Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Cara Memperbaiki

Kenapa AC Mobil Tidak Dingin?

Panas, macet, AC mobil tidak berfungsi, alias keluar angin?

Ato bahkan yang lebih ekstrim lagi. Tidak ada tanda-tanda kehidupan alias mati. Nah kalau sudah begitu, siapa yang mau disalahkan?

Diri sendiri?

Produsen mobil?

Atau bengkel langganan servis mobil Anda?

Makanya jangan tunggu sampai kejadian!

Kenapa AC Mobil Tidak Dingin?

Masih ingat kata pepatah“sedia payung sebelum hujan?

Oleh sebab itu, periksalah kondisi mobil Anda, termasuk AC-nya, secara rutin dan berkala. tidak usah tiap hari juga tidak apa-apa. Sebulan sekali atau enam bulan sekali juga sudah cukup.

Pada prinsipnya, tukang servis di bengkel itu sama dengan dokter. kalau Anda datang ke bengkel juga pasti bakalan ditanya oleh si tukang servis, “Ada keluhan apa nih!?”.Nah kalau sudah seperti itu, tidak ada acara lain selain Anda melakukan pemeriksaan sendiri (self-diagnosed).

penyebab-ac-mobil-anda-tidak-dingin-dan-cara-memperbaiki6

Bagaimana Cara Mengatasi AC Mobil Tidak Dingin?

Tapi bagaimana kalau lagi bokek?

Ato punya duit tapi terbatas alias cekak?

Hmm, bisa tidak ya melakukan service AC mobil sendiri?

Ternyata bisa banget loh!

Tetapi bagaimana caranya ya?

Nah sebelum kita bahas panjang lebar, yukmari kita simak dulu tips berikut ini.

1.Periksa kondisi AC secara rutin

Lebih baik mencegah daripada mengobati, ato dalam istilah lainnya: Periksalah kondisi AC mobil Anda sebelum rusak di kemudian hari.

Oke, tapi bagaimana caranya?

Guekan bukang tukang ac mobil?

Tidak usah khawatir. Caranya gampang kok! Tidak percaya?

Ikuti saja tips berikut ini:

a.Periksa temperatur mobil

Anda memeriksa temperatur mobil dengan menggunakan thermometer digital. Itu sangat penting.

Yup! Sebagai langkah pencegahan

Thermometer tidak hanya digunakan untuk mengukur suhu badan, tapi juga untuk mengukur suhu kendaraan bermotor. Caranya dengan mamasukkan ato menyelipkannya ke dalam grill(kisi-kisi) AC di dashboard mobil.

Thermometer Digital Kyoto KT-01-(1)-1000.png

b.Setel Angin

Setelah kita Setel angin pada posisi angka 1, lalu periksa temperatur paling dingin-nya ada di suhu berapa derajat. Note-to-self: suhu dingin ideal ada di kisaran angka 30C  sampai 80C. Biasanya pada saat suhu dingin ideal tercapai maka kompresor akan otomatis cut off.

Terus bagaimana kalau suhu sudah dibawah 30Ctapi kompresor tidak cut offcut off juga? Tenang…jangan dibanting thermometer-nya ato di-gebuk mobilnya. Itu tandanya sudah terjadi pembekuan di evaporator.

Hah??

Evaporator?

Pembekuan?

Maksudnya apaan sih?? Yang dimaksud dengan pembekuan di evaporator adalah adanya es batu yang mem-block keluarnya angin ke kabin penumpang. Hal seperti inilah yang nantinya mengakibatkanAC mobil Anda berembun.

Terus bagaimana?

Ada cara mengatasinya tidak jika sedang darurat ketika belum sempat ke bengkel ac mobil? Ada…hal tersebut bisa diatasi dengan melakukan tiga langkah berikut:

1.Setel temperature AC ke posisi off dan angin pada posisi angka 3 atau 4 (posisi  blower max);

2.Matikan tombol AC (tombol kompresor) dan Biarkan selama 3  sampai  4 menit;

3.Sekarang coba nyalakan kembali sesuai dengan prosedur sebelumnya – angin pada posisi 1 dan seterusnya. Jika masih belum dingin juga, berarti AC Anda memang minta di-servis.

