Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Cara Memperbaiki - Rotary Bintaro - Bengkel AC Mobil & Supplier Spare Part AC Mobil

Kenapa AC Mobil Tidak Dingin?

Panas, macet, AC mobil tidak berfungsi, alias keluar angin?

Ato bahkan yang lebih ekstrim lagi. Tidak ada tanda-tanda kehidupan alias mati. Nah kalau sudah begitu, siapa yang mau disalahkan?

Diri sendiri?

Produsen mobil?

Atau bengkel langganan servis mobil Anda?

Makanya jangan tunggu sampai kejadian!

Kenapa AC Mobil Tidak Dingin?

Masih ingat kata pepatah“sedia payung sebelum hujan?

Oleh sebab itu, periksalah kondisi mobil Anda, termasuk AC-nya, secara rutin dan berkala. tidak usah tiap hari juga tidak apa-apa. Sebulan sekali atau enam bulan sekali juga sudah cukup.

Pada prinsipnya, tukang servis di bengkel itu sama dengan dokter. kalau Anda datang ke bengkel juga pasti bakalan ditanya oleh si tukang servis, “Ada keluhan apa nih!?”.Nah kalau sudah seperti itu, tidak ada acara lain selain Anda melakukan pemeriksaan sendiri (self-diagnosed).

penyebab-ac-mobil-anda-tidak-dingin-dan-cara-memperbaiki6

Bagaimana Cara Mengatasi AC Mobil Tidak Dingin?

Tapi bagaimana kalau lagi bokek?

Ato punya duit tapi terbatas alias cekak?

Hmm, bisa tidak ya melakukan service AC mobil sendiri?

Ternyata bisa banget loh!

Tetapi bagaimana caranya ya?

Nah sebelum kita bahas panjang lebar, yukmari kita simak dulu tips berikut ini.

1.Periksa kondisi AC secara rutin

Lebih baik mencegah daripada mengobati, ato dalam istilah lainnya: Periksalah kondisi AC mobil Anda sebelum rusak di kemudian hari.

Oke, tapi bagaimana caranya?

Guekan bukang tukang ac mobil?

Tidak usah khawatir. Caranya gampang kok! Tidak percaya?

Ikuti saja tips berikut ini:

a.Periksa temperatur mobil

Anda memeriksa temperatur mobil dengan menggunakan thermometer digital. Itu sangat penting.

Yup! Sebagai langkah pencegahan

Thermometer tidak hanya digunakan untuk mengukur suhu badan, tapi juga untuk mengukur suhu kendaraan bermotor. Caranya dengan mamasukkan ato menyelipkannya ke dalam grill(kisi-kisi) AC di dashboard mobil.

Thermometer Digital Kyoto KT-01-(1)-1000.png

b.Setel Angin

Setelah kita Setel angin pada posisi angka 1, lalu periksa temperatur paling dingin-nya ada di suhu berapa derajat. Note-to-self: suhu dingin ideal ada di kisaran angka 30C  sampai 80C. Biasanya pada saat suhu dingin ideal tercapai maka kompresor akan otomatis cut off.

Terus bagaimana kalau suhu sudah dibawah 30Ctapi kompresor tidak cut offcut off juga? Tenang…jangan dibanting thermometer-nya ato di-gebuk mobilnya. Itu tandanya sudah terjadi pembekuan di evaporator.

Hah??

Evaporator?

Pembekuan?

Maksudnya apaan sih?? Yang dimaksud dengan pembekuan di evaporator adalah adanya es batu yang mem-block keluarnya angin ke kabin penumpang. Hal seperti inilah yang nantinya mengakibatkanAC mobil Anda berembun.

Terus bagaimana?

