Penyebab Kondensor AC Mobil Bocor - Rotary Bintaro - Bengkel AC Mobil & Supplier Spare Part AC Mobil

Dewasa ini AC hampir menjadi kebutuhan pokok bagi manusia. Begitu pula dengan AC mobil, salah satu komponen yang kini ‘wajib’ hadir bersama sebuah mobil. Memiliki mobil tanpa AC atau AC mobil mati ketika berkendara adalah hal yang sungguh mengganggu. Udara di luar pun sudah terlalu sesak oleh polusi jika pengendara mobil ingin membuka kaca jendelanya. Oleh karena itu kita perlu merawat keberlangsungan hidup AC mobil kita. Dan untuk hal itu, seridaknya kita memiliki sedikit pengetahuan tentang komponen penyusun AC mobil, salah sayunya adalah kondensor AC. Kondensor AC biasanya terletak di bagian depan mobil. Letak kondensor AC bersebelahan dengan radiator mobil. Namun tak selalu demikian, ada pula kondensor AC yang terpisah dengan radiator dan untuk itu diperlukan extra fan untuk meningkatkan kerja freon ac mobil. Kondensor AC berperan dalam penurunan suhu refrigerant gas dan berperan dalam terjadinya proses kondensasi. Apa itu kondensasi? Kondensasi adalah proses dalam mengubah freon yang awaknya berbentuk gas menjadi berbentuk cair. Dalam proses ini biasanya dibutuhkan pula extra fan Salah satu masalah yang kerap dialami kondensor AC adalah kebocoran. Kerja kondensor AC sangat berhubungan dengan kerja freon. Oleh karena itu, kondensor AC yang bocor bisa mengganggu kinerja freon dan siklus pendinginan dalam mobil. Bocornya kondensor AC mobil dapat mengurangi jumlah freon dalam mobil sehingga kerja dalam siklus pendinginan menjadi lebih berat dari biasanya. Hal ini menyebabkan performa AC mobil menjadi berkurang. Bahkan bila dibiarkan dalam jangka waktu lama, hal ini bisa menjadi penyebab dari AC mobil yang rusak atau mati. Tentunya Anda tak ingin hal tersebut terjadi pada AC mobil Anda. Sebenarnya apa penyebab kondensor AC mobil bocor? Berikut adalah dua penyebab yang paling mungkin mendasarinya:

  1. Faktor usia
Usia yang tua bisa menjadi penyebab kondensor AC mobil bocor karena berkarat dan keropos. Sebenarnya masa guna kondensor cukup lama. Bahkan ada yang hingga mencapai 200.000 km penggunaan. Namun sejatinya masa guna tersebut berbeda untuk setiap jenis mobil. Konsultasikan hal tersebut pada bengkel mobil tepercaya yang menangani tipe mobil Anda.
  1. Faktor trauma
Pada sebagian besar kebocoran diakibatkan oleh trauma. Adanya benturan yang keras bisa membuat kondensor keropos atau bahkan pecah. Kecelakaan mobil bisa menjadi salah satu penyebanya. Untuk menghindari dua faktor di atas, hendaknya Anda melakukan pemeriksaan berkala terhadap kondensor AC Anda. Anda juga bisa membawanya ke bengkel AC mobil rekomendasi komunitas mobil. Pastikan agar Anda mengganti kondensor AC ketika masa penggunaannya telah habis. Usahakan pula menghindari trauma atau benturan keras pada mobil. Oleh karena itu senantiasalah berkendara dengan rasa hati-hati dan penuh tanggung jawab. Selamat berkendara dengan aman dan nyaman.

Tinggalkan Balasan