Gampang kan? Ya, tapi…ada tapinya loh! Servis AC tidak berhenti sampai disitu saja. Masih ada hal lain yang perlu Anda pahami, yaitu cara kerja sistem dan komponen-komponen pembentuknya.

penyebab-ac-mobil-anda-tidak-dingin-dan-cara-memperbaiki7

Cara Kerja AC Mobil

AC atau Air Conditioning, berfungsi untuk mengkondisikan udara di dalam mobil. Apa sih yang dimaksud dengan ‘meng-kondisi-kan’? Yang dimaksud dengan mengkondisikan adalah menurunkan suhu dan mengurangi tingkat kelembaban udara dalam kabin penumpang.

Mengingat fungsinya yang berat maka AC tentunya membutuhkan enerji yaitu bensin. Ya iyalah…mayoritas mobil pake bensin lah. Betul, tapi yang dimaksudkan disini adalah ekstra bensin. Itu sebabnya, banyak orang yang demi irit bensin rela mematikan AC mobilnya.

Prinsip utama dari cara kerja sistem AC sebenarnya ada empat: evaporasi, kondensasi, kompresi, dan ekspansi. Oke mari kita lihat satu per satu pengertian dari ke-empat prinsip tersebut.

1.Evaporasi

Pernahkah Anda mengusap punggung telapak tangan menggunakan cairan alkohol?

Lama kelamaan pasti Anda akan merasa dingin. Nah, proses itulah yang dinamakan evaporasi. Lebih jelasnya lagi, pada saat alkohol ber-evaporasi maka enerji panas dari kulit Anda akan terangkat.Akibatnya? Timbul rasa dingin di bagian kulit yang terkena alkohol tadi.

2.Kondensasi

Bayangkan bahwa Anda berada dalam ruangan yang bersuhu hangat. Suhu udara di luar ruangan sangat dingin. Kemudian ada seorang yang berkaca mata masuk ke dalam ruangan Anda. Pernahkah Anda perhatikan bahwa kaca mata yang dipakainya akan berembun? Itulah yang dinamakan proses kondensasi.

3.Kompresi

Pernahkah Anda memompa ban sepeda?

Pernahkan Anda perhatikan bahwa pada saat Anda memompa, ujung dari pompa tersebut akan terasa panas?

Hal tersebut terjadi dikarenakan enerji yang dipompakan telah merekatkan molekul-molekul udara yang ada. Akibatnya?

Timbullah panas.

4.Ekspansi

Pada titik tertentu, tekanan udara yang tinggi dalam ruang tertutup akan merubah sifat zat tersebut menjadi cair. Pada saat proses ekspansi tersebut berlangsunglah, sifat panas udara berubah menjadi dingin.

Demikian penjelasan singkat mengenai cara kerja sistem AC di mobil Anda. Masih butuh penjelasan yang sedikit lebih detail yang terkait komponen AC misalnya?

Boleh…silahkan disimak penjelasan berikut ini:

gambaran-cara-kerja-sistem-ac-mobil

Apa Saja Komponen AC Mobil?

Sebelumnya kita pernah bahas tentang apa saja komponen AC Mobil dan berapa harganya.

Nah, sekarang kita bahas komponennya sebagai pendukung informasi kenapa AC Mobil tidak dingin.

Komponen pembentuk AC ada lima: kompresor, kondensor, receiver-drier, valve ekspansi, dan evaporator. Ingin kenal mereka lebih lanjut?

Mari kita bahas satu per satu:

kompresor-chevrolet-zafira-denso

1.Kompresor

Untuk Anda yang awam ato belum pernah membongkar mesin mobil, ini loh penampakan kompresor:

Kompresor merupakan roda penggerak dari sistem AC.

Pada saat AC mobil dinyalakan maka kompresor akan memompa udara dingin dengan tekanan tinggi, ke kondensor.

Ada beberapa bagian dalam kompresor yang paling sensitif alias paling sering bermasalah, yaitu:

penyebab-ac-mobil-anda-tidak-dingin-dan-cara-memperbaiki2

1.Magnetic Clutch Compressor (kompresor kopling magnet).

