Cara Memperbaiki AC Mobil Mazda Biante yang Panas

Apa yang anda rasakan ketika terjebak macet tapi AC mobil malah panas bukannya dingin? Pasti anda merasa sangat kesal ketika berada pada situasi tersebut.

Bagi anda pengguna mobil Mazda Biante, penyebab AC mobil menjadi panas kemungkinan disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya yaitu terjadi masalah pada komponen yang bernama magnet clutch.

Magnet clutch atau biasa disebut kopling magnet merupakan sebuah bagian dari komponen kompresor. Magnet clutch berfungsi sebagai penghubung putaran mesin mobil dengan kompresor melalui puli crankshaft dengan puli kompresor. Menghubungkannya adalah dengan melalui drive belt. Fungsi lainnya adalah sebagai sistem kelistrikan pada unit kompresor dan sistem kelistrikan mobil.

Pada dasarnya magnet clutch atau kopling magnet mempunyai tiga bagian penting. Yaitu, spull magnit, pully, dan center piece. Spull magnit merupakan komponen pada magnet clutch yang letak di bagian dalam. Spull magnit terdiri dari kumparan gulungan kawat tembaga yang dilapisi isolator di bagian luarnya.

Sedangkan pully adalah komponen magnet clutch yang letaknya berada di tengah antara spull magnit dan center piece. Pada pully terdapat bearing, bearing akan merekat pada kepala silinder kompresor AC. Dengan demikian pully akan berputar secara baik dan sempurna pada poros kompresor. Dan akan mengikuti perputaran mesin mobil.

Bagian yang terakhir dari magnet clutch yaitu center piece. Komponen ini terletak di bagian paling depan sebuah magnet clutch. Fungsi center piece adalah untuk menerima ketukan daya listrik dari medan magnet.

Daya listrik dari medan magnet tersebut dihasilkan oleh spull magnit yang ada pada rangkaian magnet clutch. Pada center piece terdapat juga karet yang fungsinya untuk menahan sekaligus membuat ketukan piring pada center piece jadi berirama.

Kembali ke pokok permasalahan pada kerusakan magnet clutch. Masalah pada magnet clutch bisa diketahui melalui pengecekan. Cara untuk mengecek kerusakan pada magnet clutch adalah dengan memberi arus listrik sebesar 12 volt dari aki menuju magnet clutch. Kalau center piece tidak tertarik ketika teraliri arus listrik, itu mengindikasikan bahwa magnet clutch mengalami masalah.

Dalam kasus ini, setelah dilakukan pengecekan magnet clutch pada mobil Mazda Biante ternyata masalahnya adalah center piece terlepas dari karetnya. Itulah permasalahan yang terjadi pada magnet clutch, sehingga menyebabkan AC mobil Mazda Biante panas.

Apa Penyebab AC Mobil Mazda Biante Panas dan Bagaimana Cara Perbaikannya 2

Bagaimana Cara Perbaikannya?

Pertanyaan yang kemudian muncul dari benak para pemilik mobil Mazda Biante pasti adalah “Bagaimana cara memperbaikinya?” Sebagian dari anda tentu akan pusing untuk mengatasi masalah tersebut.

Bawa ke bengkel resmi untuk perbaikan magnet clutch saja bisa lebih dari 5jt, hahh??

Tapi bagi pemilik mobil Mazda Biante yang sudah tahu bengkel service AC mobil Rotary Bintaro dan Cabangnya di Ciledug pasti tidak akan pusing ataupun panik.

Kok bisa?

Ya, bengkel AC mobil yang direkomendasikan berbagai komunitas ini bisa mengatasi masalah tersebut dengan penanganan yang handal. Jadi anda tidak perlu khawatir, cukup bawa mobil anda ke Bintaro atau Ciledug. Bengkel AC mobil yang juga sudah diliput kompas. Para mekanik handal akan memperbaikinya supaya AC mobil Mazda Biante anda kembali dingin dengan biaya service ac mobil murah pasti nya.

Para mekanik akan memperbaikinya dengan melewati beberapa proses perbaikan pada magnet clutch. Yang dalam kasus ini adalah magnet clutch terlepas dari karetnya. Mari kita simak apa saja dan bagaimana para mekanik Rotary Bintaro memperbaikinya.

1.Pemasangan Spull atau Spool Magnet

Langkah pertama yaitu memasang spull atau spool magnet. Spool ini adalah kumparan magnet yang terdiri dari bahan-bahan seperti tembaga yang sudah dilapisi dengan isolator pada bagian luarnya.

2.Pemasangan Pully Kompresor

Setelah pemasangan spull magnet, selanjutnya adalah memasang pully kompresor. Cara pemasangannya dengan menutupi spull atau spool magnet dengan cara menaruh pully kompresor di atasnya kemudian tekan ke arah bawah. Tekan atau hentakkan sampai posisi spool berada di bagian dalam pully.

3.Pemasangan Center Piece

Center piece adalah bagian paling depan dari magnet clutch. Pertama, pasang center piece pada bagian depan atau paling luar dari pully kompresor. Untuk memasangkannya, kencangkan skrup pada setiap sisi center piece.

4.Pemasangan Selesai

Setelah semua bagian magnet clutch terpasang, periksa sekali lagi dan pastikan apakah kaitan antara spull/spool magnet, pully kompresor, dan center piece sudah kuat atau belum. Jika sudah yakin kaitan-kaitan tersebut sudah kuat maka perbaikan sudah selesai.

Dengan selesainya perbaikan pada magnet clutch, AC mobil Mazda Biante anda akan kembali dingin dan tentunya tidak panas lagi. Hanya dengan membawa mobil anda ke bengkel AC mobil Ciledug atau Bintaro, masalah pada AC mobil Mazda Biante anda akan terselesaikan dengan cepat dan anda bisa merasakan dinginnya AC mobil anda.

Semoga berguna. Senang bisa berbagi.

Previous Post Bagaimana Tutorial Cara Pemasangan Extra Fan Chevrolet Spin?
Next Post Penyebab AC Mobil Tidak Dingin di Siang Hari dan Cara Pencegahan serta Perbaikannya

2 Comments

  1. toto - 2017-01-26 22:22 Quote

    ac biante sy tdk dingin. saat awal di on kan kompresor berisik keras. apaksh bisa di service atau harus ganti baru compresornya. semntra dana sy cekak
    terima kasih. kalo mau service apkah harus reservasi dulu

    toto
    0818706118

    • Admin - 2017-01-27 00:15 Quote

      Lebih baik mbl silahkan dibawa ke bengkel Rotary Bintaro dulu aja, nanti kami bantu cek dan analisa dulu kerusakan nya itu darimana penyebab nya..
      Setelah itu akan kami buatkan estimasi detail, jika customer setuju baru akan kami keluarkan spk untuk dilakukan pekerjaannya..

      nb : check gratis!

Tinggalkan Balasan