Ada cara mengatasinya tidak jika sedang darurat ketika belum sempat ke bengkel ac mobil? Ada…hal tersebut bisa diatasi dengan melakukan tiga langkah berikut:

1.Setel temperature AC ke posisi off dan angin pada posisi angka 3 atau 4 (posisi  blower max);

2.Matikan tombol AC (tombol kompresor) dan Biarkan selama 3  sampai  4 menit;

3.Sekarang coba nyalakan kembali sesuai dengan prosedur sebelumnya – angin pada posisi 1 dan seterusnya. Jika masih belum dingin juga, berarti AC Anda memang minta di-servis.

Gampang kan? Ya, tapi…ada tapinya loh! Servis AC tidak berhenti sampai disitu saja. Masih ada hal lain yang perlu Anda pahami, yaitu cara kerja sistem dan komponen-komponen pembentuknya.

penyebab-ac-mobil-anda-tidak-dingin-dan-cara-memperbaiki7

Cara Kerja AC Mobil

AC atau Air Conditioning, berfungsi untuk mengkondisikan udara di dalam mobil. Apa sih yang dimaksud dengan ‘meng-kondisi-kan’? Yang dimaksud dengan mengkondisikan adalah menurunkan suhu dan mengurangi tingkat kelembaban udara dalam kabin penumpang.

Mengingat fungsinya yang berat maka AC tentunya membutuhkan enerji yaitu bensin. Ya iyalah…mayoritas mobil pake bensin lah. Betul, tapi yang dimaksudkan disini adalah ekstra bensin. Itu sebabnya, banyak orang yang demi irit bensin rela mematikan AC mobilnya.

Prinsip utama dari cara kerja sistem AC sebenarnya ada empat: evaporasi, kondensasi, kompresi, dan ekspansi. Oke mari kita lihat satu per satu pengertian dari ke-empat prinsip tersebut.

1.Evaporasi

Pernahkah Anda mengusap punggung telapak tangan menggunakan cairan alkohol?

Lama kelamaan pasti Anda akan merasa dingin. Nah, proses itulah yang dinamakan evaporasi. Lebih jelasnya lagi, pada saat alkohol ber-evaporasi maka enerji panas dari kulit Anda akan terangkat.Akibatnya? Timbul rasa dingin di bagian kulit yang terkena alkohol tadi.

2.Kondensasi

Bayangkan bahwa Anda berada dalam ruangan yang bersuhu hangat. Suhu udara di luar ruangan sangat dingin. Kemudian ada seorang yang berkaca mata masuk ke dalam ruangan Anda. Pernahkah Anda perhatikan bahwa kaca mata yang dipakainya akan berembun? Itulah yang dinamakan proses kondensasi.

3.Kompresi

Pernahkah Anda memompa ban sepeda?

Pernahkan Anda perhatikan bahwa pada saat Anda memompa, ujung dari pompa tersebut akan terasa panas?

Hal tersebut terjadi dikarenakan enerji yang dipompakan telah merekatkan molekul-molekul udara yang ada. Akibatnya?

Timbullah panas.

4.Ekspansi

Pada titik tertentu, tekanan udara yang tinggi dalam ruang tertutup akan merubah sifat zat tersebut menjadi cair. Pada saat proses ekspansi tersebut berlangsunglah, sifat panas udara berubah menjadi dingin.

Demikian penjelasan singkat mengenai cara kerja sistem AC di mobil Anda. Masih butuh penjelasan yang sedikit lebih detail yang terkait komponen AC misalnya?

Boleh…silahkan disimak penjelasan berikut ini:

gambaran-cara-kerja-sistem-ac-mobil

Apa Saja Komponen AC Mobil?

Sebelumnya kita pernah bahas tentang apa saja komponen AC Mobil dan berapa harganya.

Nah, sekarang kita bahas komponennya sebagai pendukung informasi kenapa AC Mobil tidak dingin.

Komponen pembentuk AC ada lima: kompresor, kondensor, receiver-drier, valve ekspansi, dan evaporator. Ingin kenal mereka lebih lanjut?