Kalau kompresor kopling magnet bermasalah maka AC juga akan otomatis kehilangan fungsinya. Penyebabnya bisa karna rusak ato terbakar. Selain itu, tidak berfungsinya kopling magnet ini juga berbahaya untuk komponen lainnya. Misalnya: pulley dan center piece.

penyebab-ac-mobil-anda-tidak-dingin-dan-cara-memperbaiki

Kerja ganda pada pulley dan center piece bisa membuat keduanya menjadi gampang aus. Kalau keduanya aus maka tekanan ke kompresor untuk memompa freon juga menjadi lemah.

Apa akibatnya?

AC mati dan timbul suara srogg ato ngrook pada saat AC dinyalakan. Dalam beberapa kasus, suara ngrook ini juga bisa disebabkan oleh kerusakan lainnya. Misalkan kerusakan pada cylinder head (kepala kompresor) alias sudah mulai oblak.

penyebab-ac-mobil-anda-tidak-dingin-dan-cara-memperbaiki8

2.Sekring dan relay

Fungsi sekring pada kendaraan bermotor sama dengan fungsi sekring di rumah, Peran yang dimainkan juga sama yaitu untuk pengaman arus listrik ketika terjadi konsleting. kalau sekring putus maka apa yang akan terjadi? Ato kalau terjadi kelonggaran pada sambungan-sambungan relay apa yang akan terjadi?

Otomatis arus listrik ke kompresor juga akan berhenti.

Lalu apa kira-kira akibat yang ditimbulkannya?

AC akan otomatis tidak dingin karena tidak ada sirkulasi pada freon.

penyebab-ac-mobil-anda-tidak-dingin-dan-cara-memperbaiki3

3.O-ring

Seal O-ring(karet yang berbentuk O) berfungsi untuk merekatkan sambungan antar bagian dalam AC. Kenapa sambungannya harus direkatkan? Tujuannya supaya tidak terjadi kebocoran gas freon.

Seal O-ring terbuat dari bahan dasar karet. Karna-nya komponen ini mudah robek. Penyebab utamanya dikarnakan faktor usia pemakaian.kalau sudah demikian maka tidak ada solusi lain kecuali diganti. Penggantian bisa dilakukan bersamaan dengan servis besar umumnya setahun sekali.

4.Oli kompresor

Apa akibatnya jika oli pada kompresor berkurang ato habis? Efek-nya tidak hanya akan menghambat kerja AC ternyata melainkan juga jebolnya fungsi kompresor!

Selain itu kita juga harus memperhatikan perubahan warna pada oli kompresor. Oli yang sehat berwarna bening.kalau warnanya berubah menjadi coklat ato kehitaman maka kemungkinan ada komponen kompresor yang sudah mulai tergerus.

5.Freon

Freon adalah gas yang tidak berwarna, pada ac mobil Freon yang digunakan adalah type R134@.

Dalam sistem AC mobil, freon berfungsi sebagai pendingin

Meskipun freon adalah gas, namun penting untuk diingat kalau freon ga bisa berkurang ato habis. Terus kenapa ada yang bilang kalau freon bisa berkurang? Freon berkurang hanya bila terjadi kebocoran. Lalu bagaimana dong cara terbaik untuk memaksimalkan fungsi Freon? Perbaiki dahulu kebocoran yang ada, baru kemudian mengisi ulang gas freon.

Sekedar tips untukAnda:

Pengisian ulang freon sebaiknya dilakukan setelah sistem AC di-vacuum ulang. Mengapa sistem harus di-vacuum ulang? Untuk memastikan tidak ada udara yang masih tercampur di dalamnya. Jadi kalau mau mengisi ulang sendiri mending beli dulu saja vacuum pump-nya.

Untuk memperpanjang usia kompresor, bisa dilakukan juga dengan cara mengganti filter dryer-nya setahun sekali. Biasanya saat dryer diganti, maka oli dan gas freon juga otomatis akan terbuang.

kondensor-toyota-fortuner-bensin

2.Kondensor.

