirasa kurang tepat, karena bisa saja AC mobil Anda memang rusak parah dan harus dilakukan penggantian.

 

Kenali Kerusakan AC Mobil Anda

Untuk menghindari montir AC mobil yang melakukan kecurangan, Anda perlu mengenali kerusakan – kerusakan pada AC mobil. Jika Anda mengetahui kerusakan maka Anda juga bisa memperkirakan budget yang dihabiskan untuk perbaikan.

Tidak bisa dipungkiri banyak montir AC yang curang baik itu bengkel resmi maupun bengkel biasa. Berikut cara mengenali montir AC yang nakal :

 

 

  • AC mobil tidak dingin

Penyebab AC mobil tidak dingin pada umumnya dikarenakan oleh kebocoran pada tabung Freon atau Freon beku. Kebocoran dapat diselesaikan dengan pengisian Freon dan untuk Freon yang beku disebabkan karena adanya saluran yang tersumbat atau tertekuk.

Penggantian Freon dapat dilakukan setelah menempuh jalan sejauh 20 ribu kilometer. Hal ini dikarenakan gas didalam tabung sudah habis dan dikhawatirkan menyebabkan AC mobil menjadi tidak dingin atau sejuk.

 

 

Biaya atau tarif penggantian Freon itu tidak terlalu mahal, terlebih jika mobil hanya menggunakan single AC saja. Tarif untuk mengisi AC single itu sekitar 250 ribu sedang untuk yang double AC hanya sekitar 350 ribu. Jika di mobil Anda diatasnya ada AC itu disebut dengan double AC.

Sebelum mengisi Freon itu Anda harus memastikan bahwa isi Freon harus dibuang, evaporator dicuci dan filter harus diganti dulu agar dinginnya dapat maksimal. Terkadang montir di bengkel asal mengisi dan tidak membuang dan membersihkannya dulu.

 

  • Ada sperpart AC mobil yang rusak (tidak berfungsi dengan baik)

Dalam mengakali pendapatan, biasanya bengkel berbuat curang. Bengkel yang nakal pada umumnya akan mengkondisikan agar setiap ada service masuk harus dilakukan penggantian sparepart dalam jumlah tertentu.

Bengkel atau montir AC yang nakal biasanya akan memberikan alasan bahwa : filter AC Anda sudah robek atau AC sudah tidak layak dan perlu penggantian sparepart. Dalam meyakinkan konsumen biasanya pihak montir atau bengkel yang nakal akan menggunakan beribu alasan yang dapat mengakibatkan hal buruk jika sperpart tidak diganti.

 

 

Solusi jika Anda mengalami masalah diatas adalah dengan memastikan sendiri, dengan melihat apakah sparepart AC Anda membutuhkan penggantian sperpart baru. Apabila sperpart masih bagus dan baik sekitar 60% keatas Anda dapat melakukan penggantian pada bulan depan.

Perbedaan penting montir atau bengkel yang nakal dengan bengkel yang jujur dapat dilihat sebagai berikut :

Masalah sebenarnya : sperpart masih bagus sekitar 70%

  • Bengkel nakal, saat service akan memberitahu dan menyuruh Anda untuk melakukan penggantian sparepart dengan alasan sudah harus diganti dan mencoba menawarkan sparepart yang diragukan keawetannya.
  • Bengkel jujur, saat service akan memberikan list sperpart yang sekiranya perlu diganti dan sperpart yang perlu diganti bulan depan.

 

  • Harga dan Jasa service tidak masuk akal

Service AC memang tergolong mahal dan harga sperpartnya juga tidak murah. Anda tidak mau bukan jika harga sparepart Anda yang cukup mahal di mark up lebih mahal?. Apa yang biasanya di markup oleh mortar atau bengkel yang curang :

 

 

  • Menaikan biaya jasa yang mahal

Untuk mengetahui dan mengatasi kecurangan ini Anda harus aktif menanyakan montir dan membandingkannya dengan bengkel lainnya. Apabila jasa terlalu mahal Anda dapat melakukan complain kepada montir.

 

  • Menaikan harga sparepart

Apabila montir AC yang nakal mengetahui bahwa Anda sangat membutuhkan sparepart, maka harga sparepart akan dinaikan terlebih dahulu. Anda harus mengetahui pasaran harga sparepart dengan melakukan perbandingan harga baik melalui online maupun di bengkel lain.

 

Tips yang harus dilakukan jika Anda menemui montir atau bengkel yang nakal :

  • Jauhi montir AC yang melakukan kecurangan.
  • Awas jangan tinggal AC Anda, pastikan Anda melihat proses service atau penggantian sparepart, jika Anda merasa sparepart masih bagus bisa Anda batalkan.
  • Tegur dengan sopan montir yang terbukti melakukan kecurangan
  • Pindah bengkel lain yang lebih jujur dan kompeten

 

Intinya bengkel yang nakal akan berusaha merayu Anda agar melakukan penggantian sparepart atau melakukan penggantian sparepart tanpa pengetahuan Anda. Disarankan untuk Anda selalu mengawasi proses service AC mobil Anda agartidak terjadi hal berikut :

  • Montir mengganti spare part anda yang masih bagus dengan yang sudah rusak/palsu
  • Montir sengaja merusak spare anda yang masih berfungsi baik
  • Montir memasang kembali AC mobil anda dengan tidak sesuai dengan harapan agar kerusakan terjadi kembali.

 

Selalu awasi proses service AC mobil Anda, lakukan perbandingan harga dan ketahui kerusakan pada AC mobil Anda agar tidak menjadi korban kecurangan montir atau bengkel yang nakal.

Tinggalkan komentar