Penyebab dan Cara Memperbaiki AC Mobil yang Mati dan Tidak Berputar - Rotary Bintaro - Bengkel AC Mobil & Supplier Spare Part AC Mobil

Apa yang Menyebabkan AC Mobil Mati dan Tidak Berputar?

Bagaimana Cara Mengatasi AC Mobil Mati dan Tidak Berputar?

Punya mobil itu tidak seenak yang dibayangkan. Sebagai owner, kamu perlu memperhatikan performa mesin dan komponen lainnya agar mobil tetap bertenaga saat dibawa bepergian. Namun, kerusakan pada komponen mobil tidak dapat dihindari. Selain mesin, bagian ac mobil juga sering mengalami masalah. Tidak bagusnya kinerja ac mobil menyebabkan suhu udara di dalam kabin terasa panas, apalagi kalau cuaca terik.

Pada dasarnya, setiap kerusakan yang terjadi pada ac mobil memiliki cara penanganannya masing-masing. Berikut adalah cara menangani ac mobil yang mati dan tidak berputar.

Apa yang Menyebabkan AC Mobil Mati?

Ac mobil mati memang sangat menyebalkan, apalagi saat berada di tengah jalan. Namun, kerusakan ini tidak dapat dihindari karena semua pemiliki mobil juga pernah merasakan hal yang sama. Adapun bentuk-bentuk kerusakan yang terjadi, seperti:

  • AC mobil tidak bisa dinyalakan
  • AC mobil mati total
  • Kondisi AC yang mati secara tiba-tiba, dan
  • AC mobil hidup mati hidup mati

Lalu, apa yang menyebabkan kerusakan tersebut?

1. Sekring Ac Putus

Salah satu penyebab ac mati yaitu sekringnya putus. Hal ini akan menyebabkan tidak adanya mesin mobil dengan ac tersebut. Sehingga ac tidak mendapatkan tenaga untuk mengaktifkan putaran ac. Putusnya sekring biasanya terjadi karena korslet. Nah, agar ac dapat difungsikan kembali, kamu perlu mengganti bagian sekringnya ya.

2. Relay Ac Putus

Relay ac berfungsi sebagai pemompa arus listrik ke bagian magnetic clutch. Saat relay ini putus, tentu tidak ada lagi yang bekerja sebagai penyuplai arus listrik. Putusnya relay ac juga akan menyebabkan ac mati total.

3. V Belt Putus

V belt berfungsi sebagai penghubung antara kompresor dengan bagian putaran mesin. Apabila V belt ini putus, tentu ac mobil tidak akan bekerja dengan baik. Alhasil, suhu di dalam kabin akan terasa panas.

4. Motor Cooling Fan Tidak Bekerja

Seperti yang kita tahu, cooling fan berfungsi untuk pembuang panas yg di hasilkan oleh kondensor. Saat cooling fan tidak bekerja, suhu di dalam kabin otomatis akan berubah dari dingin menjadi kurang dingin bahkan panas. Selain itu, ac mobil juga bisa mengalami overheating sehingga kerusakan yang ditimbulkan semakin parah.

5. Kompresor Ac Macet Total

Kompresor ac juga menjadi komponen penting dalam ac. Melambatnya kinerja kompresor biasanya disebabkan karena kompresor kehabisan oli, bisa juga karena kurang nya perawatan ac seperti menganti filter, atau faktor lain seperti ada kebocoran freon sistem, namun tidak di perbaiki kebocoran nya dan hanya di lakukan pengisian freon saja namun oli kompresor tidak diganti / tambah itu menjadi faktor besar dari kerusakan kompresor..

6. Magnetic Clutch Putus

Magnetic clutch berfungsi sebagai komponen untuk menerima arus listrik. Saat magnetic clutchnya putus, otomatis ac akan mati total. Kerusakan pada bagian magnetic clutch biasanya disebabkan karena korslet.

7. Kompresor Mati

Kompresor memiliki peran yang sangat penting. Saat kompresor rusak atau mati, tentu tidak ada lagi yang mengisap uap dari refrigerator evaporator. Selain itu, kompresor juga berguna sebagai penyalur udara dingin ke bagian kabin mobil.