Pernah lihat kondensor?

Kalau belum, seperti inilah penampakannya:

Kondensor berfungsi mengubah uap dingin udara yang bertekanan tinggi menjadi cair. Proses perubahan ini menghasilkan panas yang cukup besar. Panas ini kemudian dihilangkan dari kondensor melalui udara yang mengalir ke dalam kondensor.

Salah satu bagian penting adalah kipas kondensor.

Kipas ini berfungsi untuk mengalirkan udara. Mengapa udara harus dialirkan? Supaya kondensor bisa mendinginkan freon yang panas. Jika putaran kipas kondensor melemah ato bahkan mati total, maka AC akan overheat / bermasalah.

3.Receiver-dryer.

Zat cair yang dihasilkan di kondensor kemudian menuju ke receiver-dryer. Dalam “tempat penampungan sementara” inilah kelembaban yang ada dihilangkan. Kenapa harus dihilangkan?

Karena kelembaban ini bisa mengakibatkan kerusakan, contohnya: es yang mem-block aliran udara.

Fungsi utama dryer adalah untuk menyerap kotoran dan uap air yang tersirkulasi bersama Freon; dan bagian dari drier yang menjalankan fungsi ini adalah filter-nya. Kalau filter dari penyerap kotoran ini tersumbat. maka AC mobil akan otomatis tidak berfungsi dengan baik. Oleh karna itu, filter drier ini wajib diganti saat melakukan servis berkala.

Katup ekspansi

Tekanan udara dari receiver-drier kemudian dialirkan ke katup ekspansi. Katup ini berfungsi untuk merubah sifat panas gas freon menjadi super dingin, sebelum masuk ke evaporator. Jika katup ini kotor ato tersumbat, maka semburan gas freongaakan bekerja secara maksimal. Apa akibatnya?

Fungsi AC gaakan maksimal alias tidak dingin tentunya.

evaporator-daihatsu-sirion-denso

4.Evaporator

Evaporator terletak dalam kabin penumpang, tepat di atas kaki penumpang bagian depan.

Evaporator berfungsi menyerap udara panas dari kabin penumpang. Kipas blower dalam kabin penumpang akan mendorong keluar udara sehingga angin dingin bisa tersirkulasi dalam mobil. Di bagian sisi udara evaporator, kelembaban udara akan dikurangi dan embun dihilangkan.

Di akhir dari siklus pendinginan ini, kompresor akan kembali berfungsi embun dari udara dingin yang keluar.

penyebab-ac-mobil-anda-tidak-dingin-dan-cara-memperbaiki4

Tips Tambahan Seputar Permasalahan AC Mobil

Selain informasi diatas, kami juga ingin membagikan beberapa tips tambahan terkait permasalahan umum AC yang sering dikeluhkan pengendara.

1.Apa yang harus dilakukan kalau ada bau dari luar masuk ke dalam mobil saat AC dinyalakan?

Silahkan periksa busa jendela ventilator angin luar: apakah busa masih utuh atau sudah robek?

Kalau busa sudah robek, maka ada solusi lain selain diganti busa nya, jendela ventilator sirkulasi angin luar dapat di tutup / cut off sehingga udara dari luar tidak akan pernah mengalir lagi kedalam.

2.Mengapa AC mobil berbau sangit saat RPM tinggi?

Silahkan periksa lubang firewall.

Bau sangit yang timbul kemungkinan karena ada celah karet yang terbuka. Celah yang terbuka inilah yang menyebabkan udara dari mesin masuk ke dalam mobil.

3.Mengapa AC dinyalakan di posisi low, tapi hembusan angina/blower tidak berfungsi?

Silahkan periksa westarn / resistor / tahanan blower. Kemungkinan besar ada yang putus.

Untuk yang masih awam, westarn adalah istilah lain dari resistor, ato selengkapnya resistor blower AC.

4.Mengapa air AC menetes dalam kabin mobil?

Silahkan periksa evaporator box-nya. Umumnya air hasil kondensasi akan dibuang melalui selang air pembuangan yang melekat di evaporator box. Nah kalau air tersebut tidak terbuang maka air tersebut pasti akan menggenang.