Mari kita bahas satu per satu:

kompresor-chevrolet-zafira-denso

1.Kompresor

Untuk Anda yang awam ato belum pernah membongkar mesin mobil, ini loh penampakan kompresor:

Kompresor merupakan roda penggerak dari sistem AC.

Pada saat AC mobil dinyalakan maka kompresor akan memompa udara dingin dengan tekanan tinggi, ke kondensor.

Ada beberapa bagian dalam kompresor yang paling sensitif alias paling sering bermasalah, yaitu:

penyebab-ac-mobil-anda-tidak-dingin-dan-cara-memperbaiki2

1.Magnetic Clutch Compressor (kompresor kopling magnet).

Kalau kompresor kopling magnet bermasalah maka AC juga akan otomatis kehilangan fungsinya. Penyebabnya bisa karna rusak ato terbakar. Selain itu, tidak berfungsinya kopling magnet ini juga berbahaya untuk komponen lainnya. Misalnya: pulley dan center piece.

penyebab-ac-mobil-anda-tidak-dingin-dan-cara-memperbaiki

Kerja ganda pada pulley dan center piece bisa membuat keduanya menjadi gampang aus. Kalau keduanya aus maka tekanan ke kompresor untuk memompa freon juga menjadi lemah.

Apa akibatnya?

AC mati dan timbul suara srogg ato ngrook pada saat AC dinyalakan. Dalam beberapa kasus, suara ngrook ini juga bisa disebabkan oleh kerusakan lainnya. Misalkan kerusakan pada cylinder head (kepala kompresor) alias sudah mulai oblak.

penyebab-ac-mobil-anda-tidak-dingin-dan-cara-memperbaiki8

2.Sekring dan relay

Fungsi sekring pada kendaraan bermotor sama dengan fungsi sekring di rumah, Peran yang dimainkan juga sama yaitu untuk pengaman arus listrik ketika terjadi konsleting. kalau sekring putus maka apa yang akan terjadi? Ato kalau terjadi kelonggaran pada sambungan-sambungan relay apa yang akan terjadi?

Otomatis arus listrik ke kompresor juga akan berhenti.

Lalu apa kira-kira akibat yang ditimbulkannya?

AC akan otomatis tidak dingin karena tidak ada sirkulasi pada freon.

penyebab-ac-mobil-anda-tidak-dingin-dan-cara-memperbaiki3

3.O-ring

Seal O-ring(karet yang berbentuk O) berfungsi untuk merekatkan sambungan antar bagian dalam AC. Kenapa sambungannya harus direkatkan? Tujuannya supaya tidak terjadi kebocoran gas freon.

Seal O-ring terbuat dari bahan dasar karet. Karna-nya komponen ini mudah robek. Penyebab utamanya dikarnakan faktor usia pemakaian.kalau sudah demikian maka tidak ada solusi lain kecuali diganti. Penggantian bisa dilakukan bersamaan dengan servis besar umumnya setahun sekali.

4.Oli kompresor

Apa akibatnya jika oli pada kompresor berkurang ato habis? Efek-nya tidak hanya akan menghambat kerja AC ternyata melainkan juga jebolnya fungsi kompresor!

Selain itu kita juga harus memperhatikan perubahan warna pada oli kompresor. Oli yang sehat berwarna bening.kalau warnanya berubah menjadi coklat ato kehitaman maka kemungkinan ada komponen kompresor yang sudah mulai tergerus.

5.Freon

Freon adalah gas yang tidak berwarna, pada ac mobil Freon yang digunakan adalah type R134@.

Dalam sistem AC mobil, freon berfungsi sebagai pendingin

Meskipun freon adalah gas, namun penting untuk diingat kalau freon ga bisa berkurang ato habis. Terus kenapa ada yang bilang kalau freon bisa berkurang? Freon berkurang hanya bila terjadi kebocoran. Lalu bagaimana dong cara terbaik untuk memaksimalkan fungsi Freon? Perbaiki dahulu kebocoran yang ada, baru kemudian mengisi ulang gas freon.