8. Oli Menipis atau Habis

Oli mobil habis tentu akan membuat kinerja dari mesin mobil tidak baik. Hal ini disebabkan karena ketidaktelitian si pemilik mobil saat mengisi oli. Bisa juga karena adanya kebocoran pada bagian ac, sehingga ac mobil yang diisi cepat habis.

9. Resistor Blower Mengalami Kerusakan

Pada beberapa jenis mobil, kerusakan pada bagian resistor blower dapat membuat mobil tersebut mati total. Misalnya, mobil Honda CR-V. Kalau hal ini terjadi, kamu bisa memeriksa bagian sambungan resistor blower apakah putus atau korslet.

10. Freon Menipis atau Habis

Freon itu pada dasarnya tdk akan berkurang / habis jika tdk ada kebocoran, karena cara kerja freon itu hanya bersirkulasi, jadi kalau terdeteksi freon kurang maka yg hrs dilakukan check kebocorannya dulu, lalu perbaiki / ganti setelah itu baru di isi kembali freonnya..

11. Evaporator Kotor

Evaporator berfungsi sebagai penyaring udara yang berhembus. Saat eveporator kotor, maka eveporator tidak dapat berfungsi dengan baik. Karena udara yang akan dihembuskan ke bagian kabin tertahan oleh debu dan kotoran.

Apa yang Menyebabkan AC Mobil Tidak Berputar?

Selain ac yang mati total, ac yang tidak berputar juga perlu diwaspadai. Jika dibiarkan terus-menerus, maka kamu harus siap menahan rasa panas selama mengendarai mobil. Adapun tanda-tanda ac mobil tidak berputar, antara lain:

  • Hembusan angin dari ac tidak kencang
  • Udara di dalam kabin tidak dingin
  • Pemutaran ac ke suhu tertinggi tidak menghasilkan efek apapun

Adapun tanda-tanda kerusakan tersebut biasanya disebabkan oleh:

1. Kondisi Freon yang Tidak Sehat

Ada banyak tanda-tanda yang membuat freon tidak bisa bekerja dengan baik, seperti freon membeku, tersumbat, oli freon menipis atau bahkan habis. Padahal freon ini sendiri berfungsi untuk memberikan udara dingin ke bagian kabin.

Solusi yang dapat dilakukan untuk mengembalikan kondisi freon, antara lain:

  • Mengecek dimana letak kebocoran pada pada sistem ac
  • Melakukan pengisian ulang oli pada freon didalam sistem ac mobil
  • Mengganti freon lama dengan freon yang baru

2. Kompresor Kehilangan Tekanan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kompresor berfungsi sebagai penyalur udara dingin ke bagian evaporator. Sehingga evaporator dapat menghembuskan udara dingin ke bagian kabin. Saat kompresor kehilangan tekanan alias tidak bekerja, otomatis suhu udara di dalam kabin akan terasa panas.

3. Sekring Mobil Putus

Sekring berfungsi sebagai pemberi aliran listrik ke bagian mesin mobil. Putusnya sekring menyebabkan aliran arus listrik juga ikut terputus. Alhasil kipas ac tidak berputar dan suhu udara tidak dingin. Putusnya sekring biasanya disebabkan karena overheating atau korslet.

4. Relay Rusak

Relay mobil berfungsi sebagai penetralisir tegangan tinggi, sehingga tegangan kembali ke situasi normal. Saat relay ac putus, akan menyebabkan bagian sekring atau bagian lainnya mengalami panas berlebih. Selain itu, komponen mesin juga mengalami overheating yang menyebabkan kipas ac tidak berputar.

Bagaimana Cara Mengatasi AC Mobil Mati dan Tidak Berputar?

Kalau ac mobil mengalamis kerusakan seperti yang disebutkan di atas, maka kamu perlu cepat bertindak. Bawalah mobilmu ke bengkel, agar bagian yang rusak tersebut dapat secepatnya diganti dengan yang baru. Kalau dirimu tahu tentang bidang otomotif, kamu juga bisa memperbaikinya sendiri di rumah. Yang paling penting, kamu memiliki semua perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan selama proses perbaikan.

Semoga bermanfaat.

Senang bisa berbagi.

Tinggalkan Balasan