5.Apa resikonya jika air menggenang?

Interor mobil akan banjir dan bau lembab jika sampai mengenagi karpet dasar.

6.Apa penyebab air AC Mobil menetes?

kemungkinan besar evaporator-nya kotor dan berlendir. Lendir ini lah yang kemudian turun dan menutupi / menyumbat selang air ac pembuangan dan kemungkinan lainnya adalah adanya kotoran yang terhisap oleh blower melalui jendela sirkulasi luar.

7.Bagaimana cara menanganinya air AC menetes ketika darurat?

tips penanganannya adalah dengan menggunakan alat bantu sejenis sumpit. Terus diapakan sumpitnya?

Sumpitnya ditusuk kedalam selang pembuangan dari arah depan. Lakukan dengan perlahan dan hati-hati agar tidak merusak evaporator.

8.Mengapa pada saat AC dinyalakan ada bunyi berdesis?

Bunyi berdesis biasanya dihasilkan oleh katup ekspansi. Ada 2 penyebab nya yaitu : expansi sudah mulai ngempos dan Kemungkinan lain adalah akibat kurangnya gas freon. Mengapa gas freon berkurang? Umumnya karna kebocoran yang mungkin terjadi pada evaporator.

9.Bagaimana cara menangani tombol pengatur setting-an tombol suhu yang macet / keras untuk di putar?

Silahkan periksa lagi karet setting-annya.

Tips untuk menanganinya adalah dengan menyemprot kawat setting-an dengan wd 40.

Sekian dulu penjelasan penyebab ac mobil anda tidak dingin dan cara memperbaiki. Serta informasi lain yang mendukung agar AC mobil tetap bisa dingin.

Semoga berguna.

Seneng bisa berbagi.

42 pemikiran pada “Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Cara Memperbaiki

  1. Bang,awalnya ac mobil sy bocor dr paking kompresor…tp stlah diganti udara dingin”y cm bertahan 2 s/d 3jam,stlah itu sy isi preon lg tetep 2 s/d 3jam udara dinginnya hilang lg trus berulang…sy bawa kebengkel ac katanya ada angin setengah, apa kah itu bener penyababnya preon tdk bertahan lama?

    • Freon itu pada dasarnya tdk akan berkurang / habis jika tdk ada kebocoran, karena cara kerja freon itu hanya bersirkulasi, jadi kalau terdeteksi freon kurang maka yg hrs dilakukan check kebocorannya dulu, lalu perbaiki / ganti setelah itu baru di isi kembali freonnya..
      Dengan begitu baru bs awet.. 🙂

    • penyebabnya adalah system ventilasi mobil yang tidak sempurna lagi karena dimakan umur, biasanya mulai terasa pada mobil yang berusia 5 tahun ke atas.
      Pengatur system ventilasi biasanya berupa mekanisme geser ( ada juga yg putar ) yang ada di dashboard yang akan menggerakkan bilah buka-tutup box Blower system AC dengan dua menu pilihan yaitu : 
      – sirkulasi angin dalam : udara di dalam mobil dihisap dan dihembuskan kembali oleh system AC tanpa melibatkan tambahan udara luar. 
      – sirkulasi angin luar : udara dari luar dihisap blower AC, diumpan ke Evaporator dan dihembuskan ke kabin. 

      Dikarenakan kondisi udara di Indonesia yang panas dan perpolusi tinggi, umumnya kita akan memilih sirkulasi angin dalam, karena lebih terasa nyaman tanpa ada udara luar dan bau knalpot masuk ke kabin. Tetapi kenapa masih terasa juga bau knalpot dari luar / bau sampah / bau got dsb…. ini karena seal yang berupa spon/busa yang ada pada bilah buka-tutup sudah rusak dimakan usia. 
      Solusi nya adalah dgn cara service ac, dan ganti busa pada box blower pada sirkulasi angin luar / angin dalam tsb.
      Dan keluhan tsb akan teratasi dgn sempurna..
      Semoga jawaban ini bs membantu..
      Terima kasih..

