Bagaimana Cara Perbaiki Evaporator Mobil Cherokee Rusak?

Sebagai salah satu komponen penting AC mobil. Evaporator atau cooling unit berfungsi untuk menyerap panas yang ada disekitarnya. Panas tersebut diserap oleh freon yang berada di dalam evaporator. Lalu, freon mengeluarkan uap karena sebelumnya sudah menyerap udara panas yang dihembuskan oleh blower sebelumnya.

Udara bersuhu tinggi tersebut yang diserap oleh evaporator, sehingga suhunya akan dingin. Suhu dingin tersebut kemudian keluar dari AC dan kemudian akan membuat bagian dalam kabin menjadi sejuk dan dingin. Itulah mengapa evaporator adalah salah satu bagian penting pada sistem kerja AC mobil.

Perbaikan Evaporator Jeep Cherokee Rusak dan Cara Dapatkan Spare Part

Mengingat sangat vitalnya peranan dan fungsi evaporator pada sistem AC mobil. Pemilik mobil sebaiknya selalu melakukan pengecekan pada evaporator. Pengecekan bisa dilakukan ke bengkel service AC mobil terpercaya.

Sebab evaporator bisa kapan saja mengalami kerusakan. Salah satu cirinya adalah udara yang dikeluarkan AC suhunya tidak dingin lagi. Kerusakan tersebut bisa diakibatkan oleh beberapa faktor. Misalnya, usia pemakaian, perawatan yang kurang, filter AC tidak digunakan, dan tekanan pada freon yang terlalu tinggi.

Jika evaporator mengalami kerusakan dan sudah seharusnya diganti dengan yang baru. Kita sebaiknya membelinya di bengkel service AC mobil yang terjamin kualitasnya, seperti bengkel AC mobil Rotary Bintaro.

Bagi sebagian besar pemilik mobil mungkin mudah untuk mendapatkan spare part evaporator yang sesuai dengan jenis dan merk mobilnya. Tetapi, ada juga yang kesulitan untuk mendapatkan spare part evaporator AC mobilnya. Salah satu yang mengalami kesulitan ini adalah para pemilik mobil Jeep Cherokee lama.

Untuk mendapatkan evaporator mobil Cherokee lama di pasaran sekarang ini memang cukup sulit. Karena memang usia mobil Jeep Cherokee bisa dibilang cukup tua.

slide-rotary-bintaro2

Rotary Bintaro Memberikan Solusi  

Tapi jangan khawatir, khususnya bagi anda pemilik mobil Cherokee lama. Mulai sekarang anda tidak perlu bingung di mana mencari evaporator bagi mobil kesayangan anda tersebut. Karena saat ini Rotary Bintaro mempunyai solusi untuk memperbaiki evaporator pada mobil Cherokee anda semua.

Bagaimana caranya?

Caranya, yaitu dengan memodifikasi evaporator Jeep Cherokee lama yang sudah rusak dengan evaporator mobil Grand Cherokee. Mobil Grand Cherokee bisa dibilang usianya lebih muda dari Cherokee. Sehingga komponen AC mobil seperti evaporator lebih mudah dijumpai di pasaran.

Sebenarnya ukuran antara evaporator Jeep Cherokee lama dengan evaporator Grand Cherokee sama, ada dua hal yang membedakan keduanya. Perbedaannya yaitu, pertama evaporator Jeep Cherokee lama masih menggunakan sistem pipa-pipa. Sedangkan evaporator Grand Cherokee sudah mengaplikasikan sistem sirip halus atau laminated coil. Perbedaan kedua terletak pada kepala pipanya.

Langkah-langkah Perbaikan Evaporator Jeep Cherokee

1.Pemotongan bagian atas kepala pipa

Pertama, potong kepala pada evaporator Jeep Cherokee yang lama. Kemudian, setelah itu juga potong bagian kepala pipa evaporator Grand Cherokee atau Cherokee yang baru. Pemotongan bisa menggunakan gergaji besi.

2.Persiapan untuk pengelasan

Sesudah kepala pipa pada kedua evaporator sudah dipotong. Langkah selanjutnya adalah melakukan pengelasan. Pengelasan ini untuk menghubungkan antara kepala pipa evaporator Jeep Cherokee lama dengan evaporator Jeep Cherokee baru atau Grand Cherokee. Bahan untuk penyambungan atau pengelasan tersebut menggunakan alumunium.

3.Pengecekan

Langkah selanjutnya yaitu pengecekan. Pengecekan dimaksudkan untuk mengetahui apakah pada sambungan ada kebocoran apa tidak. Pengecekan dilakukan dengan cara memberikan tekanan angin sebesar 175 psi ke evaporator sudah dimasukkan ke dalam air sebelumnya. Apabila terjadi kebocoran maka akan terlihat gelembung-gelembung udara di permukaan air.

4.Pemasangan

Setelah dipastikan tidak terjadi kebocoran pada evaporator. Langkah terakhir adalah memasang evaporator pada mobil anda.

Jadi, mulai sekarang jangan khawatir jika evaporator mobil Cherokee lama anda rusak. Cukup bawa mobil anda ke Rotary Bintaro dan evaporator pada mobil Cherokee lama anda akan bekerja normal kembali.

Rotari Bintaro juga memberikan garansi seumur hidup untuk bagian las pada pipa kepalanya. Selain itu, Rotary Bintaro memberikan garansi 6 bulan untuk evaporator yang dibeli dari Rotary Bintaro. Sangat menguntungkan ya! Tunggu apa lagi?

Segera ke Bengkel spesialis AC mobil Rotary Bintaro untuk perbaikan evaporator mobil Cherokee lama anda.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Previous Post Service AC Mobil Mudah dan Berkualitas
Next Post Perbandingan Kualitas dan Harga AC Mobil Denso dengan AC Mobil Lainnya

Tinggalkan Balasan