Sekedar tips untukAnda:

Pengisian ulang freon sebaiknya dilakukan setelah sistem AC di-vacuum ulang. Mengapa sistem harus di-vacuum ulang? Untuk memastikan tidak ada udara yang masih tercampur di dalamnya. Jadi kalau mau mengisi ulang sendiri mending beli dulu saja vacuum pump-nya.

Untuk memperpanjang usia kompresor, bisa dilakukan juga dengan cara mengganti filter dryer-nya setahun sekali. Biasanya saat dryer diganti, maka oli dan gas freon juga otomatis akan terbuang.

kondensor-toyota-fortuner-bensin

2.Kondensor.

Pernah lihat kondensor?

Kalau belum, seperti inilah penampakannya:

Kondensor berfungsi mengubah uap dingin udara yang bertekanan tinggi menjadi cair. Proses perubahan ini menghasilkan panas yang cukup besar. Panas ini kemudian dihilangkan dari kondensor melalui udara yang mengalir ke dalam kondensor.

Salah satu bagian penting adalah kipas kondensor.

Kipas ini berfungsi untuk mengalirkan udara. Mengapa udara harus dialirkan? Supaya kondensor bisa mendinginkan freon yang panas. Jika putaran kipas kondensor melemah ato bahkan mati total, maka AC akan overheat / bermasalah.

3.Receiver-dryer.

Zat cair yang dihasilkan di kondensor kemudian menuju ke receiver-dryer. Dalam “tempat penampungan sementara” inilah kelembaban yang ada dihilangkan. Kenapa harus dihilangkan?

Karena kelembaban ini bisa mengakibatkan kerusakan, contohnya: es yang mem-block aliran udara.

Fungsi utama dryer adalah untuk menyerap kotoran dan uap air yang tersirkulasi bersama Freon; dan bagian dari drier yang menjalankan fungsi ini adalah filter-nya. Kalau filter dari penyerap kotoran ini tersumbat. maka AC mobil akan otomatis tidak berfungsi dengan baik. Oleh karna itu, filter drier ini wajib diganti saat melakukan servis berkala.

Katup ekspansi.

Tekanan udara dari receiver-drier kemudian dialirkan ke katup ekspansi. Katup ini berfungsi untuk merubah sifat panas gas freon menjadi super dingin, sebelum masuk ke evaporator. Jika katup ini kotor ato tersumbat, maka semburan gas freongaakan bekerja secara maksimal. Apa akibatnya?

Fungsi AC gaakan maksimal alias tidak dingin tentunya.

evaporator-daihatsu-sirion-denso

4.Evaporator.

Evaporator terletak dalam kabin penumpang, tepat di atas kaki penumpang bagian depan.

Evaporator berfungsi menyerap udara panas dari kabin penumpang. Kipas blower dalam kabin penumpang akan mendorong keluar udara sehingga angin dingin bisa tersirkulasi dalam mobil. Di bagian sisi udara evaporator, kelembaban udara akan dikurangi dan embun dihilangkan.

Di akhir dari siklus pendinginan ini, kompresor akan kembali berfungsi embun dari udara dingin yang keluar.

penyebab-ac-mobil-anda-tidak-dingin-dan-cara-memperbaiki4

Tips Tambahan Seputar Permasalahan AC Mobil

Selain informasi diatas, kami juga ingin membagikan beberapa tips tambahan terkait permasalahan umum AC yang sering dikeluhkan pengendara.

1.Apa yang harus dilakukan kalau ada bau dari luar masuk ke dalam mobil saat AC dinyalakan?

Silahkan periksa busa jendela ventilator angin luar: apakah busa masih utuh atau sudah robek?

Kalau busa sudah robek, maka ada solusi lain selain diganti busa nya, jendela ventilator sirkulasi angin luar dapat di tutup / cut off sehingga udara dari luar tidak akan pernah mengalir lagi kedalam.