  2. bang ac mobil saya awalnya dingin atw mobil sya tinggl terus di nyalain acnya dia dingin tpi klau sudah berjaln mobil sekitaran 4 km atw 5 km itu sudah tidak dingin cuman mengeluarkan angin,,gimana itu solusinya bang..

  3. Mobilku chevrolet zafira , ac di on , compresor & fan , tidak jalan , tapi compresor langsung di kasih strom compresorjalan , pertanyaannya , dimana posisi skering ac nya , / no berapa ? Terima kasih

  4. Mas AC mobil Outlander mitsubishi saya’ ketika habis di cuci atau di nyalakan stelah lama terparkir.. pasti lampu pengatur suhu dinginnya kelap kelip lampunya ya.. kenapa bisa begitu ya bang. Mohon solusinya

  5. Bang, mau tanya.. saya pakai ford fiesta 1.4L MT thn 2010. Masalah AC nya pada saat awal dihidupin msh dingin bahkan kalo pagi sampai keluar embun di ventilasi namun kalo mobil dibawa perjalanan jauh sekitar 2sd3 jam dinginnya perlahan hilang dan semburan angin di ventilasi jg berkurang walaupun udah di level 2 bahkan 3 tp blower bunyi kencang bgt. Namun kalo ac dimatiin bentar, pas dihidupin dingin lg namun tetap tdk bertahan lama? Mohon petunjuk bang masalahnya apa ya? Mohon solusinya. Terima kasih

  6. Ac mobil saya udah di ganti magnetnya maklum lah gk tau, gk sampai 3bulan udah gk dingin lagi, katanya kompresor nya udah rusak, setelah saya bawa pulang dapat sehari saya hidupin acnya dingin lagi, hanya beberapa hari gk bisa lagi, sampai skrng, saya konfir ke bengkel yg ganti magnet kompresornya saya harus siapin uang sekitar 5jt, untuk ganti kompresornya, uang 5jt banyak banget buat saya, tlng dong min solusinya, daihatsu sirion tahun 2010.

    • Untuk estimasi kerusakan compressor itu, kita harus tau dulu kondisi compressor lama nya uda sampai tahap apa?
      Karena tdk semua kasus ganti compressor itu sama pengerjaannya..
      Contoh : jika ternyata compressor lama nya jebol, hingga menyebabkan butiran2 gram keluar, maka ada tambahan komponen2 lain di luar compressor hrs diganti juga.
      Kesimpulannya pergantian compressor dgn kondisi “jebol atau tdk jebol” akan sangat berbeda kondisi nya..
      Maka dari itu jika ingin mengetahui estimasi pasti, mobil hrs di check dulu.
      Atau bisa langsung dibawa ke bengkel Rotary Bintaro , nanti disini setelah pengecekan kami akan jelaskan secara detail.
      Kebetulan kami juga menyediakan diagram cara kerja freon, sample body compressor yg sdh kami belah untuk menjelaskan cara kerja compressor, dsb.
      Jadi jika bapak datang, dan kami jelaskan disini akan lebih detail dan mudah di mengerti.
      untuk keterangan lebih lanjut boleh hub. no kita 0878 3344 5550

  7. Ass, pak admin mau nanya mobil sy Avanza 2008 pada saat hidupin AC nya tdk terdengar suara khas dari kompresor (bunyi “tak”) hanya angin yg keluar, sy coba untuk sambungkan langsung kompresor nya ke bateray sambil hidupin AC malah dingin nya bagus bang admin… Kemudian sy coba kelistrikannya dgn mencopot soket dari kompresor dan coba hidupin AC, tdk terjadi perubahan pada RPM, solusinya dong bang admin

  8. Om mau tanya, hembusan dingin yg keluar dari kisi2 AC sebelah kanan (driver) terasa kecil atau tidak sedingin yg keluar dari kisi2 tengah dan kiri. Apakah ada yg mampet dari pipa/instalasi ke kisi2 AC nya? Mohon infonya cara mengatasinya. Thx

