Penyebab Utama AC Mobil Boros Bensin - Rotary Bintaro - Bengkel AC Mobil & Supplier Spare Part AC Mobil

Sebagai pemilik mobil, Anda mungkin sering bertanya-tanya kenapa mobil sering boros bensin. Bensin nya baru diisi tiga hari yang lalu, eh tiba-tiba garisnya sudah hampir menyentuh garis merah. Kalau mobilnya sering dipakai untuk menempuh jarak yang jauh sih wajar. Tapi, jadi tidak wajar kalau jarak tempuhnya kecil dan mobil jarang dipakai.

Penyebab Boros Bensin

Mobil boros bensin biasanya disebabkan oleh beberapa hal. Pertama, penggunaan ac mobil secara terus-menerus. AC mobil otomatis akan menyedot bensin supaya seluruh komponen ac bekerja dengan baik. Jadi, wajar saja kalau penggunaan bensin jadi lebih boros. Kalau tidak percaya, cobalah berkendara tanpa menghidupkan ac mobil selama beberapa hari. Lalu, bandingkan saat berkendara dengan ac mobil. Pasti kelihatan hasilnya.

Kedua, penggunaan mobil dalam kurun waktu berjam-jam akan membuat mesinnya cepat panas. Saat panas mobil sudah terlalu berlebihan, maka ac mobil akan bekerja lebih keras untuk menstabilkan mesin. Sehingga bensin yang disedot juga semakin banyak. Kalau pun mau menempuh perjalanan jarak jauh, biarkan mobil berhenti sesaat supaya mesinnya bisa kembali netral. Setelah itu, baru lanjutkan perjalanan.

Ketiga, ac mobil mengalami kebocoran atau kempos. Saat salah satu komponen ac mengalami hal ini, kinerja ac mobil pun jadi kurang maksimal. Bila ac terus dipaksa untuk bekerja saat kondisinya tidak baik, maka penyedotan bensin untuk ac mobil akan melebihi kuota normal. Kerusakan ataupun kebocoran ac juga akan mengakibatkan hembusan ac kurang dingin.

Tips Menghemat Bensin

Selaku pemilik mobil, Anda memang dirugikan oleh keadaan ini. Namun, Anda bisa mensiasatinya dengan berbagai cara. Pertama, dengan mengurangi banyaknya muatan yang akan diangkut oleh mobil. Karena terlalu banyak muatan akan membuat mobil memikul beban yang lebih berat, sehingga kinerja mesinnya pun bertambah dan membutuhkan tenaga bensin yang lebih banyak.

Kedua, usahakan untuk memarkirkan mobil di tempat yang teduh. Memarkirkan mobil di tempat yang terlalu panas otomatis akan membuat kabin juga panas, sehingga ac bekerja lebih keras untuk menstabilkan suhu di ruangan kabin. Alhasil, bensin yang dibutuhkan pun semakin banyak.

Ketiga, mengurangi pemakaian ac mobil. Pemakaian ac yang terlalu sering tentu akan memakan bensin dalam jumlah yang banyak. Manfaatkan angin sepoi-sepoi yang ada di alam terbuka untuk menyejukkan kabin mobil, sekaligus untuk menghemat pengeluaran. Lagipula, udara di alam terbuka terasa lebih sejuk dibandingkan ac mobil. Apalagi udara di pagi hari.

booking serviceKeempat, melakukan servis ac mobil secara rutin. Apabila salah satu komponen ac bocor atau kempos, ac mobil pun bisa segera diperbaiki. Percayakan servis ac mobil di Bengkel Rotary Bintaro.

Apabila ac mobil Anda sudah terlanjur bocor, percayakan servis ac mobil di Bengkel Rotary Bintaro. Bengkel kami adalah bengkel spesifikasi ac mobil yang mempekerjakan para teknisi profesional untuk memperbaiki ac mobil Anda yang rusak.

Hubungi kami disini, dan kunjungi bengkel kami di alamat ini.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Previous Post Tidak Perlu ke Bengkel, Rawat AC Mobil Dengan Cara Ini!
Next Post Kumpulan Fakta Unik Seputar Mobil dan Berkendara

Tinggalkan Balasan