2.Mengapa AC mobil berbau sangit saat RPM tinggi?

Silahkan periksa lubang firewall.

Bau sangit yang timbul kemungkinan karena ada celah karet yang terbuka. Celah yang terbuka inilah yang menyebabkan udara dari mesin masuk ke dalam mobil.

3.Mengapa AC dinyalakan di posisi low, tapi hembusan angina/blower tidak berfungsi?

Silahkan periksa westarn / resistor / tahanan blower. Kemungkinan besar ada yang putus.

Untuk yang masih awam, westarn adalah istilah lain dari resistor, ato selengkapnya resistor blower AC.

4.Mengapa air AC menetes dalam kabin mobil?

Silahkan periksa evaporator box-nya. Umumnya air hasil kondensasi akan dibuang melalui selang air pembuangan yang melekat di evaporator box. Nah kalau air tersebut tidak terbuang maka air tersebut pasti akan menggenang.

5.Apa resikonya jika air menggenang?

Interor mobil akan banjir dan bau lembab jika sampai mengenagi karpet dasar.

6.Apa penyebab air AC Mobil menetes?

kemungkinan besar evaporator-nya kotor dan berlendir. Lendir ini lah yang kemudian turun dan menutupi / menyumbat selang air ac pembuangan dan kemungkinan lainnya adalah adanya kotoran yang terhisap oleh blower melalui jendela sirkulasi luar.

7.Bagaimana cara menanganinya air AC menetes ketika darurat?

tips penanganannya adalah dengan menggunakan alat bantu sejenis sumpit. Terus diapakan sumpitnya?

Sumpitnya ditusuk kedalam selang pembuangan dari arah depan. Lakukan dengan perlahan dan hati-hati agar tidak merusak evaporator.

8.Mengapa pada saat AC dinyalakan ada bunyi berdesis?

Bunyi berdesis biasanya dihasilkan oleh katup ekspansi. Ada 2 penyebab nya yaitu : expansi sudah mulai ngempos dan Kemungkinan lain adalah akibat kurangnya gas freon. Mengapa gas freon berkurang? Umumnya karna kebocoran yang mungkin terjadi pada evaporator.

9.Bagaimana cara menangani tombol pengatur setting-an tombol suhu yang macet / keras untuk di putar?

Silahkan periksa lagi karet setting-annya.

Tips untuk menanganinya adalah dengan menyemprot kawat setting-an dengan wd 40.

Sekian dulu penjelasan penyebab ac mobil anda tidak dingin dan cara memperbaiki. Serta informasi lain yang mendukung agar AC mobil tetap bisa dingin.

Semoga berguna.

Seneng bisa berbagi.

Previous Post Apakah Itu Thermometer Digital, dan Bagaimana Cara Kerjanya, dan Apa Manfaatnya untuk AC Mobil?
Next Post Bagaimana Cara Service AC Mobil Sendiri?

11 Comments

  1. Ahmad - 2017-06-26 19:35 Quote

    Bang,awalnya ac mobil sy bocor dr paking kompresor…tp stlah diganti udara dingin”y cm bertahan 2 s/d 3jam,stlah itu sy isi preon lg tetep 2 s/d 3jam udara dinginnya hilang lg trus berulang…sy bawa kebengkel ac katanya ada angin setengah, apa kah itu bener penyababnya preon tdk bertahan lama?