  9. Bang, AC Datsun go panca saya tidak dingin. Dan juga suara mesin AC nya tidak cut off apa solusinya ya ? Terima kasih

    • ac tidak dingin banyak faktor, bisa freon habis, atau ada kerusakan di compressor atau di komponen lainnya.
      untuk tahu pastinya,mobil harus di cek terlebih dahulu pak.

      boleh hubungi no ini buat reserved booking service pak.
      0878 3344 5550

  10. Ganz Admin…mobil saya avanza 2005. awalnya ac nya kadang dingin kadang enggk, trus saya bawa ke bengkel ternyata magnet clutch nya rusak..setelah diganti magnetnya ac kembali normal, namun stelah selang beberapa hari ada sedikit kendala, ketikan ac on ada bunyi seperti gesekan putaran yang mendengung lebih detailnya mungkin spserti ini : ketika komproser berputar terkoneksi dengan putaran mesin,bunyi gesekan nya hilang, tapi ketika clutch magnet merelease dan kompresor tidak berputar nah saat itulah bunyi nya terdengar….mohon pencerahnnya ganz

    • bapak deni coba bawa balik aja mobil ketempat ganti magnet clutch compressor
      kemungkina ada masalah ganjelan magnet atau maslah di bearing tensioner ya.
      tapi harus di cek terlebih dahulu saja.

  11. Bang mau tanya jalur massa yg dari ecu ke relay magnetic dan fan tidak ada penyebabnya dri apa ya bang?
    Makasih

  12. Aslmkm bos.muw tanyak.ini awal cerita aq pnya soluna.awl nya kndisi ac mbl sy biasa dinginya.ada sdra yg lgi isi freon nya.iseng pnya iseng kog aq jg mauw kl di tmbh freonya.ktka itu lgsung di ksh jg freon nya.mbl bgtu langsung ad respek.ac nya bisa dingin bget kyk mbl baru.tk pkek beberapa kli msh dingin di waktu itu hujan sy hdpkan ac ny.eh di tmpat dasbort itu sampai kliatan mirip asap dingin bget.eh bsk nya sy nyalai lg ac nya sdh nggak dingin lagi.mohon pencerahanya bos.

    • Penyebab ac mobil Kurang dingin Itu Bs ada beberapa faktor :
      • evap kotor
      • freon kurang Penyebab dari ada kebocoran sistem
      • sistem ac tersumbat
      • Fan mati / lemah
      • kompresi kompresor lemah
      • dsb

      Untuk mengestimasi berapa biaya nya tentu kita hrs tau apa yg menjadi Penyebab nya dulu, mungkin ada baiknya bapak coba Bawa dulu mblnya kebengkel Rotary Bintaro untuk kita check dulu.

  13. Selamat sejahtera bg saya mempunyai mobil sedan twincamp corola tahun nya kisaran 90an dulu ac mobil saya sangat dingin bahkan di situasi siang hari yg sangat panas sekalipun tapi sekarang ac nya tidak dingin sama sekali malah terasa panas, bahkansaat kondisi diluar sangat dingin atau hujan tetap saja ac nya panas ini bagai mana ya bg mengatasinya
    .
    Catatan: sudah pernah kecelakaan tapi semua sudah di perbaiki dan di ganti

    • Penyebab ac mobil Kurang dingin Itu Bs ada beberapa faktor :
      • evap kotor
      • freon kurang Penyebab dari ada kebocoran sistem
      • sistem ac tersumbat
      • Fan mati / lemah
      • kompresi kompresor lemah
      • dsb

      Untuk mengestimasi berapa biaya nya tentu kita hrs tau apa yg menjadi Penyebab nya dulu, mungkin ada baiknya bapak coba Bawa dulu mblnya kebengkel Rotary Bintaro untuk kita check dulu.

  14. Bang mobil bus pada saat di hidupkan ac nya ga ada sedikit pun dinginnya yang keluar cuma angin..
    Baru Tarakan gas dari ac ga ada bang kira2 yang kena dibagian mana ya bang

    • mohon di cek detail aja pak, bisa jadi freon habis, atau ada kerusakan di compressor nya.
      lebih lengkapnya di bawa aja pak ke bengkel specialist ac mobil.

