Rate this item
  • 0.00 / 5 5
(0 votes)

Beberapa Perawatan Rutin Dapat Dilakukan Terhadap AC Mobil
Bagian yang Perlu Mendapat Perawatan adalah Filter Kabin AC Mobil dan Evaporator AC Mobil

Memiliki sebuah kendaraan berarti anda bertanggungjawab untuk merawatnya. Namun terkadang biaya ke bengkel membuat pengeluaran membengkak. Apa yang bisa kita lakukan untuk menghemat biaya ke bengkel?

Pertama, anda perlu mengetahui bahwa perawatan rutin bisa dilakukan sendiri. Salah satu bagian mobil yang dapat dirawat sendiri adalah AC. Dengan mengetahui tips ini, anda bisa menghemat ratusan ribu hingga jutaan.

Perawatan AC Mobil Rutin Tanpa Harus Ke Bengkel

Kondisi udara di Indonesia cenderung panas dan semakin buruk kualitasnya. Itulah mengapa keberadaan AC mobil merupakan hal yang fatal. Tanpa AC mobil, anda tentu akan merasa kurang nyaman. Namun tahukah anda jika AC mobil dapat bermasalah?

AC merupakan bagian mobil yang rentan terkena debu dan kotor. Jika sudah kotor, performa AC akan menurun atau bahkan rusak. Sebelum hal itu terjadi, anda bisa melakukan pencegahan. Salah satunya adalah dengan perawatan rutin. Bagaimana caranya?

1. Terapkan kebiasaan baik

Jangan membiasakan diri untuk merokok atau makan di dalam mobil. Kebiasaan merokok akan membuat udara dalam mobil terkontaminasi asap. Hal ini menyebabkan AC bekerja lebih keras. Begitu juga dengan makan. Bau makanan tentu akan membuat anda tidak nyaman bernapas.

Terapkan aturan yang sama pada seluruh penumpang. Anda tentu tidak ingin merasa kurang nyaman saat berkendara. Lebih baik terlihat disiplin daripada harus rugi di kemudian hari. Jika sudah menjadi kebiasaan, hal tersebut tidak akan sulit.

2. Bersihkan bagian AC secara rutin

Terdapat bagian AC yang dapat dibersihkan. Salah satu bagian tersebut adalah evaporator. Evaporator merupakan benda yang berfungsi menurunkan suhu udara. Inilah mengapa anda tetap dapat menikmati udara sejuk.

Kualitas suhu AC yang kurang maksimal bisa terjadi karena sebab tertentu. Salah satunya adalah kotoran yang menumpuk pada evaporator. Nah, anda perlu untuk membersihkannya. Untuk membersihkan evaporator AC mobil, ikuti langkah berikut:

a. Siapkan cairan pembersih evaporator AC mobil.

b. Pastikan mesin mobil dalam keadaan mati.

c. Buka filter kabin AC mobil dengan memperhatikan pentunjuk di buku panduan.

d. Sisipkan selang kecil dari cairan pembersih ke arah blower. Lakukan setelah dikocok.

e. Nyalakan mesin dan AC dengan suhu terendah.

f. Semprotkan cairan pembersih hingga habis.

g. Tunggu selama 10 hingga 15 menit.

Setelah langkah-langkah di atas anda lakukan, akan keluar air dari pipa AC. Pipa ini terletak di bawah mobil anda. Kotoran yang menempel pada bagian AC akan larut. Hal ini akan membuat AC kembali bekerja secara optimal.

3. Mengganti filter Kabin AC Mobil

Penggantian filter AC sebaiknya dilakukan secara rutin. Disarankan bahwa filter AC diganti setiap 10.000 km. Jika anda sulit untuk mengukur, anda bisa menggunakan hitungan bulan. Waktu yang tepat untuk mengganti filter AC adalah 6 bulan sekali.

Mengganti filter AC tidak harus dilakukan di bengkel. Anda pun bisa melakukannya sendiri. Caranya, ikutilah langkah di bawah ini!

a. Lepaslah filter AC. Letak filter AC pada masing-masing jenis mobil berbeda. Anda bisa membaca referensi atau panduan sesuai dengan mobil anda.

b. Setelah filter berhasil dilepas, bersihkan dengan vakum.

c. Pasang kembali filter AC dengan benar sesuai pentunjuk pada buku manual. Jika anda tidak memiliki bukunya, anda bisa mencari referensi di internet. Atau jika anda merasa perlu mengganti, gantilah dengan yang baru. Harga sebuah filter AC berkisar antara 100 hingga 150 ribu.

4. Gunakan penjernih udara

Sebenarnya, penjernih udara khusus mobil mutlak diperlukan. Hal ini untuk menjaga udara bebas dari virus dan bakteri. Juga untuk membuat AC bekerja dalam batas normal. Anda bisa mendapatkan 2 fungsi sekaligus.

Penjernih udara bekerja dengan memanfaatkan ion positif dan negatif. Terdapat berbagai jenis penjernih udara di pasaran. Anda bisa memilih salah satu sesuai dengan kebutuhan. Harga sebuah penjernih udara mulai dari ratusan ribu rupiah.

Penjernih udara yang terpasang dalam mobil akan membantu menstabilkan udara. Benda tersebut juga berfungsi menyaring kotoran. Hal ini akan membantu AC tetap bersih sehingga tahan lama. Kotoran-kotoran akan diserap sebelum masuk ke dalam filter kabin AC Mobil dan evaporator AC mobil.

5. Pergunakanlah mobil dengan bijak

Awet dan tidaknya sebuah kendaraan tentu tergantung pada penggunanya. Jika anda menghidupkan AC, pastikan jendela tertutup. Nyalakanlah mesin mobil terlebih dahulu. Baru kemudian nyalakan AC setelah mesin stabil.

Penggunaan dan perawatan rutin yang baik akan membuat AC lebih awet. Tentu anda bisa menghemat pengeluaran untuk ke bengkel. Melakukan perawatan sendiri bukanlah hal yang sulit.

Kini anda sudah mengetahui langkah-langkah merawat AC mobil secara rutin. Pastikan untuk memahami dan menerapkan langkah-langkah tersebut.  Jangan ragu untuk mencari tahu pada sumber yang tepat.

Senang bisa berbagi.

Semoga berguna.

Tinggalkan Balasan