    • Admin - 2017-06-28 21:49 Quote

      Freon itu pada dasarnya tdk akan berkurang / habis jika tdk ada kebocoran, karena cara kerja freon itu hanya bersirkulasi, jadi kalau terdeteksi freon kurang maka yg hrs dilakukan check kebocorannya dulu, lalu perbaiki / ganti setelah itu baru di isi kembali freonnya..
      Dengan begitu baru bs awet.. 🙂

  2. alfian - 2017-09-10 12:38 Quote

    jika di dalam siklus ada udara yang masuk,langkah apa yang harus di lakukan

    • Admin - 2017-09-10 21:24 Quote

      penyebabnya adalah system ventilasi mobil yang tidak sempurna lagi karena dimakan umur, biasanya mulai terasa pada mobil yang berusia 5 tahun ke atas.
      Pengatur system ventilasi biasanya berupa mekanisme geser ( ada juga yg putar ) yang ada di dashboard yang akan menggerakkan bilah buka-tutup box Blower system AC dengan dua menu pilihan yaitu : 
      – sirkulasi angin dalam : udara di dalam mobil dihisap dan dihembuskan kembali oleh system AC tanpa melibatkan tambahan udara luar. 
      – sirkulasi angin luar : udara dari luar dihisap blower AC, diumpan ke Evaporator dan dihembuskan ke kabin. 

      Dikarenakan kondisi udara di Indonesia yang panas dan perpolusi tinggi, umumnya kita akan memilih sirkulasi angin dalam, karena lebih terasa nyaman tanpa ada udara luar dan bau knalpot masuk ke kabin. Tetapi kenapa masih terasa juga bau knalpot dari luar / bau sampah / bau got dsb…. ini karena seal yang berupa spon/busa yang ada pada bilah buka-tutup sudah rusak dimakan usia. 
      Solusi nya adalah dgn cara service ac, dan ganti busa pada box blower pada sirkulasi angin luar / angin dalam tsb.
      Dan keluhan tsb akan teratasi dgn sempurna..
      Semoga jawaban ini bs membantu..
      Terima kasih..

  3. andri - 2017-10-02 22:58 Quote

    bang ac mobil saya awalnya dingin atw mobil sya tinggl terus di nyalain acnya dia dingin tpi klau sudah berjaln mobil sekitaran 4 km atw 5 km itu sudah tidak dingin cuman mengeluarkan angin,,gimana itu solusinya bang..

    • Admin - 2017-10-06 12:40 Quote

      mobil apa dan thn brp?

  4. Facli - 2018-02-12 20:47 Quote

    Mas AC mobil Outlander mitsubishi saya’ ketika habis di cuci atau di nyalakan stelah lama terparkir.. pasti lampu pengatur suhu dinginnya kelap kelip lampunya ya.. kenapa bisa begitu ya bang. Mohon solusinya

    • Admin - 2018-03-04 16:03 Quote

      kelap kelip nya berapa lama pak, ketika posisi kelap kelip itu apakah ac masih tetap dingin atau gak??

  5. Ridho - 2018-03-04 14:22 Quote

    Bang, mau tanya.. saya pakai ford fiesta 1.4L MT thn 2010. Masalah AC nya pada saat awal dihidupin msh dingin bahkan kalo pagi sampai keluar embun di ventilasi namun kalo mobil dibawa perjalanan jauh sekitar 2sd3 jam dinginnya perlahan hilang dan semburan angin di ventilasi jg berkurang walaupun udah di level 2 bahkan 3 tp blower bunyi kencang bgt. Namun kalo ac dimatiin bentar, pas dihidupin dingin lg namun tetap tdk bertahan lama? Mohon petunjuk bang masalahnya apa ya? Mohon solusinya. Terima kasih

    • Admin - 2018-03-04 14:35 Quote

      ketika ac kumat gak dingin, apakah di perhatikan kompresor on/off pak ridho??

  6. Trheey - 2018-04-10 11:05 Quote

    Ass, pak admin mau nanya mobil sy Avanza 2008 pada saat hidupin AC nya tdk terdengar suara khas dari kompresor (bunyi “tak”) hanya angin yg keluar, sy coba untuk sambungkan langsung kompresor nya ke bateray sambil hidupin AC malah dingin nya bagus bang admin… Kemudian sy coba kelistrikannya dgn mencopot soket dari kompresor dan coba hidupin AC, tdk terjadi perubahan pada RPM, solusinya dong bang admin

Tinggalkan Balasan