  15. Pak admin, mobil sy city z th 2000 kompresor sdh ganti yg baru tp ac tetap ga dingin mohon solusinya pak admin.
    Trimaksih

    • pak Habibulloh, saat ganti compressor apakah sekalian service ac juga ?
      atau di sudah sejauh apa kerusakan compressor bapak?
      coba di bawa balik aja pak ke bengkel yg bapak ganti compressor, minta cek detail keseluruhan biar tahu kenapa ac tidak dingin.

  16. Pak, dikarenakan ac bmw e46 saya yang kurang dingin saya coba untuk menambah freonnya. Namun saat manifoldnya saya pasang ternyata tekanan di low pressurenya terbaca antara 60 – 65 psi. Sementara harusnya kalau freon kurang tekanan di low pressurenya max di 30 kan ya ??
    Kira-kira ada masalah apa ya mobil saya dan bagaimana solusinya ?
    Terima kasih

    • kalo dibaca dari cerita bapak, ini kondisi compressor sudah tidak ada kompresi compressor dalam arti compressor sudah rusak,
      segera lakukan pengantian compressor di bengkel rotary bintaro , hububgi no ini untuk konfrmasi lebih lanjutnya.
      087833445550 dengan ubay

  17. Bang mobil saya AC nya dingin pas posisi di jalan kurang lebih nya sekitar 4 jam lama lama tidak dingin hanya ngeluarin angin saja itu solusi nya gimana ya. Mobil Serena tahun 2010

  18. Ac saya kasusnya sama kayak bang trheey, tegangan untuk mgc nggak ada akhirnya aku kasih saklar manual ke mgc.. Cari2 nggak ketemu sebabnya..

  19. Bang mobil saya crv 2.4 AT tahun 2006, posisi AC mobil saya tidak dingin hanya keluar angin jika di nyalakan, menurut mekanik acnya hal itu krena pengaruh lampu engine yg menyala. Jika lampu enginenya mari maka ac akan normal jalannya. Kira2 itu knp ya bang? Mohon pencerahannya..

    • untuk mobil honda crv 2.4AT 2006, ini bisa banyak faktor kalo dari ac hanya hembusan angin saja, bisa karena ac ada freon habis atau ada kebocoran, atau kerusakan dari sistem ac mobil yg rusak, atau magnet clutch compressor yg ada indikasi kerusakan.
      untuk engin nyala coba hubungi mekanik mesin, biar bisa tahu pastinya pak.

  20. SIANG ADMIN MAU TANYA. MOBIL PANTHER 96 AC ENGGAK DINGIN PADAHAL SUDAH MELAKUKAN SERVICE PENGECEKAN KEBOCORAN DAN PENGGANTIAN KOMPONEN LAIN SEPERTI FILTER. AWAL DISERVICE SAMPAI SATU BULAN MASIH DINGIN MALAH SEKARANG DINGIN BERKURANG SAMPAI ENGGAK DINGIN LAGI

    • sudah di bawa kembali ke bengkel yg mengerjakannya pak, untuk konfermasi garansi, jadi bisa cek ulang kondisi ac mobil.
      kalo menurut kami kemungkinan banyak faktor, bisa jadi ada yg bocor lagi dan bis jadi ada indikasi kesrusakan di kompressor atau sistem lainnya.

  21. ASSALAMU’ALAIKUM. WR. WB
    SELAMAT SIANG PAK ADMIN, SAYA MAU TANYA NIH, MOBIL SAYA AVANZA TH 2013 NGGAK DINGIN KARENA KOMPRESOR AC HIDUP TERUS TIDAK SEPERTI BIASANYA OTOMATIS HIDUP DAN MATI SENDIIRI DISERTAI TERDENGAR ADA BUNYI GESEKAN SAAT KOMPRESOR HIDUP, MOHON PENCERAHANNYA PAK.. TERIMA KASIH

    • banyak kemungkinan bisa jadi ada freon kurang jadi dingin gak maksimal, dan menyebabkan compressor tidak cut off,
      baiknya di bawa langsung ke lokasi bengkel Rotary Bintaro kita.
      hub. 0878 3344 5550

Tinggalkan komentar